SOLUSI APLIKASI PMP MENJADI BLANK HITAM

Aplikasi PMP menjadi blank hitam adalah salah satu error yang ada pada aplikasi PMP. Ketika baru saja install ataupun update PMP. Ketika login dan akan mengisi kuesioner EDS ternyata tidak bisa, hanya tampilan warna hitam kosong/blank. 

Admin sendiri belum tau penyebab pastinya, namun berikut adalah solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi PMP blank hitam. Hingga tulisan ini diperbaharui masih banyak ditemukan masalah PMP blank hitam yang ditanyakan di grup-grup operator sekolah.

Sharing saja, sebenarnya saya sendiri merasa agak gimana gitu dengan aplikasi PMP seperti tidak ada manfaatnya dari aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan PMP. Tentunya PMP ini menggunakan anggaran yang tidak sedikit dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. 

Hasil dari PMP berupa Pemetaan Mutu Pendidikan melihat kondisi mutu apakah bisa? disisi lain yang mengisi kuesioner Evaluasi Diri Sekolah (EDS) juga kebanyakan digarap oleh operator sekolah, yang seharusnya diisi oleh masing-masing responden, ditambah munculnya aplikasi yang bisa menyalin jawaban. Hehhe kompleks juga ya... hasil PMP ini dengan tampilan grafik - grafiknya maupun raport mutunya, masih sangat bisa disanggah dan diperdebatkan. hehhee...
Solusi cara mengatasi aplikasi PMP offline blank setelah update

Terlebih dengan hadirnya aplikasi Smart Browser EDS 2020 berbasis bot web chromium  yang dikembangkan oleh tangan kreatif dari guru SMK. Aplikasi ini dapat menggantikan responden untuk mengisinya. Aplikasi ini sangat diminati sebagian besar Operator Sekolah karena sifatnya yang instan mengisi PMP EDS menjadi lebih cepat. 

Disisi lain aplikasi ini bisa jadi merupakan bentuk kritik dan protes kepada pengambil kebijakan, karena saya sendiri sebagai operator merasa tugas entry ini cukup berat, dengan kondisi guru yang belum tentu mau mengisi kuesioner. 

Dilihat dari sudut pandang guru juga, memang isian kuesioneri ini sangat banyak.

Kembali ket topik, Aplikasi PMP menjadi Blank Hitam yang saat ini juga terjadi pada PMP Versi EDS 2020 Covid-19. Ada beberapa kasus yang dialami tenaga administrasi sekolah / operator mengalami PMP menjadi blank hitam. Kasus ini ditanyakan solusinya melalui media sosial yang mereka punya, ditambah semakin banyak ternyata yang ditanyakan ini bukan punya sendiri tapi PMP milik teman.


Selanjutnya dari beberapa komentar yang muncul, ya karena orang banyak komentarnya juga macam-macam, mungkin yang tanya malah bingung he. Namun itu semua dapat dicoba guna menyelesaikan masalah PMP Menjadi Blank Hitam.
  1. Lakukan hapus/claar/bersihkan history browser dan chace.
  2. Lakukan update browser.
  3. Gunakan Browser lainnya
  4. Ketikan langsung http://localhost:1745/

Baik, untuk memberikan solusi tentu harus tau duduk permasalahanya.

Lalu apakah benar penyebab PMP Blank adalah karena bugs PMP? Lalu mengapa banyak juga yang tidak mengalami masalah ini dan lancar dalam mengerjakan PMP.

Dan setelah saya coba-coba, ternyata ini hanya karena browser yang digunakan untuk membuka PMP tidak suport script PMP ataupun meloadnya.  Kok bisa tau? 

.... ya karena saya coba  download mozila versi lama dan ternyata benar kalau untuk membuka PMP jadi blank. 

Solusinya tentu mudah tinggal update browser / peramban Anda dengan cara menginstal ulang browser.... beberapa browser yang sering poluler adalah:

1. Google Chrome (update / download di sini)
2. Mozila Firefox (update / download di sini)
3. Microsoft Edge  (update / download di sini)

Sudah update browser kenapa masih blank?

...mungkin ada faktor lain seperti kinerja laptop yang berat sehingga tidak bisa meload script aplikasi PMP.

Harus dipahami bahwa semakin canggihnya software aplikasi, tentu harus diimabangi dengan upgrade spesifik laptop. Minimal spesifikasi laptop adalah Prosesor Core I3, namun saat ini spek ini juga sudah sangat lemot jika menggunakan Window 10. Kita harus pintar dalam mengoptimasinya sehingga tidak lemot. Lihat: 8 CARA OPERATOR SEKOLAH AGAR LAPTOP TIDAK LEMOT

Oh, iya... untuk cara hapus history browser, dengan cara tekan tombol kombinasi (CTRL + Shift + Delete). Selengkapnya saya posting pada: Kumpulan Daftar Error PMP EDS 2020 dan Solusinya

Apabila hapus history browser belum dapat mengatasi permasalahan blank hitam pada PMP maka lakukan langkah clear data site. 

Langkah Jitu Clear Data Site Mengatasi PMP EDS 2020 Blank Hitam

  1. Tekan tombol pada keyboard F12   beberapa laptop harus menyertakan tombol Fn + F12
  2. Setelah itu akan ditampilkan menu "alat pegembang/developer"
  3. Cari dan pilih tab meu "Application" --- "Clear Storage" --- "Clear Site Data"
  4. Silahkan buka kembali PMP nya dan sudah tidak lagi blank hitam

Lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini:
pmp blank hitam tekan f12




Demikianlah tentang Solusi PMP Blank Hitam, semoga bermanfaat untuk teman-teman tenaga administrasi / operator sekolah, bagikan postingan ini yang mengalami kendala tersebut diatas. Terima kasih

Diperbaharui: 15 November 2020
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

3 komentar untuk "SOLUSI APLIKASI PMP MENJADI BLANK HITAM"

  1. mau tanya kalau masih blank semisal di unintal apakah berpengaruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di uninstal dan belum sinkron, tentunya akan entry ulang

      Hapus
  2. kalo saya coba cara ini bro/sis...

    1. buka broser krom, mozila, ie atau yg laen
    2. ketik diaddress bar: localhost:1745/login
    3. silakan registrasi kalo belom bisa login
    4. jika udah pernah login langsung masukan username dan password dapodik
    5. selesai

    sumber:
    https://sdndabung2.blogspot.com/2019/11/cara-mengatasi-error-aplikasi-pmp-offline-2019.11.21.html

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK