Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENJALANKAN EXAMBROWSER ANBK TANPA MEMATIKAN ANTIVIRUS

Tahun 2021 ini, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)  adalah kegiatan yang cukup menguras energi untuk teman-teman Proktor ANBK / Operator Sekolah Khususnya di jenjang SD.

Exambrowser ANBK tanpa Mematikan Antivirus
Exambrowser ANBK tanpa Mematikan Antivirus

Banyak jenjang SD yang belum memiliki kesiapan Sarana Prasarana untuk melaksanakan kegiatan ANBK. Namun saya sangat salut kepada teman-teman proktor SD yang selalu bersemangat dan belajar hal-hal baru tentang dunia IT.

Exambrowser ANBK merupakan aplikasi yang berguna untuk melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Dengan Aplikasi ini siswa akan mengerjakan soal-soal AKM yang hanya dapat efisien bila menggunakan komputer tidak menggunakan kertas.

Namun ada sedikit masalah yang dapat menghambat ANBK yaitu ketika Exambrowser di ekstrak atau diinstal akan terdeteksi sebagai virus.


Yang membuat gregetan kadang setelah diinstal masih bisa digunakan, namun esoknya exambroser sudah tidak bisa buka atau dimakan antivirus, hehehehe, laper mungkin ya...

Untuk mengatasi hal ini cara paling mudah adalah mematikan antivirus, namun di laptop keluaran sekarang khususnya windows defender tentunya akan berupasa semaksimal mungkin melindungi penggunanya, sehingga exambrowsernya.exe dimakan lagi.


Untuk itu kita perlu melakukan seting tanpa mematikan atau bahkan menghapus antivirus.

Seting Antivirus untuk Exclusions Exambrowser ANBK

1. Buat folder baru / folder kosong dengan nama folder "EXAMBROSER ANBK" atau apapun terserah Anda yang penting tahu kalau folder tersebut untuk instal atau ekstrak aplikasi Exambroser ANBK. Anda juga bisa membuat folder ini langsung di dekstop, namun saya lebih suka membuatnya di Drive C.

Buat Folder Exambrowser

2. Sebelum Anda instal/esktrak Exambrowser ANBK silahkan terlebih dahlu pergi ke menu "Setting" --- "Update & security"

Seting - update security

3. Kemudian cari menu "Windows Defender" --- "Exclusions" --- "Add an exclusions" . Exclusions jika diartikan ke bahasa Indonesia yaitu Pengecualian

Windows Defender ad Exclusion

4. Pilih "Excluder a folder" --- cari folder "Exambroser ANBK" --- lanjut klik "Excluder this folder"

exclude folder exambroser anbk

5. Selesai, Sekarang Anda bisa melanjutkan instal / ekstrak exambroser ANBK tanpa khawatir akan di makan / di blokir Antivirus khususnya windowser defender

Ekstrak Exambrowser ANBK

Lebih lengkap bahasan tentang Exambrowser ANBK ada di postingan: Cara Menggunakan Exambrowser ANBK Asesmen Nasional

Untuk tampilan Windows Defender terbaru agak berbeda, namun intinya tetap sama silahkan cari menu "exclusions" pada "Menu VIRUS & THREAT PROTECTION"


Lalu bagaimana dengan cara seting kalau pakai Antivirus lain agar juga tidak memblokir/ memakan Exambroser ANBK?

Pada dasarnya caranya sama, di setiap Antivirus ada fitur pengecualian. Anda bisa langsung cek di bagian menu antivirus yang Anda gunakan.

Gambar dibawah ini merupakan tampilkan fitur pengecualian scan pada Antivirus Smadav.

Seting Smadav Exambroser ANBK

Silahkan buka menu "Setting" --- "Scaner Setting" --- "Manage" --- "Add Folder" kemudian pilih folder Exbrowser ANBK atau yang telah dibuat

Namun sayangnya fitur pengecualian folder pada antivirus smadav hanya tersedia di versi Pro


Demikianlah cara agar aplikasi Exambrowser dapat berjalan tanpa mematikan bahkan menghapus aplikasi Antivirus.

Karena kembali lagi penting atau tidak Antivirus berguna untuk mengindari laptop kita error dan menjaga agar file-file penting kita tidak dihapus virus/program jahat.

Apalagi kebanyakan pelaksanaan ANBK di jenjang SD banyak menggunakan Laptop pinjaman baik dari siswa, wali murid, maupun sekolah lain.

Semoga tutorial ini bermanfaat, dan share juga ke teman-teman proktor bila mana informasi ini penting untuk diketahui. 

Anda punya tips lain seputar topik sampaikan dikotak komentar ya...

Terima kasih.

Posting Komentar untuk " CARA MENJALANKAN EXAMBROWSER ANBK TANPA MEMATIKAN ANTIVIRUS"