Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Ubah Blogspot Jadi Domain sch.id

Untuk tutorial yang akan saya bagikan pada kesempatan ini adalah Cara Mudah Ubah Blogspot Jadi Domain sch.id.

Hanya dengan menggunakan Blogspot / Blogger, Anda sudah bisa membuat website sekolah yang tentu saja tetap terlihat profesional meskipun blogspot itu gratis.

Cara ubah blogspot domain sch id
ubah blogspot domain sch id

Anda hanya perlu sewa domain, singkatnya domain adalah alamat website. Adapun domain sch.id adalah alamat resmi website untuk sekolah, alamat domain ini dikelola oleh Registri Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Bila Anda ingin membuat website sekolah menggunakan domain sch id, maka perlu di persiapkan beberapa hal yang telah saya bagikan pada postingan sebelumnya: CARA MUDAH MEMBUAT WEB SEKOLAH UNTUK PEMULA MENGGUNAKAN BLOGGER

Cara Ubah Alamat Blogspot Menjadi Domain sch.id

Adapun untuk tutorialnya silahkan ikut langkah-langkah dibawah ini secara berurutan, dan tidak perlu tergesa-gesa.

1. Silahkan buka menu "Domain" pada layanan jasa domain / hosting yang Anda Gunakan. Di sini saya menggunakan Domainesia , pilih pada domain sch.id atau yang akan diseting ke blogspot.

Domain Domainesia


2. Lanjut ke menu "Nameserver", pilih setingan "Use default nameservers" --- simpan "Change Nameservers" 

Nameservers Domainesia


3. Setelah itu lanjut ke menu "Settings" --- "Blogger Settings"



4. Anda akan diminta untuk measukan bebera kode yaitu, Host Form Blogger dan Unique record (CNAME) from Blogger. 

Copykan Kode dari Blogger


5. Untuk melihat kode tersebut pada langkah nomor 4, kita masuk ke laman blogger menu "Setelen" --- "Domain kustom" --- masukan domain sch.id sekolah Anda, jangan lupa tuliskan beserta www --- "Simpan" 
domain costume sch id blogger

6. Silahkan copy paste kode yang didapatkan di langkah nomor 4 tadi, untuk memverifikasi kewenangan domain. Jika sudah masukan kodenya, "Simpan"

verifikasi kewenangan domain

7. Selanjutnya aktifkan juga alihkan domain hingga www, dan aktifkan juga ketersediaan HTTPS agar lebih aman dan bisa dibuka di semua web browser. 

aktifkan www dan https blogger

8. Sekarang kita juga buka link domain sch id sekolah Anda, perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan konfigurasi ini, mungkin Anda akan ditampilkan seperti ini. 404. That’s an error. The requested URL / was not found on this serverThat’s all we know. atau bisa juga muncul This site can’t be reached


9. Setelah menunggu beberapa waktu website sekolah Anda yang tadinya menggunakan blogspot sudah berubah menjadi domain resmi sekolah yaitu sch.id


Demikian tutorial praktis ini, Cara Mudah Ubah Blogspot/ Blogger Menjadi Alamat Domain sch.id. 

Selain sebagai media profil sekolah maupun promosi eksistensi sekolah, mari kita pergunakan atau maskimalkan website sekolah sebagai media pendidikan.

Lihat juga:  Cara Mudah Mengubah Alamat Google Sites Menjadi Domain Sendiri

Bila ada yang ingin bertanya atau masih belum berhasil cara seting domain sch id bisa langsung di kotak komentar atau menuju laman Contact

Semoga bermafaat...

Sumber Referensi: https://pandi.id/ 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Ubah Blogspot Jadi Domain sch.id"