Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK Moodle Itu Mudah

tasADMIN.id. Membuat media pembelajaran berbasis TIK salah satunya elearning menggunakan moodle itu mudah. Betul mudah yang sulit adalah mengisi konten dan menerapkanya. Baik mari kita simak beberapa tulisan yang sudah kami rangkuman dari berbagai sumber di internet.
membuat media pembelajaran berbasis TIK menggunakan moodle

A. ISTILAH MEDIA PEMBELAJARAN

Istilah media mula-mula dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audio visual aids (alat bantu pandang/dengar). Selanjutnya disebut instructional materials (materi pembelajaran), dan kini istilah yang lazim digunakan dalam dunia pendidikan nasional adalah instructional media (media pendidikan atau media pembelajaran). Dalam perkembangannya, sekarang muncul istilah e-Learning. Huruf “e” merupakan singkatan dari “elektronik”. Artinya media pembelajaran berupa alat elektronik, meliputi CD Multimedia Interaktif sebagai bahan ajar offline dan Web sebagai bahan ajar online

B. TIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Menurut Sutrisno (2011) tuntutan dalam menjawab globalisasi pendidikan telah hadir di depan mata, berbagai perangkat komputer beserta koneksinya dalam menghantarkan peserta belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat, untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan TIK, kemudian ditambahkan oleh Alessi dan Trollip (2001), pembelajaran berbasis ICT memiliki banyak keunggulan. Salah satunya keunggulan itu berupa penggunaan waktu yang digunakan menjadi lebih efektif , bahan materi pelajaran menjadi lebih mudah diakses,menarik, dan murah biayanya.

Means (1993) dalam laporan penelitian mereka menerangkan bahwa kebutuhan masyarakatpersekolahan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran merupakan bagian dari reformasi pembelajaran. Kebutuhan untuk memanfaatkan teknologi itu mula-mula dipengaruhi oleh fakta-fakta yang terjadi di komunitas luar sekolah (bisnis, pemerintahan, dan masyarakat umum) yang sudah lazim menggunakan teknologi dalam aktivitas berkomunikasi, mencari informasi, dan aktivitas komersial. Fakta itu menjadi seperti sebuah tekanan terhadap komunitas sekolah untuk juga menggunakan teknologi agar para siswa familier dengan teknologi. Pada perkembangan selanjutnya, karena pengaruh kemajuan aplikasi teknologi yang makin canggih, teknologi menjadi suatu media dan alat yang dipandang sangat penting dan strategis untuk menunjang pencapaian tujuan reformasi pembelajaran.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang saat ini dimana untuk memiliki kemampuan mengakses atau memanfaatkannya merupakan salah satu bagian dari ketrampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh semua orang terutama bagi siswa sebagai peserta didik di sekolah.

Dengan memiliki keterampilan kecakapan abad 21 khsusnya penggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dalam mengembangkan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kecakapan abad 21 seperti kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, kreativitas, inovasi, kemandirian dan sebagainya.

Memilih Media Pembelajaran

Dalam menentukan maupun memilih media pembelajaran tentunya harus mempertimbangkan beberapa prinsip sebagai acuan dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah:

Efektifitas
Pemilihan media pembelajaran harus berdasarkan pada ketepatgunaan (efektivitas) dalam pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran atau pembentukan kompetensi. Pendidik harus dapat berusaha agar media pembelajaran yang diperlukan untuk membentuk kompetensi secara optimal dapat digunakan dalam pembelajaran.

Relevansi
Kesesuaian media pembelajaran yang digunakan dengan tujuan, karakteristik meteri pelajaran, potensi dan perkembangan siswa, serta dengan waktu yang tersedia.

Efisiensi
Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran harus benar-benar memperhatikan bahwa media tersebut murah atau hemat biaya tetapi dapat menyampaikan inti pesan yang dimaksud, persiapan dan penggunaanya relatif memerlukan waktu yang singkat, kemudian hanya memerlukan sedikit tenaga.

Dapat digunakan
Media pembelajaran yang dipilih harus benar-benar dapat digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran, sehingga dapat menambah meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kontekstual
Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran harus mengedepankan aspek lingkungan sosial dan budaya dengan mempertimbangkan aspek pengembangan pada pembelajaran life skills.


C. Contoh Media Pembelajaran Online

Salah satu contoh media pembelajaran berbasis TIK Online adalah rumah belajar kembdikbud.
Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring (dalam jaringan atau online) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.
tampilan web rumah belajar kemdikbud

Fitur yang ada pada rumah belajar cukup lengkap seperti: Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

Rumah Belajar memiliki slogan Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Karena ini merupakan milik kementrian tentunya dapat diakses secara gratis. Beberapa tag line rumah belajar adalah bimbel online gratis. Rumah belajar kemdikbud juga tersedia dalam versi android yang bisa diunduh di google playstore

D. LMS MOODLE

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs webyang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau "Learning Management System" (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan.[1]


E. CARA MEMBUAT MOODLE UNTUK ELEARNING ONLINE DI SEKOLAH


Untuk membuat Eleraning Online di sekolah perlu menyiapkan:
1. Komputer Server
Karena merupakan media berbasis Web maka kita memerlukan server. Sebagai alternatif untuk mempermudah kita bisa menggunakan jasa layanan webhosting.
2. Akses Internet
3. Script LMS Moodle
Script moodle juga sudah disediakan layanan webhosting jadi kita tinggal instal cepat dan pakai saja.
4. Bahan Materi Ajar


1. Tutorial moodle untuk pemula berbentuk postingan

1. Membuat elearning gratis moodlecloud dot com

2. Seting awal untuk memudahkan penggunan 

3. Cara Cepat Menambah User Secara Kolektif

4. Membuat Kelas / Kursus

5. Panduan penggunaan moodle untuk siswa

6. Instal moodle di android

7. Cara cepat entri / buat quiz soal

8. Menampilkan daftar nilai siswa elearning moodle

9. Instal pluggin daftar hadir / absensi

10. Seting kuis terjadwal bisa digunakan untuk ulangan akhir semester

11. Seting agar bisa live streaming di moodle

2. Tutorial Moodle dalam bentuk Video

1. Instal moodle di webhosting https://youtu.be/Q-SQR0HKxXQ

2. Daftar akun moodle siswa https://youtu.be/NP5E5sDvdgE

3. Mengikuti Kuis Onilne  https://youtu.be/geKHCoufNoA

4. Cara Siswa Mendapatkan Nilai  https://youtu.be/vPyiRxC3tJU

5. Guru Melihat Daftar Nilai Siswa https://youtu.be/ge482dDYWv4

6. Cara cepat membuat soal online  https://youtu.be/5cAZkni8XQg

7. Menambah materi rumah belajar https://youtu.be/uUQyGD2J6kI

8. Menambahkan materi video https://youtu.be/OfAKsdMSgU0

9. Membuat grup chat https://youtu.be/UvcJsoPtruc  

10. Memberikan badge atau penghargaan ke siswa https://youtu.be/eiy8uU3AQvc

11. Membuat soal uraian dan cara mengoreksinya https://youtu.be/Li1QK52upOc


3. Contoh web elearning moodle

Saya coba membuat website berbasis elearning menggunakan moodle dengan alamat: https://www.bimbelsd.web.id
Anda bisa menggunakannya untuk keperluan belajar moodle dengan login menggunakan,
elearning bimbel sd web id


username: lani
passwordnya: lani

Jika memerlukan login sebagai guru bisa gabung di grup whatsapp: https://s.id/WAbimbelSD

F. PENUTUP

Demikianlah postingan yang saya bisa share yang kami beri judul: Membuat Media Pembelajaran  Berbasis TIK Moodle Itu Mudah.

Membuat website elearning online itu mudah, namun untuk bisa mengembangkanya / membangun sebuah elearning yang bisa dimanfaatkan harus perlu menyiapkan materi dan kerjasama kolaborasi guru. Karena hal inti dari pembelajaran adalah materinya dan TIK adalah media / alat menyampaikanya.

Saya sadar tulisan ini acak acakan tapi mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil. Atas perhatian dan koreksinya kami mengucapkan terima kasih.


Sumber/Source: 
http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-tik-dalam-pembelajaran-abad-21/
https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Moodle
https://m.belajar.kemdikbud.go.id
http://edel.staff.unja.ac.id/blog/artikel/Prinsip-Media-Pembelajaran.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel