Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Operator Sekolah Menyetujui Verval Individu PD

Assalamualaikum Wr. Wb.

Haloo... Teman-teman Operator Sekolah (OPS) serta Operator Madrasah (OPM), semoga selalu dalam curahan berkah, nikmat sehat wal afiat... Amiin..

Cara Operator Sekolah Menyetujui Verval Individu PD
Cara Operator Sekolah Menyetujui Verval Individu PD

Baik, pada postingan kali ini saya akan sedikit sharing bagaimana sih cara operator sekolah menyetujui (approval) Verval Individu PD Siswa Kelas 6, 9, dan 12 yang dilakukan  mandiri oleh masing-masing siswa ataupun orang tua / wali siswa.

Intinya Verval Individu PD ini digunakan untuk data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat selanjutnya, yang mana berbasis zonasi. Kemendikbud sendiri telah menyediakan sebuah plaftorm aplikasi PPDB yang datanya terintegrasi ataupun dapat mengambil data secara langsung pada database Dapodik Kemendikbud. 

Melalui Verval PD Individu ini, Siswa ataupun Orang Tua memasukan dan melakukan pengecekan apakah data Nama dan NIK sudah sesuai dengan data pada Dukcapil.

Bagi teman-teman OPS dan OPM yang ingin tahu lebih lengkap apa sih Verval Individu PD itu? silahkan buka pada postingan sebelumnya:  VERVAL DATA INDIVIDU PESERTA DIDIK TAHUN 2021

Lalu bagaimana cara menyetujui atau melakukan persetujuan (approval) Verval Individu PD?

Cukup mudah kok, berikut ini langkah-langkahnya...

1. Buka link Verval PD NEW https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ login menggunakan akun sdm data 

login verval pd new 2

2. Masuk ke menu "Pengajuan" --- "Edit Identitas" --- "klik icon gambar/foto"

icon gambar pengajuan verval pd

3. Kemudian akan ditampilkan data apa saja yang diubah/diganti/diperbaharui, klik pada isian persetujuan "Disetujui" --- klik tombol "PROSES PERSETUJUAN" 

proses persetujuan verval individu pd

4. Namun jika dirasa ada yang masih keliru dalam pengajuan perubahan data, Operator sekolah dapat melakukan penolakan, pilih "Ditolak" --- isikan Keterangan Redaksi Penolakan: Data pengajuan tidak sesuai

verval individu pd ditolak

5. Nantinya setelah operator sekolah melakukan presetujuan atau aproval Verval Individu ini, pada login masing-masing Peserta Didik juga akan terncamtum apakah sudah disetujui atau ditolak. 

Keterangan: 

1. Sebagai operator sekolah ataupun operator madrasah, kita harus ekstra teliti tidak langsung bisa menyetujui.

2. Apabila Siswa atau Orang Tua / Wali siswa bisa melakukan Verval Individu PD secara mandiri tentu juga akan memberikan edukasi pentingnya sebuah data, sehingga peduli dengan datanya.

Contoh postingan tutorial:  CARA MUDAH VERVAL INDIVIDU PD SISWA KELAS 6,9,12 PAKAI HP

3. Pengisian NIK Orang Tua / Wali melaui Verval PD ini akan membantu Kemendikbud maupun Kemenag dalam melengkapi data-data.

4. Pengisian titik koordinat siswa sebagai dasar zonasi PPDB akan lebih akurat.

Demikian yang bisa saya tulis mengenai Cara Operator Sekolah / Operator Madrasah Menyetujui (Approval) Verval Individu PD Siswa Kelas 6 SD/MI, 9 SMP/MTs, dan 12 SMA/MA

Koreksi, saran, dan pertanyaan mengenai postingan ini, silahkan sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. 

Tetap semangat, semoga barokah...

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Posting Komentar untuk " Cara Operator Sekolah Menyetujui Verval Individu PD"