Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA CEPAT EDIT RPP DI MICROSOFT WORD MENGGUNAN AUTOCORRECT

Pada kesempatan ini saya akan berbagai tips Cara Cepat Edit Perangkat Pembelajaran Khususnya RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran) di aplikasi Microsoft Word. 

Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Pembelajaran merupakan hal yang perlu dipersiapkan oleh Guru dalam melaksanakan proses Belajar Mengajar.

Edit RPP Cepat Otomatis
Cara Cepat Edit RPP Cepat Otomatis

Kalau pada sebelumnya saya telah berbagi CARA CEPAT EDIT RPP MS. WORD MENGGUNAKAN FITUR REPLACE namun cara tersebut kurang efektif. Hal ini karena file-file administrasi pembelajaran khususnya RPP yang banyak dibagikan di internet filenya terpisah-pisah.

Tidak seperti kurikulum 2006 yang mana file RPP dibagikan secara lengkap satu semester dalam satu file, namun RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 banyak dibagikan secara terpisah setiap Pembelajaran satu File

Untuk itu kita gunakan cara lain yang lebih cepat dan efektif untuk edit Administrasi Perangkat Pembelajaran RPP menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi pengolah kata Microsoft Word

Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya.

A. Menggunakan Fitur AutoCorecct Microsoft Word.

Autocorrect adalah fitur yang ada di Microsoft Office Word untuk memperbaiki kesalahaan ejaan saat kita mengetik. 

Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempercepat pengetikan seperti Nama Sekolah, Nama Guru Otomatis Beserta Gelar, Nama Kepala Sekolah Otomatis Beserta Gelar, serta NIP. Jadi kita cukup ketik nama panggilan dan ketika di spasi akan otomatis lengkap.

Untuk mengaktifkanya caranya sebagai berikut.

1. "File" atau logo office jika masih menggunakan office 2007 --- "Proofing" --- "AutoCorrect Options"

Auto Correct Options Ms Word

2. Jika sudah masukan kata yang akan diganti pada kolom "Replace" dan isikan kata yang akan ditampilkan/dimunculkan secara otomatis pada kolom "With", jika sudah "Add". Disini saya ingin mengganti otomatis nama: Nir Singgih menjadi Nir Singgih Purwantio, S.Pd. 

ganti nama gelar otomatis

3. Untuk mempercepat edit RPP kata yang bisa kita ganti secara otomatis dan cepat misalkan Nama Sekolah, Nama Guru, Nama Kepala Sekolah, NIP Guru, NIP Kepala Sekolah, Tempat Kabupaten / Kota.

edit rpp cepat

4. Lalu untuk menggunakannya, cukup ketik kata yang telah kita seting tadi kemudian tekan "Spasi" maka otomatis kata tersebut akan muncul. Mudah bukan?

cara edit rpp cepat otomatis


B. Menggunakan Fitur Clipboard

Fitur menu "Clipboard" ini akan menampilkan apa saja yang telah di copy, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan "Copy" secara berulang, kita hanya perlu malakukan "Paste".

1. Untuk memunculkan menu ini silahkan ke menu "Home" --- "Clipboard" 

clipboard ms word

2. Untuk melakukan "Paste" klik kanan pada teks yang ingin di paste.

paste cepat

3. Bagimana mudah bukan?


C. Penutup

Demikianlah tutorial yang bisa kami bagikan tentang bagaimana cara cepat edit perangkat / administrasi pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelelajar (RPP) di aplikasi pengolah kata Microsoft Word menggunakan fitur Autocorrect

Anda sedang mencari Administrasi Perangkat Pembelajaran?

Langsung saja: 3 SITUS DOWNLOAD ADMINISTRASI GURU GRATIS DAN TERLENGKAP 

Bila tutorial ini kurang jelas, bisa ditanyakan melalui kotak komentar yang tersedia. 

Semoga bermanfaat ya... bagikan juga tips ini ke rekan Bapak/Ibu Guru..

Posting Komentar untuk "CARA CEPAT EDIT RPP DI MICROSOFT WORD MENGGUNAN AUTOCORRECT"