Sambutan Mendikbudristek Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Pada postingan kali ini saya akan berbagi teks Sambutan Mendikbudristek pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

File pdf sambutan ini sebenarnya telah tersedia di website resmi Kemendikbud.go.id.

Namun biar sekalian saya ikut membaca, maka sengaja saya posting di sini.

Sambutan ini biasanya juga dibacakan oleh Pembina Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di tingkat sekolah. 

Sambutan Upacara HUT Ke-77 RI Tahun 2022 Mendikbud
Sambutan Upacara HUT Ke-77 RI Tahun 2022 Mendikbudristek


Apakah Anda juga sebagai pembina upacara?

Baik langsung saja berikut ini sambutannya:


SAMBUTAN

MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI PADA UPACARA PERINGATAN

HARI ULANG TAHUN KE-77 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

TAHUN 2022


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Shalom,

Salam sejahtera bagi kita semua, 

Om swastiastu,

Namo buddhaya,

Salam kebajikan,

Rahayu


Pada 77 tahun yang lalu, dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi, mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih, menyatakan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa; lalu terlahirlah Indonesia Merdeka.


Perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini, kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.


Semangat tersebut saat ini sedang kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.


Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar.


Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa.

 

Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.


Begitu juga pada sektor kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi. Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita.


Hal-hal yang saya sebutkan tadi barulah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan, sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenamya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila.


Selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2022 untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar.


Terima kasih,

Wassalaınualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Shalom,

Om shanti, shanti, shanti, om, 

Namo buddhaya


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,

ttd.

Nadiem Anwar Makarim


Demikianlah yang bisa kami posting mengenaik sambutan Mendikbudristek untuk Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Bila memerlukan file pdfnya silahkan download di bawah ini yang sudah kami upload ulang di google drive.


Download juga: TATA TERTIB DAN DOA UPACARA HUT RI

update: HUT Ke-78 RI "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju"

Update Tahun 2023: Sambutan Mendikbudristek Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/sambutan-mendikbudristek-pada-upacara-peringatan-hut-ke77-kemerdekaan-ri-tahun-2022



Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk " Sambutan Mendikbudristek Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022"

  1. Selamat HUT kemerdekaan RI semoga Indonesia makin adil dan makmur, aman dan tentram, di HUT RI ini saya serasa belum merdeka dan keadilan belum kami terima karena Kami sdh 16 tahun mengabdi jadi Tenaga Administrasi/operator sekolah negeri dengan honor tak sebanding tp kami ikhlas, tp sampai saat ini kami belum ada kejelasan nasib saya. Pemerintah tidak adil hanya guru saja yg diperhatikan tp kami para Tenaga Kependidikan (tenaga administrasi/operator, Tenaga pustakawan dan penjaga) dilupakan dengan kesengajaan, Kami jg ingin diperhatikan pemerintah dan sejahterahkanlah kami pak menteri atau angkat kami menjadi PNS/PPPK sebagai kado HUT Kemerdekaan RI di tahun 2022 aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Semoga Pemerintah juga memperhatikan teman-teman Tenaga Kependidikan (Tendik).

      Agar bisa seimbang, dan bekerja sesuai tupoksinya masing-masing untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

      Tetap semangat, semoga berkah

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK