Cara Mengetik Huruf Jawa di Android

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo Bapak/Ibu Guru, sahabat GTK semua, salam sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana caranya agar kita bisa mengetik huruf aksara Jawa di HP Android langsung.

Aksara Jawa Hanacaraka Android
Ilustrai Aksara Jawa Hanacaraka Android


Disini kita tidak akan membahas apa itu aksara Jawa atau yang juga sering disebut Hanacaraka. Kita lebih langsung saja dipraktikkan.

A. Font Aksara Jawa Hanacaraka

Sedikit saja ya tentang Hanacaraka. Hanacaraka adalah sebutan untuk sejumlah aksara serumpun yang terutama digunakan di pulau Jawa dan Bali. Istilah ini paling umum digunakan untuk merujuk pada aksara Jawa dan aksara Bali, serta juga digunakan untuk merujuk pada aksara sejenis yang merupakan turunan atau modifikasi dari kedua aksara tersebut. Namun pada kesempatan ini kita berbicara tentang Hanacaraka Jawa. 

Karena berkaitan dengan pengetikan huruf juga perlu mengetahui apa itu font. Fon komputer (bahasa Inggris: computer font) merupakan berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol.

TrueType (TT)  adalah standar font garis besar yang dikembangkan oleh Apple pada akhir 1980-an sebagai pesaing font Tipe 1 Adobe yang digunakan dalam PostScript. Ini telah menjadi format paling umum untuk font pada sistem operasi Mac OS, macOS, dan Microsoft Windows klasik

Unicode adalah suatu standar teknis yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set dan dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard. Unicode mengandung suatu kumpulan karakter, suatu metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil, suatu kumpulan data referensi berkas komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering).

B. Instal Keyboard Aksara Jawa di Android

Ada banyak aplikasi keyboarad aksara Jawa yang bisa dicari dan diinstal melalui google playstore. Namun disini kita akan menggunakan aplikasi Google Keyborad (Gboard) yang mungkin malah sudah ada di HP Anda. Jika belum ada langkah instalnya sebagai berikut:

Buka Playstore cari kata kunci Gboard https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.inputmethod.latin 

gboard keyboard android

C. Setting Pengaturan Keyboard Hanacaraka pada HP

Sebelum lanjut perlu saya informasikan dulu untuk tampilan screnshot saya menggunakan HP Android Samsung M12 Update One UI 5.1. Namun tidak akan jauh beda tampilanya dengan HP Android yang Anda gunakan.

Selanjutnya kita perlu melakukan pengaturan agar aplikasi keyboard bisa digunkan. Ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka menu "Pengaturan" 
    pengaturan android samsung

  2. "Manajemen Umum" Bahasa dan keyborad. Tanggal dan waktu
    manajemen umum android samsung

  3. "Daftar dan default keyboard" 
    daftar dan default keyboard

  4. Aktifkan "Gboard" 
    aktifkan Gboard

  5. Pilih "metode masukan Gboard" 
    metode masukan gboard

  6. Selanjutnya kita coba mengetik, apakah Gboardnya sudah muncul. 
    gboard sudah siap untuk mengetik

  7. Selanjutnya kita masih perlu menambahkan Keyboard aksara jawa, klik icon pengaturan gambar "Roda Gerigi" seperti yang ditunjukan pada gambar di atas.
  8. Pilih menu "Bahasa" 
    Bahasa Gboard
  9. "Tambahkan Keyboard" 
    Tambahkan Keyborad Gboard

  10. Cari dengan kata kunci "jawa". Pilih yang Jawa (Aksaraa Jawa).  
    cari aksara jawa gboard

  11. Klik  "icon globe" untuk mengubah ke mode aksara jawa. Atau tekan tahan spasi. 
    ubah ke mode aksara jawa

Sampai sini Anda sudah bisa mengetik aksara jawa langsung di HP, dan ini adalah font unicode jadi akan terbaca di berbagai perangkat.

D. Cara Menggunakan Keyboard Aksara Jawa

Adapun cara menggunakan keyboard aksara jawa tinggal ketik saja hurufnya. Di sini tidak menggunakan ubah atau translete dari huruf latin. Jadi Anda harus sudah hafal dan mengerti aksara jawa.

Sebagai tambahan dengan aplikasi Aksara Jawa Gboard dapat dijalankan secara offline dan tidak ada iklan yang menggangu.

Pelajari juga:  Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Jawa Kurikulum Merdeka

E. Penutup 

Demikianlah tutorial cara mengetik huruf Jawa Hanacaraka di Android menggunakan Google Keyboard (Gboard) langsung bisa digunakan secara offline.

Bila ada yang kurang jelas dari tutorial ini, jangan sungkan untuk ditanyakan melaui kotak komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat khususnya untuk Bapak/Ibu Guru, Siswa, dan pengiat budaya daerah untuk melestarikan budaya dari leluhur.


Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Hanacaraka

https://id.wikipedia.org/wiki/Fon_komputer

https://en.wikipedia.org/wiki/TrueType

https://id.wikipedia.org/wiki/Unicode

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetik Huruf Jawa di Android"

Sahabat GTK