Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Exambrowser UBKD

Hai, salam pendidikan... salam merdeka belajar... 

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara menggunakan aplikasi ExamBrowser untuk pelaksanaan UBKD pada asesmen nasional tahun 2021 mendatang.

Artikel ini saya buat untuk Anda yang mungkin saat ini sebagai peserta simulasi UBKD maupun proktor asesmen nasional. Namun tidak hanya itu semoga juga berguna bagi Bapak/Ibu Guru maupun yang menjadi peserta sasaran Asesmen Nasional Tahun 2021.

Cara Menggunakan Exambrowser UBKD

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Asesmen Nasional (AN) dan apa itu aplikasi Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD), silahkan tengok pada artikel yang sudah saya buat sebelumnya:  ASESMEN NASIONAL MENGGUNAKAN APLIKASI UBKD


Baik, kita kembali ke topik bahasan bagimana cara menggunakan ataupun pengoperasian aplikasi ExamBrowser untuk pelaksaan UBKD.


A. Download Aplikasi Exambrowser UBKD  Terbaru

Untuk melaksanakan UBKD, tidak memerlukan proses installasi aplikasi yang rumit. Ini dikarenakan UBKD bersifat full online, sekolah cukup mendownload aplikasi ExamBrowser untuk UBKD

 

1.  Silahkan Anda download aplikasi ExcamBrowser UBKD Versi terbaru melalui halaman: https://unbk.kemdikbud.go.id/ubkd/

2. Download file ExamBrowser yang sesuai dengan versi windows yang Anda gunakan, untuk saat ini adalah ExamBrowser_20.0515_64Bit.zip untuk windows versi 64bit dan ExamBrowser_20.0515_32Bit.zip untuk windows versi 32bit.

3. Ekstrak file ExamBrowser yang telah Anda download, "klik kanan" --- "Ekstrak Here".

4. Untuk mempermudah membuka aplikasi, cari file yang bernama ExamBrowser.exe, klik kanan --- "send to dekstop". Ini berguna agar aplikasi langsung tampil atau bisa langsung dibuka melakui dekstop/layar depan. 


B. Cara Mengerjakan Soal Aplikasi UBKD

1. Untuk menjalankan aplikasi, double klik ExamBorwser.exe, maka akan muncul tampilan login UBKD. Silahkan masukan Username dan Password Peserta UBKD.

2. Setelah Anda berhasil login, maka akan ditampilkan halaman konfirmasi Peserta. Halaman ini berisi identitas diri, token, dan informasi tes yang akan dikerjakan. 

3. Masukan token ujian Anda, kemudian --- "Submit"

masukan token UBKD

4. Selanjutnya Anda, peserta UBKD akan masuk ke halaman konfirmasi tes yang akan dikerjakan, klik "MULAI"  Akan ada beberapa Sub Tes: Sub Tes 1, Sub Tes 2. Anda harus klik "Mulai" disetiap subtes

mulai ubkd

5. Setelah masuk ke halaman UBKD, ada bebera hal yang harus diperhatikan dalam mengerjakan soal yaitu:

mengerjakan UBKD

a. "Waktu tes" akan mulai berjalan, peserta dapat melihatnya  pada bagian atas kanan laman soal.

b. Pada sebelah kanan waktu tes, ada tombol "Daftar Soal", berguna untuk melompat dari satu nomor soal ke nomor soal lainya.

c. Cara untuk menjawab soal adalah dengan klik bulatan. Jika bentuk soal adalah pilihan ganda, anda bisa menekan langsung hurf A, B, C, atau D melaui keyboard.

d. Pada bagian bawah halaman soal terdapat tombol "Soal Sebelumnya", "Soal Berikutnya", dan "Tombol Ragu-ragu". Tombol ragu-ragu berguna untuk menandai jawaban yang akan dilihat kembali nanti.

6. Tombol "Logout" terdapat dipojok kanan atas, yang fungsinya untuk keluar dari Halaman soal UBKD. Jika Anda/Peserta keluar dengan mengklik tombol logout atau sebab lain, maka waktu pengerjaan soal akan berhenti dan bisa dilanjutkan kembali setelah peserta kembali login.

7. Ada dua kondisi peserta mengakhiri UBKD

a. Jika waktu tes/UBKD sudah habis, peserta akan masuk konfirmasi tes subtes berikutnya, atau otomatis masuk ke halaman konfiramsi tes selesai jika sudah berada di subtes terakhir.

b. Jika waktu masih tersisa, tetapi peserta ingin mengakhiri tes, dapat mengklik tombol "Selesai" di soal terakhir dan menyetujui untuk mengakhiri tes tiap subtest UBKD  dengan klik untuk mencetang konfirmasi seperti gambar dibawah ini. 

konfirmasi selesai ubkd


c. "Tombol selesai" di soal terakhir akan aktif/muncul setelah waktu tes berjalan 10 menit untuk setiap subtes.


d. Akan ada beberapa sub tes, anda harus mengakhiri di setiap sub tes untuk bisa melanjutkan ke subtes berikutnya.


8.  Setelah menyelesaikan SUBTES 1, Anda akan masuk ke halaman konfirmasi SUBTES 2. Pada awalnya tombol mulai akan berwarna merah dan tidak bisa di klik. Setelah 1-2 menit, otomatis akan berubah menjadi warna Biru dan tombol mulai dapat di klik untuk masuk ke halaman soal berikutnya.

tombol mulai ubkd berwarna merah

9. Cara mengerjakan soal UBKD pada subtes 2, dan subtes 3, sama dengan proses pengerjaan soal pada subtes 1. (Lihat poin nomor 5)

10. Pada subtes 3 atau terakhir, setelah menyelesaikan tes, peserta akan masuk ke halaman konfirmasi tes. Pada halaman ini terdapat tombol "Siman" dan informasi skor jika menu skor dibuka oleh Admin. Setelah tombol disimpan maka UBKD selesai, dan akan ditampilkan halaman login.

tombol simpan ubkd


C. Error Aplikasi UBKD dan Solusinya

Beberapa kendala atau error  mungkin dihadapi dalam proses UBKD. Berikut ini hal error yang sering terjadi dan bagaimana solusi mengatasinya.

1. Reset Peserta

Tidak bisa login UBKD dengan keterangan "Maaf username Anda sedang aktif. Silahkan Hubungi proktor untuk mereset status login Anda"

reset login ubkd


a. Reset peserta dilakukaan saat peserta keluar dari aplikasi tes dengan tidak normal karena mati listrik, komputer hang atau macet, atau juga karena jaringan koneksi internet yang terputus.

b. Peserta dapat meminta "Reset Peserta" dengan cara memasukan kembali username dan password setelah mengalami logout tidak normal.

c. Tombol reset peserta akan muncul saat peserta mengklik tombol "Login"

d. Silahkan klik tombol "Reset Peserta" dan menunggu 1 menit untuk bisa login kembali.


2. Username Belum Diaktifkan

Tidak bisa login UBKD muncul keterangan "Maaf, Username anda belum diaktifkan". Notifikasi ini muncul karena melakukan login saat belum memasuki waktu ujian yang telah ditetapkan. Solusinya lihat info jadwal UBKD.

username ubkd belum aktif



3. Anda Sudah Menyelesaikan Tes

Hal lain tidak bisa login UBKD adalah muncul keterangan "Anda sudah menyelesaikan tes." Hal ini muncul karena peserta sudah menyelesaikan seluruh tes. Setiap peserta hanya bisa mengerjakan tes 1 kali saja.

sudah menyelesaikan ubkd


4. Error Resolusi Layar.

Error resolusi layar muncul saat menjalankan ExamBrowser UBKD. Hal ini dikarenakan resolusi layar tidak sesuai dengan ketentuan minimal resolusi 1366x768. Solusinya silahkan atur atau seting resolusi layar sesuai dengan ketentuan. Jika menggunakan windows 10, atur resolusi melalui menu "Seting" --- "System" --- "Display Resolution"


5. Error Newtork Disconnect.

Aplikasi UBKD adalah full online, maka koneksi internet harus lancar dan tidak putus-putus. Untuk mengatasi error ini, pastikan jaringan internet yang stabil untuk melaksanakan UBKD. Anda bisa cek koneksi internet dengan cara ping.


6. Tidak Bisa Menutup Aplikasi UBKD.

Aplikasi ExamBrowser UBKD memang dirancang agar pelaksaan ujian dapat berlangsung dengan jujur tanpa kecurangan. Sehingga ketika sudah menjalankan/membuka aplikasi UBKD maka secara otomatis tidak bisa membuka aplikasi lainnya, bahkan aplikasi UBKD tidak ada tombol close. Lalu bagaimana cara menutup aplikasi ini tanpa melakukan restart laptop? silahkan tekan tombol kombinasi CTRL + C + B secara bersamaan.

tombol cara tutup ubkd

7. Tidak Bisa Membuka Aplikasi Exambrowser UBKD

Ketika akan membuka atau menjalankan aplikasi Exambrowser UBKD tidak mau dibuka atau error, hal ini banyak terjadi karena diblokir oleh keamanan Anti Virus yang terinstal di komputer/laptop. Solusinya silahkan nonaktifkan dulu antivirusnya, atau jika tetap tidak bisa terpaksa sementara uninstall/copot/hapus dulu antivirusnya ketika laptop digunakan untuk UBKD.

Hal yang wajar jika antivirus memblokir aplikasi Exambrowser karena ada beberapa jalur tentang keamanan yang digunakan, menurut saya seperti aktifitas yang mana dapat mengakses webcam yang datanya dikirimkan ke server.

Peunutup

Demikianlah yang bisa saya tulis pada artikel kali ini tentang download Exambroser UBKD, cara mengerjakan soal UBKD, serta error aplikasi UBKD beserta solusi cara mengatasinya. 

Semoga berguna bagi Anda, baik sebagai Proktor, Peserta UBKD, terkhususnya bagi Bapak/Ibu Guru yang ikut sebagai peserta Simulasi UBKD yang tentunya sebagai bentuk persiapan matang, hingga saatnya pelaksaan UBKD Asesmen Nasional dapat berjalan lancar.

Ada pertanyaan/kritik/saran/komentar? silahkan memalui kotak komentar. Terima kasih.

Salam merdeka belajar....

3 komentar untuk "Cara Menggunakan Exambrowser UBKD"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.