CARA SINGKAT MEMBUAT KELAS ELEARNING MOODLE

Sebelumnya sudah kami bahas tentang mendaftar elearning moodle hosting gratis, seting pengaturan awal untuk memudahkan penggunaan, dan cara cepat mendaftarkan siswa. Pada postingan ini kita akan lanjutkan untuk membuat kelas / kursus pada web elearning yang telah kita buat. Lanngkah utamanya kurang lebih menambahkan katergori / mapel kemudian membuat kelas / kursus dilanjutkan menambahkan siswa / perserta yang bisa mengikuti kursus, lalu menambahkan pengajar / guru dan terakhir memulai edit kursus. Baiklah langsung saja sebagai berikut.
cara menambahkan kelas / kurus moodle
ekearning moodle

A. MENAMBAHKAN KATEGORI / MAPEL MOODLE

Untuk mempermudah dalam implementasi dalam membangun elearning menggunakan moodle pagi pemula beberapa istilah dalam moodle kita kira-kira sendiri misalnya kotegori, kategori kita asumsikan sebagai Mapel. Cara menambahkan mapel adalah:
1. Masuk login moodle menggunakan akun admin, Site administration --- Courses --- Add a category.
Parent category: Top
Category name: Nama Mapel

2. Lanjut Create category

B. MEMBUAT KELAS / KURSUS

Setelah mapel seleai dibuat maka lanjut membuat kelas/kursus, sebenarnya kurang pas juga jika disebut kelas, tapi intinya kita analogikan semacam ruang untuk mempelajari suatu pelajaran. Bisa per Kelas, Per Mapel, ataupun per Pertemuan. Baiklah langsung saja ke caranya.

1.  Site administration --- Courses ---Add a new course
Course full name: Diisi Nama Kelas / Kursus lengkap
Course short name: Diisi Nama Kelas / Kursus ringkasan
Course category: Diisi Kategori atau mapel
Selanjutnya Anda bisa melengkapi kelengkapanya, yang utama disebutkan diatas.

2. Klik Save and display, selesai

C. MENAMBAHKAN PESERTA / SISWA / PARTISIPAN KELAS / KURSUS

1. Pilih kelas/kurus yang akan ditambahkan peserta, kemudian klik partisipants ---- Klik roda gerigi seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah --- Enrolment methods
menambahkan siswa peserta kusus moodle

2. Akan tampil beberapa metode penambahan

Manual enrolments: Menambahkan siswa secara manual. Perlu diperhatikan data sebelumnya sudah harus ditambahkan melalui add user atau pendaftaran mandiri.
Guest access: Siswa tanpa mendaftar dapat masuk melihat materi dalam kursus/kelas
Self enrolment (Student): Siswa bergabung mandiri
Untuk mengaktifkannya kita klik pada gambar icon mata.
siswa mendaftar mandiri ke kelas moodle

3. Menambahkan peserta secara manual
Apabila Anda mengelola web elearning ini untuk keperluan sekolah / kelas offline dimana mengajar, maka baiknya menggunakan metode ini saja. Klik icon gambar orang --- pada bagian Not enrolled users: kita pilih Siswa yang akan ditambahkan --- Assign role: pilih stundent --- Add

D. MENAMBAHKAN GURU / PENGAJAR ELEARNING MOODLE

Agar kursus/eleraning dapat berjalan tentunya dibutuhkan Guru / Pengajarnya, jika kita sendiri adalah gurunya tidak masalah karena kita menggunakan akun/login admin. Apabila kita admin dan untuk digunakan disekolah yang terdiri dari banyak guru maka kita buatkan akun guru masing-masing agar bisa mengelola kelasnya. Untuk menambahkan user kolektif ada pada postingan sebelumnya (disni). Dan untuk menambahkan pada kelas/kurus caranya sama dengan menambahkan kelas. Cuma bedanya pada Assign role: kita pilih Teacher


E. MULAI MENGEDIT/MENAMBAHKAN MATERI KURSUS

Untuk bisa memulai mengedit / menambahkan materi pada kursus yang telah dibuat jangan lupa untuk mengaktifkan menu Turn Editing on, yang ada / muncul ketika kita klik icon gambar roda gerigi.

Itulah cara singkat membuat atau menambahkan kursus/kelas pada aplikasi moodle semoga langsung bisa dipraktekan bagi pemula yang ingin membangun elearning menggunakan aplikasi LMS Opensource Moodle.

Belum ada Komentar untuk "CARA SINGKAT MEMBUAT KELAS ELEARNING MOODLE"

Posting Komentar

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel