Cara Membuat Banner Ukuran Besar Tidak Pecah di Canva

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Ibu/Bapak Guru dan sahabat GTK semuanya, salam sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips cara membuat banner dengan ukuran besar di canva saat di cetak agar tidak pecah dan tetap tajam.

Cetak Banner Ukuran Besar Canva Tidak Pecah
Tips Cetak Banner Ukuran Besar Canva Tidak Pecah

Saya rasa Ibu/Bapak Guru sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi Canva karena juga banyaknya pelatihan yang masif. Atau malah mungkin sudah sering menggunakan aplikasi yang satu ini.

Canva merupakan sebuah platform desain grafis yang memudahkan pengguna dalam membuat berbagai macam desain tanpa harus memiliki keahlian desain yang khusus. Dengan Canva, pengguna dapat membuat desain secara mudah dan cepat dengan menggunakan berbagai fitur dan alat yang disediakan. Canva juga menyediakan ribuan template dan gambar yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam membuat desain. Sehingga, Canva sangat cocok digunakan bagi pengguna yang ingin membuat desain tanpa harus mempelajari terlebih dahulu tentang desain grafis.

Ibu/Bapak Guru bisa menggunakan canva untuk membuat slide presentasi, dan gambar poster yang menarik dengan mudah.

Nah untuk pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana jika kita atau mendapatkan tugas untuk membuat banner dengan ukuran besar, misalnya lebih dari 3 meter. Kalau ukuran maksimal di canva itu hanya 2 meter.

Banner ukuran besar misalnya digunakan untuk konser, pentas seni, pameran dagang. Ada juga istilah Banner Backdrop yaitu banner besar yang digunakan sebagai latar belakang saat pengambilan foto bersama maupun foto selfi.

Langkah Pengaturan Membuat Banner Ukuran Besar Tidak Pecah Menggunakan Canva

Tanpa berpanjang lebar berikut ini langkah-langkah dan bagaimana pengaturanya di canva.

1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui ukuran asli tempatnya di lapangan dalam satuan meter. Dengan menyesuikan ukuran banner dengan tempat yang tersedia akan membuat penataan tempat lebih bagus dan maksimal.

2. Kemudian cari di pencarian google dengan kata kunci "length converter" yang akan kita gunakan untuk mengubah / mengkonfersi satuan panjang Meter (M) menjadi Kaki

length converter


3. Isikan berapa panjang dan lebar Banner/Spanduk yang hendak dibuat. Disini saya coba dengan ukuran 4 x 2,5 Meter. Maka kita dapat ukuran yang telah diubah ke satuan Kaki menjadi 13,1234 x 8,2021 Kaki
ubah ukuran meter ke kaki



4. Buka Canva, "Buat Desain" --- "Ukuran khusus"
ukuran khusus canva

 
5. Nah perhatikan di sini, kita tadi mengubah dari Meter ke Kaki, namun untuk pengaturan di canvanya kita menggunakan ukuran Inci, sehingga menjadi 13.1234 x 8.2021 inci, "Buat desain baru"

ukuran canva inci

6. Sampai sini silahkan buat desain yang diperlukan, disini saya coba membuat banner background untuk gelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila.
membuat banner gelar karya projek pancasila

7. Jika sudah selesai, silahkan unduh kedalam format pdf, pilih yang menu "Cetak PDF (Terbaik untuk pencetakan)" jangan sampai keliru ya karena ada 2 pilihan.
cetak pdf untuk percetakan

8. Untuk profil warna Anda bisa memilih RGB ataupun CMYK, karena saya juga belum terlalu paham perbedaan RGB dan CMYK pilih saja yang RGB. Menurut Anda bagus yang RGB atau CMYK?
profil warna canva rgb

9. Setelah itu coba cek buka file PDF tadi, dan lakukan zoom sampai berapa persen, gambar tidak pecah dan tetap tajam.
cek zoom gambar tidak pecah


Nah itulah sedikit tips cara membuat banner di canva ukuran besar hasil cetak tetap bagus tidak pecah, blur, dan tajam. 

Lihat juga tutorial tentang canva lainya:

Bagaimana pengalaman Anda dalam membuat Banner kegiatan di sekolah menggunakan Canva? ceritakan di kotak komentar ya....  

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

10 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
24 Mei 2023 pukul 07.04 Hapus
Terima kasih, sangat membantu ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Comment Author Avatar
24 Mei 2023 pukul 07.37 Hapus
Sama²
Terima kasih telah menyempatkan mampir
Comment Author Avatar
30 Mei 2023 pukul 16.20 Hapus
Terima Kasih Pak Nir
Comment Author Avatar
30 Mei 2023 pukul 16.45 Hapus
Sama-sama Pak,

Terima kasih telah menyempatkan mampir.
Comment Author Avatar
11 Juni 2023 pukul 19.24 Hapus
Malam pak, mohon ijin bertanya pak. Untuk karakter murid SDnya dari Canva pak? Kunci percariannya apa ya pak? Terimakasih pak banner bapak menginspirasi saya, sangat bagus๐Ÿ™
Comment Author Avatar
11 Juni 2023 pukul 21.08 Hapus
owh kalau yang saya gunakan ini karakter Profil Pelajar Pancasila saya dapat dari IG Ditejen SD. kalau mau bisa download di halaman ini:

>>> Mengenal Profil Pelajar Pancasila
Comment Author Avatar
11 Juni 2023 pukul 19.26 Hapus
Malam pak. Mohon ijin bertanya pak. Untuk karakter murid SDnya dari Canva juga ya pak? Maaf pak untuk kata kuncinya apa ya pa? Terimakasih pak๐Ÿ™
Comment Author Avatar
11 Juni 2023 pukul 21.04 Hapus
Coba "siswa SD"
Comment Author Avatar
23 Mei 2024 pukul 16.06 Hapus
maaf pak menambahkan sedikit, sepengetahuan saya alangkah lebih baiknya memilih CMYK untuk profil warna, berdasarkan pengalaman pribadi warna yg dihasilkan untuk cetak banner CMYK lebih sesuai dan tidak pudar setelah dicetak.

maaf koreksi jika salah๐Ÿ™
Comment Author Avatar
23 Mei 2024 pukul 21.25 Hapus
Terima kasih telah berbagi pengalaman.

Sejauh yng saya pelajari sbb:

CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key/Black) dan RGB (Red, Green, Blue) adalah dua mode warna yang digunakan dalam konteks yang berbeda. CMYK adalah model warna subtraktif yang digunakan dalam pencetakan, di mana tinta mengurangi cahaya yang dipantulkan untuk menciptakan warna, dan memiliki gamut warna yang lebih sempit.

Sebaliknya, RGB adalah model warna aditif yang digunakan dalam perangkat digital seperti monitor dan televisi, di mana cahaya ditambahkan untuk menghasilkan warna, dengan gamut warna yang lebih luas dan kemampuan menghasilkan warna yang lebih cerah. CMYK ideal untuk media cetak, sementara RGB lebih cocok untuk tampilan digital.

Dari uraian tersebut, pudar tidaknya tergantung kualitas mesin dan tintanya.

Jadi menurut saya ini lebih ke sesuaian antara yang tampil di layar monitor dengan hasil cetak.