Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah

Pada postingan ini saya akan bagikan beberapa buku pedoman perpustakaan sekolah yang dapat Anda download dan pelajari untuk keperluan pengembangan perpustakaaan di Sekolah.

Perpustakaan Sekolah meliliki peranan penting dalam meningkatkan budaya literasi. Pengelolaan Perpustakaan yang baik tentu akan dapat membantu meningkatkan literasi dan akan meningkatkan prestasi siswa dan sekolah.

Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah
Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah

Kebijakan tentang perpustakaan sekolah termuat dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kebijakan tentang perpustakaan juga termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tahun 2013 tentang perubahan atas PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya pada pasal 42.

Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang penting bagi para  Guru dan Tenaga Kependidikan, serta siswa dalam memperolah kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dan wawasan dengan membaca di perpustakaan sekolah.

Buku Pedoman Perpustakaan akan membantu mewujudkan perpustakaan sekolah yang sesuai dengan standar yang ada dan akan mudah untuk dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Download Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah

1. Buku Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah oleh Perpusnas

Perpustakaan Nasional sebagai institusi pembina semua jenis perpustakaan berkewajiban untuk mewujudkan pedoman penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Buku Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah ini memuat uraian tentang organisasi perpustakaan, sumber daya manusia, koleksi, sarana dan prasarana, serta cara bagaimana mendayagunakan Perpustakaan Sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar. 

Pedoman Perpustakaan Perpusnas

Pada Buku ini juga dijelaskan tentang Akreditasi Perpustakaan

[ DOWNLOAD


2. Panduan Pemanfaatan dan Pegembangan Perpustakaan SD

Buku Panduan ini diterbitkan oleh Dit PSD Ditjend Dikdasmen Kemdikbud Tahun 2016.

Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. 

Terkait dengan hal tersebut maka pemanfaatan perpustakaan sekolah perlu mendapatkan perhatian khusus agar dapat dioptimalkan oleh seluruh warga sekolah.

Selain itu, untuk mendekatkan perpustakaan sekolah kepada peserta didik, menumbuhkan budaya literasi, dan meningkatkan mutu pembelajaran, setiap sekolah dasar perlu membuat sudut baca di kelas dan area baca sekolah.

Juara Perpustakaan SD

Untuk itu diperlukan penyusunan panduan pemanfaatan dan pengembangan perpustakaan, sudut baca kelas dan area baca sekolah di sekolah dasar sebagai acuan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam memanfaatkan dan mengembangkan perpustakaan, sudut baca kelas dan area baca sekolah. 

Panduan ini mengacu kepada undang-undang, peraturan, ketentuan, dan standar nasional di bidang pendidikan dan perpustakaan yang berlaku.

[ DOWNLOAD


3. Panduan Sudut Baca di Sekolah

Panduan Pemanfaatan dan Pegembangan Sudut Baca Kelas dan Area Baca Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar diterbitkan Dit PSD Ditjend Dikdasmen Kemdikbud Tahun 2016

Sudut baca kelas adalah suatu sudut atau tempat lain yang berada di dalam kelas yang digunakan untuk menata buku atau sumber belajar lainnya dalam rangka meningkatkan minat baca dan belajar peserta didik melalui kegiatan membaca yang menyenangkan.

Sudut Baca Sekolah

Sudut baca kelas bertujuan untuk mengenalkan peserta didik kepada beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan.

Sudut baca kelas juga merupakan upaya mendekatkan perpustakaan ke peserta didik. Sudut baca kelasdimanfaatkan secara optimal untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

[ DOWNLOAD


4. Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah 

Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah ini diterbitkan oleh Ditjend Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Tahun 2017.

Perpustakaan sekolah/madrasah merupakan bagian integral dari sekolah/madrasah yang menunjang keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran. 

SKP Tenaga Perpustakaan

Perpustakaan sekolah/madarsah harus memiliki kelengkapan terutama dalam hal tata bangunan dan fasilitas, peralatan, bahan, personil, dan sistem tata kelola yang memadai. 

Perpustakaan sekolah/madrasah perlu dikelola dengan baik agar dapat mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan, baik kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar. 

Selain itu perpustakaan sekolah/madrasah berfungsi sebagai pusat kegiatan pembelajaran, penelitian, kegiatan membaca/literasi, kegiatan literasi informasi, dan kegiatan kreatif, imajinatif, inspiratif dan menyenangkan (rekreatif).

Dalam rangka mewujudkan tenaga perpustakaan sekolah/madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut. 

Salah satu upaya untuk penguatan tersebut Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun panduan kerja danmenerbitkannya menjadi sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.

Panduan kerja ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala perpustakaan dan tenaga perpustakaan, baik yang berasal dari jalur pendidikan dan tenaga kependidikan, meliputi tenaga perpustakaan dan pustakawan.

[ DOWNLOAD ] 


Demikianlah yang bisa kami bagikan yaitu 4 Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah yang dapat dijadikan referensi bagaimana mengelola perpustakaan yang baik sehingga dapat meningkatkan budaya literasi dan meningkatkan prestasi sekolah.

Apabila ada link download yang eror silahkan beritahu kami agar dapat di perbaiki.

Bagikan juga ke rekan Anda, melaui tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih


Sumber / Referensi:

https://pustaka-digital.kemdikbud.go.id/slims/index.php?p=show_detail&id=2865

https://www.dadangjsn.com/2019/07/buku-panduan-kera-tenaga-perpustakaan.html

https://apk13sd.blogspot.com/2019/01/buku-panduan-perpustakaan-sd.html

Posting Komentar untuk "Download Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah"