Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Revisi 2025 Per Mapel Ms. Word
Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo sahabat GTK, salam sehat dan bahagia.
Pada kesmpatan ini saya ingin mengajak diri saya sendiri dan Anda untuk mencoba mepelajari Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Revisi Tahun 2025.
![]() |
Capaian Pembelajaran (CP) per Mapel Format Ms. Word |
Apa itu tentang CP sepertinya tak perlu lagi saya tulis ulang pada postingan ini, bagi yang belum paham bisa lihat postingan saya sebelumnya: Istilah Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum
Kurikulum Merdeka Revisi 2025 dengan pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) telah resmi ditetapkan melalui Permendikdasmen 12/2025 dan Permendikdasmen 13/2025. Melengkapi Permen tersebut terbitlah Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 046/H/KR/2025 yang mengatur tentang Capaian Pembelajaran (CP).
Sebagai seorang tenaga administrasi atau operator sekolah, saya menyadari bahwa memahami Capaian Pembelajaran (CP) bukan hanya tugas guru saja. Operator dan tenaga kependidikan juga punya peran penting agar proses pembelajaran dan pelaporan berjalan selaras. Berikut saya bagikan beberapa alasan mengapa kita harus mulai memperhatikan pembaruan CP, khususnya dalam pengelolaan aplikasi rapor.
A. Update Data CP pada Aplikasi Rapor itu Penting!
Sebagai orang yang sering mengelola aplikasi rapor, baik versi
Excel maupun eRapor berbasis web, saya sering menjumpai masalah
klasik: deskripsi nilai rapor tidak sesuai dengan apa yang diajarkan guru.
Salah satu penyebab utamanya adalah data CP (Capaian Pembelajaran) belum
diperbarui.
Mengapa ini krusial?
Deskripsi rapor otomatis diambil dari CP. Jika CP masih versi lama, maka deskripsi yang muncul pun tidak relevan dengan pendekatan Pembelajaran Mendalam yang digunakan saat ini.
Sinkronisasi penilaian dengan pembelajaran: CP terbaru menyusun kompetensi berdasarkan fase perkembangan, bukan hanya berdasarkan kelas. Ini butuh penyesuaian sistem rapor agar nilai siswa menggambarkan kompetensi aktual.
Yuk pelajari ulang:
Solusinya:
- Pastikan admin/operator sekolah bekerja sama dengan guru dalam menginput CP terbaru ke sistem rapor.
- Untuk pengguna eRapor, tunggu pembaruan resmi dari pengembang atau lakukan modifikasi jika diperbolehkan (bagi yang sudah terbiasa custom).
B. Hindari Salah Pilih Buku Paket: Kenali Kurikulum Terbaru!
Setelah CP terbaru ditetapkan, pengadaan buku paket juga harus mengikuti perubahan ini. Buku yang tidak berbasis CP terbaru bisa jadi:
- Tidak relevan dengan pembelajaran di kelas.
- Tidak mencerminkan pendekatan berbasis pembelajaran mendalam dan korikuler Delapan Dimensi Profil Lulusan.
- Hanya menambah beban anggaran karena tidak dipakai maksimal oleh guru.
- Cek dulu CP per mata pelajaran.
- Pastikan buku paket dari penerbit sudah direvisi sesuai Kurikulum 2025.
- Libatkan guru mata pelajaran untuk mencocokkan konten buku dengan CP baru
Walaupun perubahan CP tidak signifikan, tapi saya pribadi merasa kurang puas kalau belum menggunakan revisi terbaru.
Dan yang harus dipahami bersama bahan ajar itu bisa dari mana saja tidak terbatas pada Buku Paket.
C. CP per Mata Pelajaran File Ringan
Saya paham bahwa file resmi CP dari BSKAP Kemdikdikdasmen cenderung besar dan berat untuk dibagikan via WhatsApp atau media sosial sekolah. Maka, sebagai kontribusi kecil, saya pisahkan file CP per mata pelajaran dan diubah ke format Ms. Word agar mudah didistribusikan ke guru-guru.
Dengan CP yang sudah diubah dari pdf ke format Ms. Word menjadikan untuk mudah
diedit atau dicopy paste saat membuat Perencanaan Pembelajaran maupun bahan
ajar.
Kelebihan format per-mapel:
- Mudah dibagikan ke guru sesuai tugasnya.
- Ukuran file ringan.
- Praktis disimpan di perangkat HP/laptop.
- Bisa dicetak atau dijadikan bahan pelatihan.
Silakan unduh CP versi ringan per mapel melalui tautan Google Drive berikut ini:
No. | Nama Mata Pelajaran | Unduhan |
---|---|---|
1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Unduh |
2 | Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti |
Unduh |
3 | Pendidikan Agama Katolik | Unduh |
4 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Unduh |
5 | Bahasa Indonesia | Unduh |
6 | Matematika | Unduh |
7 | IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | Unduh |
8 | IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | Unduh |
9 | Bahasa Inggris | Unduh |
10 | Antropologi | Unduh |
11 | PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) |
Unduh |
12 | Informatika | Unduh |
13 | Bahasa Daerah (jika ada) | Unduh |
14 | Koding dan Kecerdasan Artifisial | Unduh |
15 | Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | Unduh |
16 | Seni Musik | Unduh |
17 | Seni Tari | Unduh |
18 | Seni Rupa | Unduh |
19 | Seni Teater | Unduh |
D. Akhir Kata
Walaupun saya bukan guru, saya merasa penting untuk memahami arah dan isi kurikulum terbaru, khususnya Capaian Pembelajaran (CP). Sebagai operator atau tenaga kependidikan, peran kami bukan sekadar administratif, tetapi juga menjadi bagian dari sistem yang menopang keberlangsungan proses belajar-mengajar.
Dengan memahami CP, kami bisa bekerja lebih sinergis dengan guru, mulai dari pengisian rapor, pengelolaan data buku, hingga pelaporan ke dinas.
Pemahaman bersama ini menciptakan kolaborasi yang harmonis, yang pada akhirnya membuat sekolah lebih siap menghadapi perubahan kurikulum. Harmoni di satuan pendidikan bukan hanya tugas guru semata, melainkan tanggung jawab bersama agar proses pendidikan berjalan lebih bermakna dan berdampak.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Posting Komentar
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.