Cara Instal Erapor di VPS Agar Bisa Dibuka Online 24 Jam

Assalamulaikum Wr. Wb. 

Alhamdulillah

Halo sabat GTK semua, khususnya teman-teman Operator.

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara instal ERapor di VPS agar bisa di buka secara online 24 jam.

Instal Erapor di VPS agar bisa online
Cara instal Erapor di VPS agar bisa online 24 jam

Saat ini sudah serba aplikasi berbasis web untuk mempermudah pekerjaan, begitupun untuk mengolah nilai dan mencetak raport. Sudah banyak aplikasi E-Rapor berbasis web yang bisa digunakan oleh Bapak/Ibu Guru dari yang versi gratis maupun berbayar.

Keunggulan aplikasi berbasis web adalah bisa di buka oleh banyak pengguna hanya dengan instal di satu perangkat. Idealnya aplikasi erapor diinstal di komputer server bersamaan dengan Dapodik. Namun mungkin karena sekolah belum memiliki sarana prasarna yang memadai maka Erapor diinstal di Laptop Operator yang speksifikasinya kecil sehingga ketika dibuka bersama-sama dengan Bapak/Ibu Guru menjadi lemot.

Solusinya bisa menyewa VPS, memang bagi kantong operator termasuk mahal, tapi karena untuk kepentingan sekolah bisa diambilkan dari anggaran Dana BOS. Kita bisa menyewa VPS untuk satu bulan kiranya cukup untuk proses pembuatan raport. Setelah selesai datanya di backup.

Lalu apa itu VPS? saya sendiri bukan anak IT. Untuk mempelajari bisa ketikan di mesin pencari  atau tanya ChatGPT hehe... 

VPS adalah seperti menyewa potongan kecil dari sebuah komputer besar yang dibagi-bagi untuk keperluan pribadi. Ini memungkinkan Anda memiliki kontrol lebih besar atas situs web atau aplikasi Anda tanpa perlu memiliki komputer fisik sendiri.

VPS Windows adalah layanan Virtual Private Server yang menggunakan sistem operasi Windows sebagai basisnya. Ini berarti bahwa pada VPS Windows, Anda dapat menjalankan aplikasi dan perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem operasi Windows, seperti situs web atau aplikasi yang dikembangkan menggunakan teknologi Microsoft, seperti ASP.NET atau aplikasi berbasis Microsoft SQL Server. VPS Windows biasanya digunakan oleh pengguna yang memerlukan lingkungan hosting yang mendukung aplikasi atau layanan yang berjalan pada platform Windows.

RDP (Remote Desktop Protocol) adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke desktop Windows dari jarak jauh, sering digunakan untuk mengelola VPS Windows. 

1. Pastikan Anda sudah memilik akun VPS, dan login ke bagian panelnya. 

2. Buka aplikasi "Remote Dekstop"

remote dekstop

3. Masukan alamat IP dan Username untuk bisa mengkases remote dekstop di penyedia VPS.

masukan alamat ip dan usernamenya
4. Proses koneksi
5. Anda akan diminta Password, silahkan masukan password yang diberikan lewat panel penyedia VPS.
masukan passwordnya
6.  Jika muncul kotak dialog "Do you want to connect despite these certificate errors?" pilih saja "Yes"

7. Jika berhasil konek VPS Windows, maka tampilanya sebagai berikut:
berhasil konek vps windows

6. Agar proses instal Dapodik dan Eraportnya lacar, silahkan instal dulu  di VPSnya buka browser dan download "Visual C++ Redistributable Runtimes All-in-One" Unduh: https://www.techpowerup.com/download/visual-c-redistributable-runtime-package-all-in-one/
downlad c+ plus

7. Lanjut instal all.

8.  Lanjut instal Dapodik di VPS Windows. Ini tidak wajib, karena Anda bisa langsung instal erapor dan lakukan proses Backup dan Restore. 
lanjut instal dapodik di vps

9. Setelah behasil instal dapodik kita coba dulu akses Dapodik yang ada di VPS menggunakan alamat IP, misalnya http://45.76.176.32:5774/  Jika tidak bisa pastikan firewallnya sudah dinonaktifkan dulu.
buka dapodik ip vps
10. Lanjut instal Erapor silahkan bisa pakai Rapor. SP, atau eRapor Kurikulum Merdeka Versi Resmi Kemdikbudristek. Disini saya coba instal Rapor SP.
instal erapor di vps


11. Selanjutnya coba buka Erapor SP nya melaui alamat IP, tinggal tambahkan saja portnya misalnya: http://45.76.176.32:7252/login
buka rapor sp di vps

12. Coba juga erapor resmi Kemendikbudristek  http://45.76.176.32:7759/login
buka erapor resmi kemdikbudristek di vps

13. Ada juga aplikasi E Rapor AIO   http://45.76.176.32:5445/
erapor aio vps



Nah sampai sekarang kita sudah bisa menginstal Erapor di VPS agar bisa dibuka secara online 24 non stop dengan lancar di rumah masing-masing guru.

Bapak/Ibu Guru bisa mengolah dan mencetak raport dari mana saja kapan saja dari rumah masing-masing secara online.

Bila ada yang belum jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar.

Jika Anda masih kesulitan instal bisa Contact Saya bantu instalkan dari sini melaui  CARA MUDAH REMOTE LAPTOP JARAK JAUH

Lihat juga Video Cara Instal Erapor VPS 

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: 
https://chat.openai.com/
https://www.youtube.com/watch?v=3Ai9UqBVFYw
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Cara Instal Erapor di VPS Agar Bisa Dibuka Online 24 Jam"

Sahabat GTK