Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

P4TK IPA Adakan Diklat Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"

P4TK IPA mengadakanbdakan Pelatihan Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) atau yang sering disebut dengan P4TK IPA berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020 mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang ilmu pengetahuan alam.

Didamba P4TK IPA
Didamba P4TK IPA



P4TK IPA ini sering mengadakan diklat atapun pelatihan bersertifikat 36 JP kepada para Guru untuk meningkatkan kompetensinya.

Diklat atau pelatihan dilaksanakan secara luring maupun daring, yang mana P4TK IPA ini memiliki asrama dan ruang pelatihan yang sangat representatif.

Didamba adalah arkonim dari Diklat Daring Masif dan Terbuka.

Didamba adalah inovasi yang dilakukan PPPPTK IPA untuk memperluas jangkauan layanan bagi guru dan tenaga kependidikan IPA yang ingin meningkatkan kompetensinya.

Karena sifatnya online / daring, Didamba dapat diakses di mana saja dan kapan saja oleh peserta Program Didamba yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Didamba Angkatan 15

Saat tulisan ini di tulis P4TK IPA sedang akan melaksanakan Didamba angkatan ke-15.

Berikut ini isi undangan Undangan Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke- 15.

Yth. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) IPA Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK Se-lndonesia

Dengan hormat kami sampaikan bahwa Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) akan melaksanakan "Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke-15" bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) IPA jenjang SD MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK. Diklat ini akan dilaksanakan selama 12 hari atau setara dengan 36 JP (pembelajaran berlangsung 3 JP/hari) yang akan berlangsung tanggal 11-23 April 2022.

Sehubungan dengan itu, kami mengundang PTK IPA jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MK di seluruh Indonesia untuk mendaftar dan mengikuti diklat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut.

1. Peserta adalah guru kelas SD/MI, guru IPA SMP/MTs, guru fisika, kimia, biologi SMA/MA dan SMK/MK (Alumni Didamba angkatan sebelumnya dapat mendaftar pada hari ke-3)

2. Peserta hanya diperkenankan memilih satu kelas Didamba.

3. Peserta berkomitmen dan bersungguh-sungguh mengikuti diklat secara aktif dari awal sampai akhir kegiatan.

4. Jumlah peserta setiap kelas 20-40 orang. Jika kuota pada suatu kelas sudah penuh, peserta dapat memilih kelas lain yang masih memungkinkan atau dapat mendaftar kembali pada Didamba angkatan selanjutnya.

5. Jika kelas tidak mencapai jumlah kuota minimum yang sudah ditetapkan, maka kelas tersebut tidak akan dibuka. Peserta yang sudah mendaftar pada kelas tersebut dapat mendaftar kembali pada Didamba angkatan berikutnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan teknis pelaksanaan Didamba angkatan ke-15 kami sampaikan sebagai berikut.
1. Pendaftaran dan pembuatan akun peserta dilaksanakan pada tanggal 5-7 April 2022 (melalui laman http://simaddu.p4tkipa.net/
 Petunjuk pendaftaran dan pembuatan akun peserta dapat diakses melalui laman http://bit.ly/PanduanPendaftaranDidamba_Simaddu

2. Pengumuman peserta disampaikan pada tanggal 8 April 2022 pukul 09.00 WIB melalui laman Didamba ( https://didamba.p4tkipa.net/ ) dan website PPPPTK IPA ( https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/ ).

Pembukaan Didamba akan dilaksanakan pada tanggal 11 April 2022 pukul 13.00 WIB dengan tautan zoom yang diinformasikan di masing-masing kelas dan dapat disaksikan pada kanal youtube p4tkipa.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat diperoleh melalui Telegram Helpdesk Pendaftaran Didamba ( https://ringkas.kemdikbud.go.id/HelpdeskDidamba )

Cara Mendaftar Didamba P4TK IPA

Berikut ini tampilan screan shot mendaftar Didamba P4TK IPA melalui HP.
1. Registrasi Didamba
Mendaftar Akun Didamba

2. Masukan email aktif saat mendaftar Didamba
Daftar Email Didamba
3. Berhasil mendaftar Didamba akan muncul username dan password
username password didamba
4. Username dan Password juga akan dikirimkan e-email
email masuk didamba
5. Silahkan login ke apikasi Simaddu P4TK IPA tertebih dahulu untuk mendaftar Didamba Angkatan ke 15

6. Silahkan pilith Topik / Kelas / Materi yang ingin Anda pelajari

7. Berhasil mendaftar atau memilih kelas

8. Login LMS Didamba
Login LMS Didamba
9. Tampilan Login LMS Didamba

10. Tampilan Dasboard LMS Didamba
Tampilan Dasboard Didamba

Bila kurang jelas silahkan baca pada pada: CARA MENDAFTAR DIDAMBA P4TK IPA MENGGUNAKAN HP

Topik / Materi Yang Tersedia di Didamba

Ada banyak sekali Topik/Materi yang tersedia di diklat daring ini.

Selain mendapatkan sertifikat untuk kenaikan pangkat, agar ilmunya bermanfaat dan dapat diterapkan di aktivitas mengajar Anda sehari-hari silah pilih yang cocok.


1. Pemanfaatan Teknologi/Media Digital dalam Pembelajaran IPA Berbasis Computational Thinking

2. Penggunaan Media Pembelajaran PhET pada Materi Energi SD dan SMP

3. Pemanfaatan Hypermedia iSpring untuk Pembelajaran IPA Interaktif

4. Desain PTM Terbatas dengan Flipped Classroom Terintegrasi LMS Moodle

5. Pemanfaatan Hypermedia dalam Pembelajaran IPA Berorientasi HOTS

6. Pemanfaatan Aplikasi Google dalam Pembelajaran IPA

7. Pembelajaran Fluida untuk Fisika

8. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja

9. Analisis dan Pengembangan Soal Berbasis Kompetensi Ilmiah Untuk SD

10. Suhu dan Kalor

11. Laboratorium Virtual Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup

12. Pembelajaran Sistem Koloid Berbasis STEM

13. Pengembangan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dalam Konteks Sains untuk Guru SD

14. Penggunaan KIT IPA SD

15. Keterampilan Komunikasi Siswa Berbasis Keterampilan Proses IPA

16. Pemanfaatan Software Tracker dalam Pembelajaran IPA

17. Inkuiri di Masa Pandemik untuk Guru IPA

18. Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal

19. Membangun Kelas Online Interaktif dengan Google Classroom

20. Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di masa Pandemi COVID

21. Pedagogic Content Knowledge Berorientasi HOTS bagi Guru SD

22. Sayangi Bumi: PJJ STEM Bertema Lingkungan untuk Guru IPA

23. Stellarium: Media Pembelajaran Tata Surya

24. Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis STEM

25. Pemrograman Mikrokontroller dengan Wokwi.com, Solusi Belajar Pemrograman Berbasis Cloud Tanpa Aplikasi

26. Pengembangan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA

27. Pembelajaran Perubahan Lingkungan Berorientasi HOTS

28. Analisis dan Pengembangan Soal Pilihan Ganda Berbasis Kompetensi Ilmiah

29. Penggunaan Bahan Alami sebagai Indikator Asam Basa melalui Pembelajaran Siklus Belajar 5E

30. Sains Kebumian dan Kemaritiman untuk Sekolah Dasar

31. Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Sains SD

32. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Digital

33. Pengelolaan Laboratorium IPA

34. Diklat KTI bagi Guru IPA SMP

35. Teknologi Ramah Lingkungan: IPA SMP l Angkatan Master 2022

36. Misi Luar Angkasa: Pembelajaran Stoikiometri berbasis STEM

37. Pemanfaatan Whiteboard Animation dalam Pembelajaran IPA

38. Penggunaan LTSpice untuk Simulasi Rangkaian Listrik pada Pembelajaran Listrik Dinamis

39. Elektronika Dasar

40. Memahami STEM Melalui Dasar

41. Pembelajaran Kimia Berorientasi Argumentasi

42. Pembelajaran Berbasis Media Interaktif Virtual Lab Electricity Materi Listrik Dinamis SD dan SMP

43. Pengembangan Modul Hidrokarbon Berbasis Chemo

44. Pengembangan Soal Berbasis Literasi Sains

45. Belajar Gelombang “RAME" (Ragam Media)

46. Pengembangan E-Modul Materi Listrik SD Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS)

47. Pembelajaran Menggunakan Buku Panduan Guru (BPG) untuk Materi Sistem Ekskresi pada Manusia


48. Elastisitas dalam Model PBL

49. Pembelajaran Biologi di luar Kelas Berbasis Inkuiri

50. Pembelajaran Inovatif Abad 21 dengan Menerapkan Strategi Reflective Writing

51. Pembelajaran IPA Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

52. Pembelajaran Kimia Kontekstual pada Materi Laju Reaksi Berbasis Proyek

53. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD)

54. Belajar STEM dari Rumah

55. PBL dalam Sustainability Energy untuk Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan

56. Berpikir Sistem: Belajar Daur Air Berorientasi ESD

57. Merancang Praktikum IPA (Fisika) Berorientasi Kecapakan Hidup

58. Membumikan Pembelajaran IPA Berorientasi ESD (Education for Sustainable Development)

59. Implementasi Education For Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran Melalui STEAM Project

60. Pendidikan Lingkungan Hidup berbasis Project Base Learning (PBL)

61. Pengembangan Praktikum

62. Pembuatan Media Video dalam Pembelajaran IPA Berbasis Opensource Kdenlive

63. Desain Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka

64. English for Teaching Science

65. Penataan Laboratorium IPA

66. Sains dan Teknologi 4.0

67. Pengenalan Dasar dasar Kecerdasan Buatan

Didamba Menggunakan LMS Moodle

Didamba ini menggunakan platform Learning Manajemen Sistem (LMS) Moodle.

Tulisan ini saya tulis karena saya sedang belajar tentang LMS Moodle, sehingga membuat lebih bersemangat lagi.

Lihat tulisan saya sebelumnya: CARA MENGERJAKAN LMS GURU BELAJAR SERI LITERASI NUMERASI

Akhir Kata

Demikianlah yang bisa kami posting mengenai P4TK IPA Adakan Diklat Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba"

Download Surat Resmi: Undangan Diklat Daring, Masif, dan Terbuka (Didamba) Angkatan Ke- 15.

Semoga Bapak/Ibu Guru dapat mengikuti Diklatnya dan mendapatkan sertifikat resmi 36 Jam Pelajaran (JP) yang dapat digunakan sebgai syarat kenaikan pangkat. 

Gabung di Grup WhatsApp: [ di sini ]

Dan juga Semoga memberi semangat teman-teman yang juga sedang belajar tentang LMS.

Terima kasih
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "P4TK IPA Adakan Diklat Bersertifikat 36 JP melalui "Didamba""

  1. Semoga diberi kesempatan untuk bergabung dalam program Didamba

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.