Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT Bisa Menjawab Berbagai Pertanyaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Sahabat GTK, berjumpa lagi dengan saya... hehe..

Kali ini saya ingin posting yang sedang heboh di grup-grup komunitas yang saya ikuti yaitu tentang subuah robot chat bernama ChatGPT.

ai chat gpt bisa jawab berbagai pertanyaan
ai chat gpt bisa jawab berbagai pertanyaan

A. Sekilas Tentang ChatGPT OpenAI

ChatGPT adalah sebuah teknologi canggih yang diciptakan dan dikembangkan oleh OpenAI.

Teknologi ini digunakan untuk membantu manusia berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa manusia. 

ChatGPT belajar dari data-data besar yang sudah dikumpulkan untuk dapat memahami bahasa manusia dan memberikan respon yang mirip dengan manusia. 

ChatGPT mejadi populer dan viral karena kemampuannya menghasilkan teks yang sangat realistis dan memberikan respon yang menarik dalam percakapan.

Kelebihan dari ChatGPT adalah kemampuannya dalam memahami bahasa manusia dan menangani berbagai topik pembicaraan. Terkadang, ChatGPT bahkan bisa memberikan jawaban yang lebih baik daripada manusia. ChatGPT juga selalu diperbarui sehingga selalu memberikan jawaban terbaru dan relevan.

Data yang digunakan Chat GPT berasal dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, website, dan berbagai dokumen yang terdapat di internet.

ChatGPT bisa digunakan dalam banyak hal, seperti dalam chatbot dan asisten virtual, maupun dalam pengembangan perangkat lunak dan pemrosesan bahasa alami. ChatGPT bisa membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai bidang.


B. Cara Menggunakan ChatGPT

Cara menggunakan ChatGPT juga sangat mudah seperti kita chat di aplikasi WhatsApp bedanya jawaban akan muncul mengetik sendiri.

1. Buka website  ChatGPT  OpenAI di link: https://chat.openai.com/

welcome to ChatGPT

2. Jika baru pertama kali membuka web ChatGPT silahkan daftar akun dulu klik "Sign up". Agar lebih mudah dan cepat bisa pilih "Continue with Google"

daftar chat gpt


3. Selanjutnya ketikan saja pertanyaan atau topik apa yang ingin Anda pelajari, disini saya coba menanyakan "Jelaskan perubahan wujud benda"

bertanya ke chat gpt

4. ChatGPT bisa langsung menjawab pertanyaan yang diajukan.

chatgpt berhasil menjawab pertanyaan

5. Saya akan coba bertanya ulang namun pertanyaan lebih spesifik, "Jelaskan perubahan wujud benda untuk siswa kelas 5 SD"

bertanya chatgpt menjadi lebih spesifik

Ada tambahan "untuk siswa kelas 5 SD", maka chat GPT akan menjelaskan sesuai materi siswa kelas 5 SD. 

Sampai sini, gimana? apkah sudah punya ide untuk menggunakan ChatGPT untuk bertanya hal lain? hehe..

Saya sendiri dalam membuat artikel atau postingan ini menggunakan bantuan ChatGPT, sehingga menulis di blog menjadi semakin mudah.

C. Manfaat ChatGPT untuk Siswa

Apabila siswa sudah tahu keberadaan teknogi tentang ChatGPT, kemungkinan besar siswa akan menggunakanya untuk membantu mereka menjawab tugas ataupun PR yang di berikan oleh Guru.

Siswa dapat mengajukan pertanyaan atau permintaan penjelasan terkait topik atau subjek yang sedang mereka pelajari, dan ChatGPT akan memberikan jawaban yang sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami.

ChatGPT juga dapat memberikan referensi atau sumber belajar yang berguna untuk membantu siswa dalam memperoleh informasi yang diperlukan.

Sebuah kemudahan yang diberikan ChatGPT ini bisa menjadi positif dan negatif. Salah satu kekhawatiran negatifnya siswa menjadi terlalu tergantung ChatGPT untuk menyelesaikan tugas.

D. Mafaat ChatGPT untuk Guru

Kalau siswa yang sudah banyak menggunakan ChatGPT, apalagi dizaman yang masing-masing orang sudah punya smarthpone sendiri.

Sebagai Guru tentunya jangan mau kalah dengan siswa dalam penggunaan ChatGPT. 

Terkadang siswa akan menanyakan hal yang Bapak/Ibu Guru belum mengetahui, kita coba tanya saja ke ChatGPT.

Kita juga bisa memeriksa ulang apakah tugas atau jawaban siswa menggunakan ChatGPT, tiggal kita coba tanya dengan pertanyaan yang sama.

Selain itu ChatGPT dapat memperkaya wawasan Guru dalam menggunakan model pembelajaran yang canggih dan fleksibel, guru dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bervariasi bagi siswa.

E. Penutup

Teknologi ChatGPT dapat memberikan manfaat bagi Siswa maupun Guru karena kemampuanya yang bisa menjawab berbagai pertanyaan. 

Diera saat ini yang juga telah diberlakukan Kurikulum Merdeka yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek sangat penting memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.

Tetapi, seperti teknologi lainnya, penggunaan ChatGPT juga memiliki dampak positif dan negatif.

ChatGPT memang dapat memberikan informasi dan jawaban yang berguna dalam berbagai topik, namun peran seorang guru sangatlah penting dan tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun.

Seorang guru tidak hanya memberikan pengetahuan dan membantu siswa mengembangkan keterampilan, tetapi juga membimbing mereka dalam memahami nilai-nilai religi dan sosial.

Pada Kurikulum Merdekapun para siswa diarahkan agar memiliki Profil Pelajar Pancasila yang didalamnya ada 6 dimensi yaitu:

  • 1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 
  • 2. Berkebinekaan global, 
  • 3. Bergotong-royong
  • 4. Mandiri
  • 5. Bernalar kritis
  • 6. Kreatif

Selain itu, seorang guru dapat memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa yang berdiferensiasi. Seorang guru juga dapat memberikan inspirasi dan dukungan moral kepada siswa, yang merupakan hal yang sulit dicapai oleh teknologi. 

Oleh karena itu, meskipun ChatGPT dapat menjadi sumber referensi tambahan yang bermanfaat, tetapi tidak dapat menggantikan peran seorang guru yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa secara holistik

Bagaimana menurut Anda? tulis di kolom komentar ya...

Semoga bermanfaat....

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi:

Tulisan/Artikel ini juga disusun dengan menggunakan bantuan dari ChatGPT OpenAI

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

4 komentar untuk "Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT Bisa Menjawab Berbagai Pertanyaan"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK