Buku Panduan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA
Halo Bapak/Ibu Guru Hebat...
Dalam rangka melengkapi postingan tentang Kurikulum Merdeka yang saya coba rangkuman melalui blog sederhana ini.
Bagi Bapak/Ibu Guru yang belum tahu bahwa pemerintaha telah meluncurkan secara resmi Kurikulum Merdeka.
Kaitan dengan Projek Pelajar Pancasila, buku panduannya sudah ada bagi sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak.
Karena sudah resmi diluncurkan menggunakan nama Kurikulum Merdeka, pada tahun 2022 ini Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Bila sebelumnya panduan tentang projek Profil Pelajar Pancasila dibuat terpisah masing-masing jenjang, pada buku Panduan yang baru ini dijadikan satu lengkap dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA.
Isinya sebenarnya tidak jauh berbeda, silahkan lihat pada postingan sebelumnya: RAPORT PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA
Nah berikut ini saya cuplikaan beberapa hal yang ada pada buku Panduan ini, yang mana filenya saya lampiran di bagikan akhir tulisan.
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terbitnya Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini. Panduan ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila
Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen dari fase PAUD hingga SMA/SMK.
Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan temadan fase tertentu.
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.
Akhir kata, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh tim penyusun, penelaah dan kontributor, beserta tim Kurikulum Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, yang telah bekerja dengan sepenuh hati untuk menghasilkan sebuah panduan yang menginpisrasi.
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Anindito Aditomo, Ph.D.
Daftar Isi
- iii Kata Pengantar
- v Peta Konten Dalam Memahami Pengimplementasian Kurikulum Merdeka
- vi Daftar Isi
- viii Langkah-Langkah Projek Profil
- 1 Memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 1 Profil Pelajar Pancasila
- 4 Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 5 Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 8 Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila
- 10 Manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila
- 11 Menyiapkan Ekosistem Satuan Pendidikan
- 11 Membangun budaya satuan pendidikan yang mendukung pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
- 13 Memahami peran peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
- 17 Mendorong Penguatan Kapasitas Pendidik dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 20 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 23 Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 25 Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 27 Menentukan Dimensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 36 Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 42 Menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 48 Menentukan Tujuan Pembelajaran
- 56 Mengembangkan Topik, Alur Aktivitas, dan Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 85 Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 85 Mengawali Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 87 Mengoptimalkan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 91 Menutup Rangkaian Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 94 Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra
- 97 Mengolah Asesmen dan Melaporkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 97 Mengoleksi dan Mengolah Hasil Asesmen
- 107 Menyusun Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 117 Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 117 Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 118 Contoh Alat dan Metode Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 120 Peran Pengawas Satuan Pendidikan dalam Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 121 Tindak Lanjut dan Keberlanjutan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- 123 Glosarium
Pemetaan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila
Dimensi | Elemen |
Subelemen |
---|---|---|
Beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia |
Akhlak beragama |
Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa |
Pemahaman agama/ kepercayaan |
||
Pelaksanaan ritual ibadah |
||
Akhlak pribadi |
Integritas |
|
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual |
||
Akhlak kepada manusia |
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan |
|
Berempati kepada orang lain |
||
Akhlak kepada alam |
Memahami keterhubungan ekosistem Bumi |
|
Menjaga lingkungan alam sekitar |
||
Akhlak bernegara |
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia |
Dimensi |
Elemen |
Subelemen |
---|---|---|
Berkebinekaan global |
Mengenal dan menghargai budaya |
Mendalami budaya dan identitas budaya |
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya |
||
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya |
||
Komunikasi dan interaksi antar budaya |
Berkomunikasi antar budaya |
|
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif |
||
Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan |
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan |
|
Menghilangkan stereotip dan prasangka |
||
Menyelaraskan perbedaan budaya |
||
Berkeadilan sosial |
Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan |
|
Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama |
||
Memahami peran individu dalam demokrasi |
||
Bergotong-royong |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
||
Saling-ketergantungan positif |
||
Koordinasi sosial |
||
Kepedulian |
Tanggap terhadap lingkungan sosial |
|
Persepsi sosial |
||
Berbagi |
Dimensi | Elemen |
Subelemen |
---|---|---|
Mandiri |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi |
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi |
Mengembangkan refleksi diri | ||
Regulasi diri |
Regulasi emosi | |
Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya | ||
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri | ||
Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri | ||
Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif | ||
Mengajukan pertanyaan | ||
Bernalar kritis |
Memperoleh
dan
memproses informasi dan gagasan |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan |
Menganalisis danmengevaluasi penalaran dan prosedurnya | ||
Fefleksi
pemikiran danproses berpikir |
Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri | |
Kreatif |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | ||
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan |
Posting Komentar
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.