PMP OFFLINE 2019: CARA INSTALLNYA

Selamat malam rekan-rekan operator dimanapun Anda berada... semoga selalu dalam curahan kasih sayangnya

Pada kesempatan ini dengan rasa yang agak ngantuk namun belum bisa memejamkan mata saya coba sempatkan menulis tentang PMP OFFLINE.
aplikasi pmp versi offline 2019
tampilan aplikasi pmp offline 2019

Apa itu PMP? Baca saja pada tulisan sebelumnya

Apa itu PMP Online? Juga sudah diposting disini

Nah... dikarenakan aplikasi PMP online belum sesuai ekspektasi maka PMP versi offline lah yang ditunggu tunggu sebagai solusi pamungkas percepatan pengisian EDS dan Pemetaan Mutu Pendidikan. Saat tulisan ini ditulis aplikasi PMP Offline sudah resmi dirilis, bebarengan dengan pendaftaran CPNS 2019.

[Daftar Isi]



1. Cara Install Aplikasi PMP

Saya yakin tidak akan mengalami kesulitan karena instal menginstall sudah biasa dilakukan hanya dengan klik next next dan menyetujui agreement. Tentunya untuk bisa menginstalnya ini harus pada aplikasi yang terinstal aplikasi dapodik versi terbaru.

1.1. Download Aplikasi PMP 2019 Offline

Silahkan: Donwnload File Aplikasi PMP Offline 2019

1.2. Prefill PMP 2019

Seperti aplikasi dapodik, PMP Offline juga memerlukan file Prefill khusus PMP yang dapat di download pada alamat: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
Untuk generate prefill silahkan masukan username, password, dan koreg dapodik
generati prefill pmp offline 2019
Lihat: Daftar Link Alternatif Download Prefill PMP 2019

1.3 Langkah Instal PMP 2019 Offline


  1. Setelah file installer diunduh maka jalankan installernya, biasanya saya pakai "klik kanan" --- "run as administrator"
  2. Apabila muncul "Windows Defender SmartScreen prevented an unrecognized app from starting. Running this app might put your PC at risk blabla....." maka klik --- "More info" --- "Run Anyway".
  3. Kemudian seperti biasa next - next, agak lumayan lama proses installnya. 
    instal EDS pmp offline
  4. Jika muncul "windows defender firewall has blocket ....."  pilih "Allow Access" 
  5. Jika sudah maka akan muncil halaman login, Pastikan Anda telah mengunduh file prefill PMP dan menyalinnya pada folder prefill_dapodik sebelum melakukan proses registrasi!  letaknya di directori C:/prefiil_dapodik
  6. Masuk ke halaman registrasi: http://localhost:1745/registrasi, masukankan email, password, dan kode registrasi dapodik. klik registrsi 
  7. Horeee... :) Berhasil instal PMP 2019 offline


2. Mengisi Kuesioner Aplikasi PMP Offline

Aplikasi ini diinstall di laptop operator jadi untuk mengisinya data disimpan di laptop, sehingga kecepatan simpan ataupun loading bergantung pada spesifikasi laptop masing-masing.

Agar masing-masing guru bisa membuka dan mengisi kuesionernernya sendiri sendiri operator sekolah bisa mengshare aplikasi melalui jaringan wifi maupun tetring hotspot seluler. Cukup mudah untuk melakukannya: Tutorialnya ada di sini.

3. Sering Ditanya dan Dijawab tentang PMP

Saya rasa secara teknis pemasangan aplikasi PMP Offline ini tidak terlalu sulit. Jika ada pertanyaan atau ada kendala tentang aplikasi PMP ini silahkan masukan pada kolom komentar

Cepat selesainya pekerjaan ini bergantung pada kondisi sekolah masing-masing, ada baiknya Kepala Sekolah selalu pimpinan dengan tupoksi manajerialnya dapat mengkodisikan. Karena menurut saya pertanyaan pertanyaan pada kuesioner cukup sulit dimengerti oleh orang tua siswa dan siswa.

Mungkin Anda Ingin Mengetahui: Perbedaan PMP 2018 dengan PMP 2019

Itulah yang yang bisa saya share pada kesempatan ini, tentang PMP Offline Versi 2019, makasih atas perhatiannya
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

6 komentar untuk "PMP OFFLINE 2019: CARA INSTALLNYA"

  1. Balasan
    1. betul, 2 hari sejak rilis banyak yang masih kesulitan mendownload prefill karena se Indonesia sama-sama membukanya

      Hapus
  2. susah download prefil nya.kenapa..????

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gunakan prefill nasional untuk registrasi pmp, tutorial selengkapnya: https://www.tasadmin.id/2019/11/download-prefill-nasional-pmp.html

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK