Sambutan Mendikbudristek Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

Pada postingan kali ini saya akan berbagi teks pidato / sambutan Menteri Pendidikan pada HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Pidato Upacara HUT 78 RI Mendikbud Tahun 2023
Ilustrasi Pidato Upacara HUT 78 RI Mendikbud Tahun 2023

Biasanya sambuatan atau pidato ini dibacakan oleh Kepala Sekolah selaku Pembina saat Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Bapak/Ibu Guru bisa mengunduhnya langsung di web resmi Kemendikbudristek, namun untuk sekalian saya ikut membaca maka saya posting di blog ini.

kop kemendikbudristek 2023

SAMBUTAN
MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
PADA UPACARA PERINGATAN
HARI ULANG TAHUN KE-78 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA
TAHUN 2023 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu, 

Saudara saudariku sebangsa dan setanah air,

Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir.

logo merdeka belajar merah hitam transparan


Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia. 



Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Hal tersebut didukung dengan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, di mana anak-anak kita mendapatkan kemerdekaan yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan fondasional. Melalui gerakan ini, kami mengajak para pendidik dan orang tua untuk memahami bahwa keberhasilan belajar anak usia dini tidak terbatas pada baca, tulis, hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan berkomunikasi, dan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. 



Didukung dengan Permendikbudristek tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan, semua warga sekolah semakin terjamin haknya untuk belajar, berkarya, dan bekerja dengan aman dan nyaman. Gotong royong semua pihak, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, warga satuan pendidikan, sampai keluarga, merupakan kunci dari penghapusan segala bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan.



Komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, program seleksi guru ASN PPPK juga terus diselenggarakan dengan mel ibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Berkat gotong royong ini, kita berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN PPPK, dan jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar. 

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Om shanti, shanti, shanti, om, 
Namo buddhaya. 

Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi


Nadiem Anwar Makarim




Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang mendapatkan tugas untuk menjadi Pembina Upacara.

Bagikan juga ke rekan Guru lain agar ikut mengetahui apa  yang ingin disampaikan Mendikbudristek yang berkaitan dengan Pendidikan di Indonesia.


Terima kasih.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/08/sambutan-mendikbudristek-pada-upacara-peringatan-hut-ke78-kemerdekaan-ri-tahun-2023
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Sambutan Mendikbudristek Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023"

Sahabat GTK