Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak Karu Anggota Perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS

Aplikasi Perpustakaan SLiMS memang memiliki fitur yang sangat lengkap diantaranya fitur cetak kartu Anggota Perpustakaan.

Pada Postingan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana Cara Cetak Karu Anggota Perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS.

Cetak Kartu Anggota Perpustakaan SLIMS
Cara Cetak Kartu Anggota Perpustakaan SLIMS

Desain kartu pada yang disediakan pada aplikasi SLiMS juga sangat keren, sudah ada fitur Barcodenya

Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya...

A. Menambahkan Data Anggota 

Sebelum mencetak kartu tentunya harus menambahkan data Anggota Terlebih dahulu.

1. Peri ke Menu "Keanggotaan" --- "Tambah Anggota"

Tambah Anggota Perpus

2. Masukan data Anggota seperti Nama, Tanggal Lahir, Mulai Anggota, dll. Untuk ID Anggota akan lebih bagus menggunakan nomor NISN atau bisa juga Nomor Induk Siswa. Pada slims juga sudah tersedia untuk memasukan Foto baik itu dari Webcam langsung maupun upload file. "Simpan"  

3. Untuk mempercepat Anda juga dapat menggunakan fitur export import data anggota dari fomart .csv yang bisa dibuka menggunakan Microsoft Excel. Untuk mendapatkan formatnya silahkan entry beberapa data dahulu secara manual kemudian lakuka "Expor" data. Edit / tambahkandata menggunakan excel dan upload file menggunakan fitur "Impor". 

Apabila hasil import malah tidak beraturan datanya coba ganti pemisah ruas menggunakan tanda baca koma (,)


B. Cetak Kartu Anggota

1. Buka menu "Keanggotaan" --- "Pencetakaan Karu Anggota" --- pilih data yang akan di cetak --- "Tambahkan Dalam Antrian" --- "Cetak Kartu Anggota dari Data Terpilih"

cetak kartu anggota slims

2. Apabila Backgroud kartu anggota tidak muncul, silahkan lakukan pengaturan pada "More Setting" --- beri centang "Background graphics" 

bacground kartu anggota slims

3. Untuk mengatur tampilan kartu seperti nama perpustakaan, dan alamat perpustakan melaui menu "Pencetakan Kartu" --- "Setelah Cetak Kartu Anggota" --- "Kustomisasi"

pengaturan kartu anggota perpus

C. Cara Ganti Bakground Kartu 

Untuk cara ganti gambar background kartu dan tanda tangan kepala perpustakaan atau kepala sekolah langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke folder SLIMS, jika anda menggunakan hosting masuk ke file manager dan selanjutnya domain --- "files" --- "membercard" ---"classic" --- "images". Jika menggunakan local XAMPP\htdocs\SLiMS\files\membercard.

ganti backgroud tanda tangan kartu slims

2. Pada SLIMS 9 / Bulian versi terbaru backgroundnya sudah menggunakan format .svg namun kita bisa menggunakan format .png silahkan buat gambar backgroud dengan ukuran width="251" height="162" kemudian simpan dengan nama sesuai keingingan disini saya gunakan nama "sisi-belakang"

sisi belakang kartu slims

3. Selanjutnya kita ubah pada pengaturan "Kustomisasi" --- Gambar Sisi Belakang pilih sesuai yang telah diupload / dicopykan ke folder images tadi--- "Simpan Pengaturan"

gambar sisi belakang slims

4. Adapun untuk tanda tangan dan cap silahkan ganti file signature.png dan stamp.png


Demikianlah tutorial  Cara Cetak Karu Anggota Perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS

Lihat juga fiur SLIMS: Copy Katalog Buku Perpusnas Meringankan Pekerjaan Entry Data di SLiMS

Terima kasih...

Posting Komentar untuk " Cara Cetak Karu Anggota Perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS"