P4TK IPA Adakan Diklat Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"
Daftar Isi
P4TK IPA mengadakanbdakan Pelatihan Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"
Didamba P4TK IPA |
P4TK IPA ini sering mengadakan diklat atapun pelatihan bersertifikat 36 JP kepada para Guru untuk meningkatkan kompetensinya.
Diklat atau pelatihan dilaksanakan secara luring maupun daring, yang mana P4TK IPA ini memiliki asrama dan ruang pelatihan yang sangat representatif.
Didamba adalah arkonim dari Diklat Daring Masif dan Terbuka.
Didamba adalah inovasi yang dilakukan PPPPTK IPA untuk memperluas jangkauan layanan bagi guru dan tenaga kependidikan IPA yang ingin meningkatkan kompetensinya.
Karena sifatnya online / daring, Didamba dapat diakses di mana saja dan kapan saja oleh peserta Program Didamba yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Didamba Angkatan 15
Saat tulisan ini di tulis P4TK IPA sedang akan melaksanakan Didamba angkatan ke-15.Berikut ini isi undangan Undangan Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke- 15.
Yth. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) IPA Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK Se-lndonesia
Dengan hormat kami sampaikan bahwa Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) akan melaksanakan "Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke-15" bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) IPA jenjang SD MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK. Diklat ini akan dilaksanakan selama 12 hari atau setara dengan 36 JP (pembelajaran berlangsung 3 JP/hari) yang akan berlangsung tanggal 11-23 April 2022.
Sehubungan dengan itu, kami mengundang PTK IPA jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK di seluruh Indonesia untuk mendaftar dan mengikuti diklat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Peserta adalah guru kelas SD/MI, guru IPA SMP/MTs, guru fisika, kimia, biologi SMA/MA dan SMK/MK (Alumni Didamba angkatan sebelumnya dapat mendaftar pada hari ke-3)
2. Peserta hanya diperkenankan memilih satu kelas Didamba.
3. Peserta berkomitmen dan bersungguh-sungguh mengikuti diklat secara aktif dari awal sampai akhir kegiatan.
4. Jumlah peserta setiap kelas 20-40 orang. Jika kuota pada suatu kelas sudah penuh, peserta dapat memilih kelas lain yang masih memungkinkan atau dapat mendaftar kembali pada Didamba angkatan selanjutnya.
5. Jika kelas tidak mencapai jumlah kuota minimum yang sudah ditetapkan, maka kelas tersebut tidak akan dibuka. Peserta yang sudah mendaftar pada kelas tersebut dapat mendaftar kembali pada Didamba angkatan berikutnya.
Selanjutnya, berkaitan dengan teknis pelaksanaan Didamba angkatan ke-15 kami sampaikan sebagai berikut.
1. Pendaftaran dan pembuatan akun peserta dilaksanakan pada tanggal 5-7 April 2022 (melalui laman http://simaddu.p4tkipa.net/
1. Pendaftaran dan pembuatan akun peserta dilaksanakan pada tanggal 5-7 April 2022 (melalui laman http://simaddu.p4tkipa.net/
Petunjuk pendaftaran dan pembuatan akun peserta dapat diakses melalui laman http://bit.ly/PanduanPendaftaranDidamba_Simaddu
2. Pengumuman peserta disampaikan pada tanggal 8 April 2022 pukul 09.00 WIB melalui laman Didamba ( https://didamba.p4tkipa.net/ ) dan website PPPPTK IPA ( https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/ ).
Pembukaan Didamba akan dilaksanakan pada tanggal 11 April 2022 pukul 13.00 WIB dengan tautan zoom yang diinformasikan di masing-masing kelas dan dapat disaksikan pada kanal youtube p4tkipa.
Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat diperoleh melalui Telegram Helpdesk Pendaftaran Didamba ( https://ringkas.kemdikbud.go.id/HelpdeskDidamba )
Cara Mendaftar Didamba P4TK IPA
Berikut ini tampilan screan shot mendaftar Didamba P4TK IPA melalui HP.
1. Registrasi Didamba
3. Berhasil mendaftar Didamba akan muncul username dan password
4. Username dan Password juga akan dikirimkan e-email5. Silahkan login ke apikasi Simaddu P4TK IPA tertebih dahulu untuk mendaftar Didamba Angkatan ke 156. Silahkan pilith Topik / Kelas / Materi yang ingin Anda pelajari
7. Berhasil mendaftar atau memilih kelas
8. Login LMS Didamba
9. Tampilan Login LMS Didamba10. Tampilan Dasboard LMS Didamba
Topik / Materi Yang Tersedia di Didamba
Ada banyak sekali Topik/Materi yang tersedia di diklat daring ini.
1. Pemanfaatan Teknologi/Media Digital dalam Pembelajaran IPA Berbasis Computational Thinking
2. Penggunaan Media Pembelajaran PhET pada Materi Energi SD dan SMP
3. Pemanfaatan Hypermedia iSpring untuk Pembelajaran IPA Interaktif
4. Desain PTM Terbatas dengan Flipped Classroom Terintegrasi LMS Moodle
5. Pemanfaatan Hypermedia dalam Pembelajaran IPA Berorientasi HOTS
6. Pemanfaatan Aplikasi Google dalam Pembelajaran IPA
7. Pembelajaran Fluida untuk Fisika
8. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja
9. Analisis dan Pengembangan Soal Berbasis Kompetensi Ilmiah Untuk SD
10. Suhu dan Kalor
11. Laboratorium Virtual Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
12. Pembelajaran Sistem Koloid Berbasis STEM
13. Pengembangan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dalam Konteks Sains untuk Guru SD
14. Penggunaan KIT IPA SD
15. Keterampilan Komunikasi Siswa Berbasis Keterampilan Proses IPA
16. Pemanfaatan Software Tracker dalam Pembelajaran IPA
17. Inkuiri di Masa Pandemik untuk Guru IPA
18. Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal
19. Membangun Kelas Online Interaktif dengan Google Classroom
20. Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di masa Pandemi COVID
21. Pedagogic Content Knowledge Berorientasi HOTS bagi Guru SD
22. Sayangi Bumi: PJJ STEM Bertema Lingkungan untuk Guru IPA
23. Stellarium: Media Pembelajaran Tata Surya
24. Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis STEM
25. Pemrograman Mikrokontroller dengan Wokwi.com, Solusi Belajar Pemrograman Berbasis Cloud Tanpa Aplikasi
26. Pengembangan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA
27. Pembelajaran Perubahan Lingkungan Berorientasi HOTS
28. Analisis dan Pengembangan Soal Pilihan Ganda Berbasis Kompetensi Ilmiah
29. Penggunaan Bahan Alami sebagai Indikator Asam Basa melalui Pembelajaran Siklus Belajar 5E
30. Sains Kebumian dan Kemaritiman untuk Sekolah Dasar
31. Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Sains SD
32. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Digital
33. Pengelolaan Laboratorium IPA
34. Diklat KTI bagi Guru IPA SMP
35. Teknologi Ramah Lingkungan: IPA SMP l Angkatan Master 2022
36. Misi Luar Angkasa: Pembelajaran Stoikiometri berbasis STEM
37. Pemanfaatan Whiteboard Animation dalam Pembelajaran IPA
38. Penggunaan LTSpice untuk Simulasi Rangkaian Listrik pada Pembelajaran Listrik Dinamis
39. Elektronika Dasar
40. Memahami STEM Melalui Dasar
41. Pembelajaran Kimia Berorientasi Argumentasi
42. Pembelajaran Berbasis Media Interaktif Virtual Lab Electricity Materi Listrik Dinamis SD dan SMP
43. Pengembangan Modul Hidrokarbon Berbasis Chemo
44. Pengembangan Soal Berbasis Literasi Sains
45. Belajar Gelombang “RAME" (Ragam Media)
46. Pengembangan E-Modul Materi Listrik SD Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS)
47. Pembelajaran Menggunakan Buku Panduan Guru (BPG) untuk Materi Sistem Ekskresi pada Manusia
48. Elastisitas dalam Model PBL
49. Pembelajaran Biologi di luar Kelas Berbasis Inkuiri
50. Pembelajaran Inovatif Abad 21 dengan Menerapkan Strategi Reflective Writing
51. Pembelajaran IPA Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
52. Pembelajaran Kimia Kontekstual pada Materi Laju Reaksi Berbasis Proyek
53. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD)
54. Belajar STEM dari Rumah
55. PBL dalam Sustainability Energy untuk Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan
56. Berpikir Sistem: Belajar Daur Air Berorientasi ESD
57. Merancang Praktikum IPA (Fisika) Berorientasi Kecapakan Hidup
58. Membumikan Pembelajaran IPA Berorientasi ESD (Education for Sustainable Development)
59. Implementasi Education For Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran Melalui STEAM Project
60. Pendidikan Lingkungan Hidup berbasis Project Base Learning (PBL)
61. Pengembangan Praktikum
62. Pembuatan Media Video dalam Pembelajaran IPA Berbasis Opensource Kdenlive
63. Desain Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka
64. English for Teaching Science
65. Penataan Laboratorium IPA
66. Sains dan Teknologi 4.0
67. Pengenalan Dasar dasar Kecerdasan Buatan
Didamba Menggunakan LMS Moodle
Didamba ini menggunakan platform Learning Manajemen Sistem (LMS) Moodle.Tulisan ini saya tulis karena saya sedang belajar tentang LMS Moodle, sehingga membuat lebih bersemangat lagi.
Lihat tulisan saya sebelumnya: CARA MENGERJAKAN LMS GURU BELAJAR SERI LITERASI NUMERASI
Akhir Kata
Demikianlah yang bisa kami posting mengenai P4TK IPA Adakan Diklat Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"Download Surat Resmi: Undangan Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke- 15.
Semoga Bapak/Ibu Guru dapat mengikuti Diklatnya dan mendapatkan sertifikat resmi 36 Jam Pelajaran (JP) yang dapat digunakan sebgai syarat kenaikan pangkat.
Gabung di Grup WhatsApp: [ di sini ]
Dan juga Semoga memberi semangat teman-teman yang juga sedang belajar tentang LMS.
Terima kasih
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.