Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Copy Katalog Buku Perpusnas Meringankan Pekerjaan Entry Data di SLiMS

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi perpustakaan SLiMS sudah tahukah bahwa ada fitur copy katalog buku dari data Perpusnas RI?

Jika belum mari kita simak tutorial ini....
Copy Katalog Buku Perpusnas ke SLIMS

Pekerjaan mengentry data buku atau data bibliografi tentu akan mengurus waktu dan energi dan mungkin membosankan. Inilah faktor yang menjadikan penerapan penggunaa aplikasi tidak berjalan, padahal aplikasi perpustakaan SLiMS ini sangat canggih untuk pengelolaan perpustakaan.

Untuk mempercepat Entry data Blibliografi Buku pada SLiMS versi 9 / Bulian kita bisa menggunakan fitur copy data yang sudah disediakan di menu "Salin Katalog MARC SRU"

MARC singkatan dari Machine Raeadable Catalogue sudah ada sejak awal 1960an, dimulai tatkala Library of Congress menjajagi kemungkinan menggunakan teknik otomasi pada katalognya.

Setelah berusahaa beberapa tahun termasuk kerjasama dengan The British , muncullah MARC yang menjadi standar internasional untuk catuman katalog.

MARC kemudian ditiru oleh negara lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing dengan nama masing-masing seperti AUSMARC untuk Australia, ThaiMARC untuk Thailand UK MARC untuk Inggris.

Indonesia kemudian mengembangkan MARC yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia dengan nama IndoMARC

Perpustakaan Nasional  (Perpunas) mengembangkan dan menggunakan aplikasi yang bernama INLISLite yang juga mengikuti standar MARC.

Cara Copy Data Buku Perpusnas RI ke Aplikasi SLiMS

Dan berikut ini langkah-langkah mengcopy katalog buku dari data Perpusnas ke aplikasi SLIMS yang kita gunakan

1. Silahkan masuk ke menu Salin Katalog "Blibliografi" --- "Layanan MARC SRU" --- Peladen SRU "Perpustakaan Nasional RI" --- Ketikan kata kuci lalu --- "Cari"
salin katalog buku perpusnas

2. Disini saya mencoba mencari Buku Tematik Kurikulum 2013. Jika sudah ketemu siahkaan beri centang kemudian pilih "Simpan Cantuman MARC"
layanan marc slims

3. Kemudian Anda bisa di cek di "Daftar Bibliografi" apakah data buku telah disiman.Jika sudah silahkan lanjut untuk mengisi daftar exemplar jumlah buku yang tersedia di Perpustakaan Anda.
salin bibliografi dari perpusnas


4. Selesai. Cukup mudah bukan? namun perlu diketahui untuk bisa memanfaatkan fitur ini harus terkoneksi dengan internet.

Lihat juga video penggunaan "plugin Inlislite Copy Cataloging" yang bisa diunduh di https://github.com/heroesoebekti/inlislite_copy_cataloging





Sekian tutorial singkat ini, mudah-mudahan  bermanfaat bagi Anda khusus yang bertugas di Perpustakaan Sekolah. Tiap tahun sekolah akan mengadakan pembelian buku baru yang harus dimasukan di data koleksi perpustakaan.

Fitur Copy Katalog Buku Perpusnas Meringankan Pekerjaan Entry Data di SLiMS.

Fitur copy katalog ini juga bermafaat untuk pustakawan pemula yang ingin belajar bagaimana membuat katalog buku perpustakaan yang baik.

Terima kasih kami ucapkan untuk para pengembang aplikasi SLiMS dan Inslite


Sumber Referensi
https://slims.web.id/web/news/rilis-9.1.1/
https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8086
https://inlislite.perpusnas.go.id/?read=modulprogram

Posting Komentar untuk "Copy Katalog Buku Perpusnas Meringankan Pekerjaan Entry Data di SLiMS"