Spesifikasi Minimal Laptop untuk Install Dapodik

Daftar Isi
Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi yang sangat penting bagi sekolah karena terkait langsung dengan jumlah alokasi dana BOS dan besaran tunjangan profesi guru. Sekolah wajib menginstall Dapodik karena Dapodik sudah teruang dalam permebdikbud nomor 79 tahun 2015. Apa spesifikasi minimal / minimum laptop untuk instalall aplikasi Dapodik?
spesifikasi minimal laptop instal dapodik

Pada buku panduan dapodik versi 2020 dijelaskan pada BAB Installasi tentang spesifikasi. Bahwa spesifikasi sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 18 Tahun 2019 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Processor Intel Core i3 atau yang setara;
  2. Memori standar 4 GB DDR3;
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  4. Sistem operasi Windows 10;
  5. Aplikasi terpasang peramban google chrome atau mozilla firefox

Semkin tinggi spesifikasi hadware pada laptop maka semakin cepat komputer/laptop dalam bekerja, dan berikut adalah penjelasan singkat tentang komponen komputer/laptop

Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Kecepatan prosesor, biasanya ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi jumlahnya, semakin cepat komputer. Beberapa produsen / merk prosessor antara lain: Intel, AMD, ARM,

MEMORI / RAM Random Access Memory, biasanya ditunjukkan dalam gigabyte (GB). Semakin besar/banyak RAM di komputer maka semakin banyak aplikasi yang bisa dilakukan secara bersamaan (multi taksking).

Hard drive ditunjukkan dalam gigabyte (GB) dan umumnya mengacu pada jumlah informasi (seperti dokumen, musik dan data lainnya) yang dapat dipegang komputer. Ada dua jenis hardrive yaitu HDD dan SSD. SSD lebih mahal dari pada HDD.

Sistem Operasi atau Operating System (OS) merupakan sebuah program yang mampu menghubungkan antara hardware dan software untuk menjalankan berbagai aplikasi. Di Indonesia, sistem operasi yang paling umum digunakan adalah milik Microsoft, yakni Windows. Disusul Sistem Operasi Terbuka (Open Source) macam Linux dan turunannya (distro-distro).

Peramban / browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Menurut pengalaman kami yang menggunakan proseser AMD yang setara Intel core i3, saat menjalankan dapodik jika dilihat dari taks manager melihat perform CPU menunjukan grafik bisa sampai 90 persen ke atas.

Kemampuan sekolah dalam pengadaan unit laptop/komputer berbeda. Berikut kami coba berikan tips agar operator sekolah dapat memaksimalkan laptop untuk pengerjaan dapodik dengan cara uninstal aplikasi yang tidak diperlukan diantaranya:

1. Antivirus termasuk aplikasi yang mememakan memori besar. Saya cukup antivirus bawaan windows ditambah antivirus smadav.
2. Instal browser cukup 2 saja, saya memakai google chrome dan microsoft edge. Contoh browser: Mozila fire fox, opera, uc browser. Kenapa saya perlu 2? kadang operator sekolah perlu login 2 akun secara bersamaan.
3. Contoh pemutar musik / video windows media player, winamp, amp, pilih saja salah satu.
4. Saya tidak menginstal aplikasi edit foto sesperti photosop, corel draw karena jarang / tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Lihat juga:
1. Juknis Dana BOS Revisi 2019
2. Yang harus dikerjakan operator dapodik

Demikianlah tentang spesifikasi minimum / minimal laptop untuk dapodik dan sedikit tips agar laptop tidak lemot yang semoga bermanfaat untuk rekan operator sekalian.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

7 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
29 Agustus 2019 pukul 07.59 Hapus
Maaf mau nanya, kalau untuk laptop intel Celeron apakah masih bisa mendukung untuk dapodik???
Comment Author Avatar
29 Agustus 2019 pukul 09.31 Hapus
Untuk laptop intel celeron bisa untuk instal dapodik, namun rasanya tentu berat loading, apa lagi jika banyak diinstal aplikasi lainya. Lebih baik sekolah mengusahakan pengadaan laptop.
Comment Author Avatar
23 Juli 2021 pukul 06.08 Hapus
Saya pakai laptop dg intel celeon N3050, bawaan ram 2 gb saya upgrade ke 8 gb, dan hdd y saya ganti ke ssd 256 gb, alhamdulillah dapat menjalankan dapodik versi baru tanpa hambatan namun di task manager memang cpu usage saja yang diatas 90 persen,
Comment Author Avatar
23 Juli 2021 pukul 13.47 Hapus
Ya Pak, terim kasih sharingnya,
Memang begitu, kalau memang blm ada sarpras yng sesuai, sementara bisa digunakan dahulu sambil menganggarkan laptop, karena Dapodik itu penting.

Coba lihat: https://www.tasadmin.id/2020/06/cara-agar-laptop-tidak-lemot.html
Comment Author Avatar
13 Mei 2020 pukul 10.07 Hapus
Selamat pagi... Jika diperbolehkan untuk bertanya... Notebook dell 12,5 inchi, core i5, RAM 8 GB, HDD 320 bisakah dipakai untuk dapodik... Karena selama ini sy belum pernah melihat operator menggunakan layar 12,5 inci... Mohon petunjuknya...
Comment Author Avatar
23 Juli 2021 pukul 13.49 Hapus
Itu spek i5, menurut saya boleh saja, namun akan lebih nyaman menggunakan layar yang lebih besar, karena berkaitan dengan pendataan yang datanya cukup banyak dan memerlukan ketelitian.
Comment Author Avatar
13 Mei 2020 pukul 10.11 Hapus
Selamat pagi... Jika diperbolehkan untuk bertanya... Notebook dell 12,5 inchi, core i5, RAM 8 GB, HDD 320 bisakah dipakai untuk dapodik... Karena selama ini sy belum pernah melihat operator menggunakan layar 12,5 inci... Mohon petunjuknya...