Panduan Lengkap Instal aaPanel di VPS Ubuntu

Daftar Isi

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Salam sehat dan bahagia

Pada postingan kali ini saya akan berbagi Panduan Lengkap Instal aaPanel di Linux Ubuntu.

Cara Instal aaPanel di VPS Ubuntu
Cara Instal aaPanel di VPS Ubuntu

Disini saya akan share bagaimana cara saya menginstal aaPanel di VPS yang menggunakan Ubuntu.

A. aaPanel 

aaPanel adalah sebuah kontrol panel web yang dirancang untuk memudahkan pengelolaan dan administrasi server atau hosting web. 

Ini cocok bagi Anda pemula karena memiliki tampilan pengguna yang ramah dan intuitif serta menyediakan banyak fitur penting seperti manajemen file, database, domain, serta instalasi dan manajemen aplikasi web

aaPanel juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai dan dukungan yang baik melalui dokumentasi dan komunitas pengguna. 

aaPanel adalah perangkat lunak yang gratis untuk digunakan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pemula yang ingin mengelola server atau hosting web tanpa biaya tambahan. 

Meskipun gratis, aaPanel tetap menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap dan berkualitas, membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan pengguna yang baru memulai dalam pengelolaan server atau hosting web

Secara keseluruhan, aaPanel adalah solusi yang bagus bagi pemula yang ingin mengelola server atau hosting web dengan mudah.

B. Command Prompt (CMD) 

Command Prompt (CMD) adalah program baris perintah yang tersedia di sistem operasi Windows. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi dan menjalankan perintah melalui antarmuka teks sederhana.

Pada Windows 11, Anda dapat mengakses SSH melalui Command Prompt (CMD) menggunakan utilitas yang disebut "ssh". Ini adalah alat baris perintah yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke server jarak jauh melalui protokol SSH.

Secure Shell (SSH) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengamankan koneksi antara dua perangkat, yang memungkinkan akses jarak jauh ke server atau komputer lain. Ini sering digunakan oleh administrator sistem dan pengembang untuk mengelola server jarak jauh atau untuk mengakses VPS (Virtual Private Server).

Disini kita akan gunakan Command Prompt (CMD) di Windows untuk mengakses VPS menggunakan SSH.

1. Buka Command Prompt di Windows dengan mengetik "cmd" di kotak pencarian.

buka cmd windows 11

2. Ketik perintah SSH berikut di Command Prompt untuk terhubung ke VPS: ssh username@hostname "username" adalah nama pengguna Anda di VPS."hostname" adalah alamat IP atau nama host VPS Anda, lalu tekan enter. Jika belum punya silahkan sewa dulu VPS [ di sini ] Contohnya sebagai berikut 

ssh root@103.161.184.27
buka ssh melaui cmd

3. The authenticity of host... ketikan saja "yes" kemudian enter.

authenticity ssh cmd

4. Setelah itu ketikan lagi: ssh root@103.161.184.27 enter, kemudian masukan passwordnya. (Ketika di ketik password tidak akan tampil)

masukan password ssh
5. Ketika berhasil  masuk/login akan tampil versi ubuntu yang digunakan dan informasi lainya seperti gambar dibawah ini:
berhasil masuk ssh ubuntu

C. Instal aaPanel di VPS Ubuntu

Setelah kita bisa mengakses VPS menggunakan CMD, kita lanjut melakukan penginstalan aaPanel dengan mengetikan beberapa kode.

1. Silahkan ketikan kode berikut kemudian enter:


    wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install-ubuntu_6.0_en.sh
  
wget install aapanel

2. Lanjut masukan kode:
sudo bash install.sh
bash install ubuntu
3. Ketik "y" kemudian enter
y enter

4. Tunggu proses installasi aaPanel selesai, jika sudah akan muncul tampilan sebagai berikut:
selesai instal aa panel di vps ubuntu

Akan ditampilkan link alamat IP, username dan password untuk membuka aaPanel

D. Instal LNMP di aaPanel

Supaya Anda bisa lanjut menginstal aplikasi-aplikasi berbasis web maka Anda terlebih dahulu hasil meninstal LNMP atau LAMP. Disini kita meilih menginstal LNMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di aaPanel, ini dapat memberikan Anda lingkungan pengembangan web yang lengkap dengan Nginx sebagai server web, MySQL sebagai sistem manajemen basis data, dan PHP untuk pemrosesan skrip server. 

Menginstal LNMP melalui aaPanel memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola konfigurasi dan pemeliharaan komponen-komponen ini melalui antarmuka pengguna grafis yang intuitif, membantu menghemat waktu dan upaya dalam administrasi server serta memungkinkan Anda fokus pada pengembangan situs web atau aplikasi Anda.

1. Silahkan login ke aaPanelnya misal linknya: https://103.161.184.27:17718/718be3ab

login aapanel

2. Saat pertama kali login Anda akan lasung ditampilkan jendela untuk memilih instal LNMP atau LAMP?
install LNMP aaPanel

3. Tunggu sampai proses installasi selesai
tunggu proses instal selesai

4. Setelah selesai maka daftar aplikasi yang berhasil diinstal akan tampil di menu "App Store" --- "Installed" dan aktifkan "Display on dashboard" agar tampil di Dashboard sehingga mudah di akses.
display on dashboard aapanel

5. Lanjut untuk seting agar bisa dibuka menggunakan Domain, jika belum punya silahkan sewa domain dulu karene harganya juga sudah terjangkau di banyak penyedia. Jika ingin lebih murah bisa Kontak Saya sekaligus dibantu seting gratis. Klik menu "DNS Manager"
dns manager aapanel

6. Jangan lupa untuk memasukan NS Server di pengaturan penyedia Domain sesuai yang di seting di aaPanel. "Use custom nameservers (enter below)"
seting ns server domain


7. Untuk membuat atau menambahkan subdomain silahkan ke menu "DNS Manager" pilih Domain utama "Details" --- "Add Record". Name diisi: subdomain, Record value: diisi alamat IP VPS, "Confirm"
tambah subdomain aapanel

8. Sekarang Anda sudah bisa membuat website, atau menginstal aplikasi-aplikasi berbasis web di aaPanel melaui menu "Website"  --- "Add site"
membuat website aapanel

Lanjut ke materi berikutnya:  👇

E. Penutup

Demikianlah tutorial yang bisa kami bagikan tentang cara/panduan pengkap instal aaPanel di VPS Ubuntu.

Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda pemula yang sedang belajar menggunakan VPS untuk instal-instal aplikasi berbasis web untuk dionlinekan.

Tonton videonya:



Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk dituliskan di kotak komentar atau bisa kontak saya langsung via WA.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi:

https://chat.openai.com/
https://jaranguda.com/cara-lengkap-install-aapanel-di-linux-ubuntu

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar