Integrasi Platform Ayo Guru Berbagi dengan PMM

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK, salam sehat dan bahagia.

Postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang integrasi platform Ayo Guru Berbagi (AGB) dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

integrasi Ayo Guru Berbagi PMM
Integrasi Ayo Guru Berbagi PMM

Informasi ini berdasarkan surat Direktur Jendral GTK Kemendikbudristek tertanggal 26 April 2023 bernomor 2093/B.B1/DV.06.03/2023 yang dilayangkan kepada Kepala Dinas Pendidikan di seluruh Indonesia.

Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

Berikut ini saya kutipkan isi dari surat perihal Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

Dalam rangka mendukung perluasan dan peningkatan kegiatan kolaborasi serta penyediaan media peningkatan kompetensi bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) secara terstruktur melalui moda daring, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Layanan yang disediakan di PMM adalah ruang untuk berbagi praktik baik atau karya kepada rekan sejawat dan komunitas pendidik di Indonesia yang terhubung di platform dengan memungkinkan adanya proses refleksi dan umpan balik, serta layanan untuk mengikuti pelatihan melalui produk Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh fasilitator atau narasumber dari Kemendikbudristek maupun lembaga penyelenggara pelatihan lainnya.

2. Karya dan praktik baik yang ada di PMM dapat diunggah dalam bentuk RPP / Modul Ajar (Perangkat Ajar), Foto, Artikel (PDF), Video, dan Ide Praktik. Karya yang dibagikan dapat membantu GTK dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun dalam meningkatkan kompetensi profesi sebagai guru serta dapat menjadi bagian dari gambaran kinerja, kompetensi, bahkan prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi sebagai guru ataupun kepala sekolah agar dapat saling berbagi dengan rekan sejawat.

3. Pelatihan daring yang dapat diikuti melalui PMM antara lain pelatihan dari berbagai program prioritas Kemendikbudristek, seperti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), PPG Prajabatan, PPG Dalam Jabatan, Seri Guru Belajar, dan diklat-diklat teknis lainnya, serta pelatihan dari lembaga penyelenggara pelatihan dan mitra lainnya.

4. Layanan Ayo Guru Berbagi (AGB) yang telah dikembangkan sebelum PMM akan diintegrasikan menjadi satu platform, dengan PMM sebagai platform utamanya. Karya GTK yang telah masuk di AGB dapat diunggah ke bukti karya PMM paling lambat akhir Juni 2023.

5. Kegiatan sosialisasi terkait dengan pemanfaatan PMM akan dilaksanakan selama bulan Mei hingga Juni 2023, terkait :

  • a. Langkah memindahkan karya dari AGB ke PMM untuk mitra, Guru Penggerak dan GuruSMK.
  • b. Gambaran umum langkah mengakses fitur LMS di PMM dan lini masa pemanfaatan LMS PMM untuk program prioritas mulai Juli 2023.

6. Kami mohon perkenan Saudara untuk meneruskan informasi ini kepada guru dan tenaga kependidikan di jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di daerah masing-masing sesuai kewenangan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang layanan Ayo Guru Berbagi (ABG) yang akan dintegrasikan menjadi satu platform bernama Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai super aplikasi yang dikembangkan Kemendikbudristek untuk mendukung era digitalisasi pendidikan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai infromari integrasi Ayo Guru Berbagi dan LMS ada di satu aplikasi PMM bisa melihat langsung surat berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Wassalamulaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Integrasi Platform Ayo Guru Berbagi dengan PMM"

Sahabat GTK