Memanfaatkan Menu Blog pada CMS Sekolahku

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK semuanya.... Semoga sehat dan bahagia.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial untuk memanfaatkan menu blog yang ada pada CMS Sekolahku yang dapat digunakan secara gratis untuk membangun sebuah website sekolah.

Blog Website CMS Sekolahku
Memanfaatkan Menu Blog Website CMS Sekolahku


A. Blog Sekolah

Blog

Sebenarnya apa sih blog itu?

Kami kutipkan dari Wikipedia saja ya..

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. 

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. 

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Blog Sekolah

Adapun blog sekolah tentunya blog yang dibuat oleh sekolah dengan tujuan untuk media pembelajaran dan media informasi sekolah. 

Blog sekolah digunakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan untuk berbagi informasi, berita, artikel, dan konten pendidikan kepada siswa, orang tua, guru, dan masyarakat umum. 

Manfaat Blog Sekolah

Blog sekolah dapat memiliki berbagai tujuan dan manfaat, diantaranya sebagai berikut:

1. Komunikasi: Blog sekolah dapat menjadi saluran komunikasi efektif antara sekolah, siswa, dan orang tua. Ini dapat digunakan untuk mengumumkan berita, acara, perubahan jadwal, dan informasi penting lainnya.

2. Pembelajaran: Guru dapat menggunakan blog sekolah untuk membagikan materi pembelajaran, tugas, catatan kuliah, dan sumber daya pendidikan kepada siswa. Ini dapat membantu dalam mendukung pembelajaran jarak jauh atau sebagai tambahan untuk pembelajaran kelas.

3. Showcase Prestasi: Blog sekolah juga dapat digunakan untuk memamerkan prestasi siswa, baik dalam hal akademik maupun non-akademik, seperti kegiatan olahraga, seni, dan keterlibatan dalam komunitas.

4. Keterlibatan Orang Tua: Orang tua dapat menggunakan blog sekolah untuk tetap terinformasi tentang perkembangan anak-anak mereka, mengikuti kegiatan sekolah, dan berpartisipasi dalam kehidupan sekolah.

5. Peluang Berbagi Pengetahuan: Guru, staf, atau siswa dapat menulis artikel atau posting blog tentang berbagai topik pendidikan, penelitian, atau pengalaman pribadi yang dapat bermanfaat bagi komunitas sekolah dan masyarakat luas.

6. Pengarsipan Informasi: Blog sekolah dapat berfungsi sebagai arsip informasi penting seperti jadwal, buletin, dokumen kebijakan, dan catatan penting lainnya yang dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

7. Pembangunan Komunitas: Blog sekolah dapat membantu dalam membangun dan memperkuat komunitas sekolah dengan menyediakan platform untuk berdiskusi, berbagi gagasan, dan merayakan pencapaian bersama.

8. Promosi Sekolah: Blog sekolah dapat digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sekolah kepada calon siswa dan orang tua potensial, dengan menyajikan informasi tentang program pendidikan, fasilitas, dan budaya sekolah.

B. Menu Blog CMS Sekolahku

CMS Sekolahku sudah dilengkapi fitur blog yang mumpuni yang tak kalah canggih dengan platform blog seperti Blogger maupun Wordpress.

Pada CMS Sekolahku sudah terdapat fitur Menulis Blog, Kategori Tulisan, Tags, serta Komentar.

Menu Semua Tulisan

menu tulisan blog cms sekolahku
Menu "Semua Tulisan" untuk menampilan tulisan/postingan blog yang sudah di buat. Bapak/Ibu Guru bisa menambahkan tulisan baru dengan klik icon tambah.

Tulisan bisa dihapus dan tidak akan tampil di web, namun akan tetap tampil disini dan berwarna merah. Hal ini karena untuk keperluan arsip.

Menu Tambah Baru

Klik cepat tulisan/postingan baru. Disini kita menuliskan portingan ketikan judul postingan dan isi postingan. Agar tulisan lebih menarik dan rapi Anda juga bisa mengubah format huruf dan tambahkan gambar.
Menulis blog cms sekolahku


Tentukan juga tulisan berdasarkan kategori dan tag, setelah itu klik menu "Terbitkan"

Menu Kategori Tulisan

Kategori dalam pembuatan sebuah blog berfungsi sebagai cara untuk mengorganisasi dan mengelompokkan konten blog Anda berdasarkan topik atau tema tertentu. Dengan penggunaan kategori yang bijak, Anda dapat meningkatkan navigasi, SEO, dan pengalaman pengguna, serta membantu pembaca menemukan konten yang relevan dengan minat mereka.

kategori tulisan cms sekolahku

Pada CMS Sekolahku Anda dapat menambahkan karegori postingan blog sesuai kebutuhan, di sini saya contohkan membuat kategori sesuai jenjang Kelas. Hal ini bertujuan untuk mempermudah navigasi jika akan menerbitkan postingan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Menu Tags

Tags (atau label) pada sebuah blog memiliki beberapa fungsi utama. 

Pertama, tags membantu meningkatkan navigasi dengan memungkinkan pengunjung untuk dengan cepat menemukan konten yang relevan dengan minat mereka; dengan mengklik tag tertentu, pengunjung dapat mengeksplorasi lebih lanjut tentang topik yang diminatinya. 

Kedua, tags memperkuat kategori dengan memberikan dimensi tambahan dalam mengorganisasi konten, dapat digunakan untuk mengkategorikan posting yang berbeda tetapi berhubungan dengan topik yang sama, memudahkan pembaca untuk menjelajahi sudut pandang yang beragam. 

Terakhir, tags juga berfungsi untuk merekatkan topik dengan menghubungkan posting yang terkait, menciptakan jaringan konten yang koheren dan memudahkan pembaca untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang subjek tertentu dalam blog.

menu tags cms sekolahku

Sepertihalnya di platform Wordpress, di CMS Sekolahku oleh pengembangya juga telah disematkan fitur Tags.

Menu Komentar

Komentar dalam blog memiliki beberapa fungsi, termasuk memberikan umpan balik, memfasilitasi diskusi, dan mempromosikan interaksi antara penulis dan pembaca. 

Dengan adanya kolom komentar memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas blog, bertanya, memberikan dukungan, dan berbagi pengetahuan. Komentar juga bisa memperkuat keterlibatan pembaca, dan memberikan validasi kepada penulis. 

Namun, penting untuk memantau dan mengelola komentar untuk menjaga kualitas dan keamanan konten blog. Dengan menggunakan komentar dengan bijak, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan pembaca dan meningkatkan interaksi di blog Anda.

fitur komentar blog cms sekolahku

Untuk membalas komentar blog pada CMS Sekolahku silahkan melaui menu "Blog" --- "Tulisan" --- "Komentar" --- klik icon edit --- tulis balasan komentar --- "Update"


Penutup

Demikianlah yang bisa saya share tentang apa fungsi blog sekolah dan cara memanfaatkan menu blog yang ada di CMS Sekolahku.

Semoga panduan praktis ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Sumber referensi: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

https://chat.openai.com/

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Memanfaatkan Menu Blog pada CMS Sekolahku"

Sahabat GTK