Buku Panduan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA

Daftar Isi

Halo Bapak/Ibu Guru Hebat... 

Dalam rangka melengkapi postingan tentang Kurikulum Merdeka yang saya coba rangkuman melalui blog sederhana ini. 

Bagi Bapak/Ibu Guru yang belum tahu bahwa pemerintaha telah meluncurkan secara resmi Kurikulum Merdeka. 

Panduan Proyek Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022

Kaitan dengan Projek Pelajar Pancasila, buku panduannya sudah ada bagi sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak.

Karena sudah resmi diluncurkan menggunakan nama Kurikulum Merdeka, pada tahun 2022 ini Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Bila sebelumnya panduan tentang projek Profil Pelajar Pancasila dibuat terpisah masing-masing jenjang, pada buku Panduan yang baru ini dijadikan satu lengkap dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA

Isinya sebenarnya tidak jauh berbeda, silahkan lihat pada postingan sebelumnya:  RAPORT PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA

Nah berikut ini saya cuplikaan beberapa hal yang ada pada buku Panduan ini, yang mana filenya saya lampiran di bagikan akhir tulisan. 

Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terbitnya Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini. Panduan ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek  penguatan profil pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan  Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter  sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. 

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat  penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila

Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul  projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dokumen profil pelajar Pancasila berisi  matriks perkembangan untuk setiap sub elemen dari fase PAUD hingga SMA/SMK

Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan  kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan temadan fase tertentu. 

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan  mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

Akhir kata, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh tim penyusun, penelaah dan kontributor, beserta tim Kurikulum Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, yang telah bekerja dengan sepenuh hati untuk menghasilkan sebuah panduan yang menginpisrasi. 

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Anindito Aditomo, Ph.D. 


Daftar Isi

  • iii Kata Pengantar
  • v Peta Konten Dalam Memahami Pengimplementasian  Kurikulum Merdeka
  • vi Daftar Isi
  • viii Langkah-Langkah Projek Profil
  • 1 Memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 1 Profil Pelajar Pancasila
    • 4 Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 5 Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 8 Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila
    • 10 Manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • 11 Menyiapkan Ekosistem Satuan Pendidikan
    • 11 Membangun budaya satuan pendidikan yang mendukung pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
    • 13 Memahami peran peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
    • 17 Mendorong Penguatan Kapasitas Pendidik dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • 20 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 23 Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 25 Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 27 Menentukan Dimensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 36 Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 42 Menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 48 Menentukan Tujuan Pembelajaran 
    • 56 Mengembangkan Topik, Alur Aktivitas, dan Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • 85 Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 85 Mengawali Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 87 Mengoptimalkan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 91 Menutup Rangkaian Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 94 Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra
  • 97 Mengolah Asesmen dan Melaporkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 97 Mengoleksi dan Mengolah Hasil Asesmen
    • 107 Menyusun Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • 117 Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 117 Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 118 Contoh Alat dan Metode Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 120 Peran Pengawas Satuan Pendidikan dalam Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • 121 Tindak Lanjut dan Keberlanjutan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • 123 Glosarium

Pemetaan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila

Pendidik dapat menentukan elemen dan sub elemen serta capaian fase yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.
Dimensi Elemen Subelemen

Beriman, bertakwa
kepada tuhan yang maha esa,
dan berakhlak mulia
   
Akhlak beragama   
   
Mengenal   dan mencintai Tuhan   Yang Maha Esa   
   
Pemahaman   agama/ kepercayaan   
   
Pelaksanaan ritual ibadah   
   
Akhlak pribadi   
   
Integritas   
   
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual   
   
Akhlak kepada manusia   
   
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan   
   
Berempati kepada orang   lain   
   
Akhlak kepada alam   
   
Memahami keterhubungan ekosistem Bumi   
   
Menjaga lingkungan alam sekitar   
   
Akhlak bernegara   
   
Melaksanakan hak dan kewajiban   sebagai warga negara Indonesia   
Dimensi
Elemen Subelemen
   
Berkebinekaan global   
   
Mengenal dan menghargai budaya   
   
Mendalami   budaya dan identitas budaya   
   
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta   praktiknya   
   
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya   
   
Komunikasi dan   interaksi antar budaya   
   
Berkomunikasi antar budaya   
   
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif   

Refleksi dan tanggung jawab terhadap
pengalaman kebinekaan
   
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan   
   
Menghilangkan stereotip dan prasangka   
   
Menyelaraskan perbedaan budaya   
   
Berkeadilan sosial   
   
Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan   
   
Berpartisipasi dalam proses   pengambilan keputusan bersama   
   
Memahami peran individu   dalam demokrasi   
   
Bergotong-royong   
   
Kolaborasi   
   
Kerja sama   
   
Komunikasi untuk mencapai tujuan   bersama   
   
Saling-ketergantungan positif   
   
Koordinasi sosial   
   
Kepedulian   
   
Tanggap terhadap lingkungan sosial   
   
Persepsi sosial   
   
Berbagi   
Dimensi Elemen Subelemen
   
Mandiri   
Pemahaman diri
dan situasi yang dihadapi
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Mengembangkan refleksi diri

Regulasi diri
Regulasi emosi
Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri
Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif
Mengajukan pertanyaan
   
Bernalar kritis   
Memperoleh dan memproses
informasi dan gagasan
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Menganalisis danmengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Fefleksi pemikiran
danproses berpikir
Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
   
Kreatif   
Menghasilkan gagasan yang orisinal
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan


Lihat video penjelasan bagaimana Dimensi Profil Pelajar Pancasila dikembangkan 


Buku Panduan Pengembangan Projek Pelajar Pancasila

Gambar Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Agar Anda lebih memahami tentang bagaimana Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila silahkan unduh file pdf di bawah ini.



Akhir Kata
Demikianlah yang bisa saya posting mengenai Buku Panduan Pengembangan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Tahun 2022


Demikian, bila dirasa bermanfaat bagikan juga ke rekan Guru.

Terima kasih

Sumber Referensi: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar