Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANDUAN LENGKAP UPDATE DAPODIK VERSI 2021.b

Halo apak kabar teman-teman operator sekolah, semoga selalu dalam curahan kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi sekaligus tutorial panduan lengkap cara update Dapodik versi 2021.b

Dapodik Versi 2021 b

Tanggal 20 November 2020 dapodik telah merilis versi terbarunya yaitu Dapodik Versi 2021.b melalui website resminya https://dapo.kemdikbud.go.id/. Bagi teman-teman Operator yang sudah lama berkecimpung di dunia perdapodikan tentu tidak merasa asing apa itu pembaharuan versi melaui patch. Namun bagi operator yang masih baru mungkin agak sedikit bingung cara update aplikasi dapodik, dan berikut saya buatkan tutorialnya spesial buat Anda.


Daftar Pembaruan Dapodik Versi 2021.b

Agar dapat memperlancar sekolah dalam memperbaharui data semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pengembang aplikasi membuat updater Dapodik 2021.b. Ini merupkan bentuk tindak lanjut dari laporan adanya celah error pada dapodik versi sebelumnya. 

rilis pembaharuan dapodik 2021 b


Dan berikut ini daftar perbaikan maupun Pembaruuan Dapodoik Versi 2021.b

1. Pembaruan Penambahan Nomor Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) dan Nomor Seri Ijazah untuk jenjang PKBM dan SKB. PKBM adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. SKB adalah Sanggar Kegiatan Belajar.

2. Pembaruan Penambahan validasi riwayat pendidikan formal berjenjang untuk GTK. Kemungkinan ini kaitanya dengan minimal ijazah S1 Bagi Guru

3. Menghilangkan isian lingkar kepala pada data rinci peserta didik untuk jenjang PKBM dan SKB. Seperti yang kita tahu bahwa dapodik ini digunakan untuk semua jenjang dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. 

4. Perbaikan Perbaikan proses penentuan role pengguna dan peran. Ada perbedaan hak akses akun operator, kepala sekolah, dan PTK.

5. Perbaikan Penambahan beberapa atribut pelengkap pada endpoint getGTK pada fitur web service. Menurt saya ini untuk keperluan tarik data dari aplikasi lain seperti PMP maupun Erapor, agar data lebih lengkap.

6. Perbaikan Perubahan proses bisnis ketika akan melakukan sinkronisasi (harus memiliki hak akses sebagai kepala sekolah). Jadi hanya akun Kepala Sekolah yang bisa melakukan sinkronisasi.

7. Perbaikan bugs saat penambahan/perubahan akun GTK untuk jenjang PAUD, PKBM, SKB, dan SD.

8. Perbaikan bugs pada saat menampilkan data pengguna di menu manajemen pengguna.

9. Perbaikan bugs rombel daring untuk jenjang PKBM dan SKB.

10. Perbaikan bugs saat penarikan data satuan pendidikan pada proses "tarik data".

11. Perbaikan bugs saat proses generate prefill nilai rapor.


Cara Update Dapodik Versi 2021.b

Silahkan simak langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan update/pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021.b. Santai saja ya... bisa siapkan minuman dan makanan ringan kesukaan Anda.

1. Anda tidak belu menghapus / uninstal Aplikasi Dapodik Versi Lama 2021.a

2. Silahkan download file updater Patch Dapodik 2021.b pada menu unduhan di web resmi https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

3. Jika tidak bisa download dapodik 2021.b padahal internet lancar kemungkinan di blokir oleh Webrowser / peramban Anda. Berikut ini contoh saya menggunakan Microsoft Edge, muncul keterangan Patch_Dapodik_2021.b.exe was blocked because it colud harm your device. Silahkan klik titik tiga -- "Keep"

tidak bisa download dapodik 2021b

4. Selanjutnya akan muncul tampilan This app might harm your device. Microsoft Defender SmartScreen reported that this app is not commonly downloaded; you shlould only open files trust. pilih "Show More" -- "Keep Anyway" 

dapodik diblokir keep anyway

5. Setelah terdownload, silahkan tutup semua aplikasi agar penginstalan updater Patch Dapodik 2021 dapat berjalan dengan lancar, tutup juga Browsernya.

6. Buka Patch_Dapodik_2021.b dengan cara klik kanan --- "Run As Administratior"

file patch dapodik 2021 b

7. Apabila muncul Windows protected your PC, silahkan klik "More" --- "Run anyway"

windows protected

8. Akan muncul kotak informasi Bagi sekolah yang telah berhasil melakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021, maka disarankan menggunakan Fresh Installer versi 2021. Terima kasih. Pilih "Yes"

install dapodik 2021b

9. Setelah itu akan muncul Selamat datang di instalasi Dapodik. Program ini akan memasang Dapodik versi 2021.b di komputer Anda. Disarankan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum melanjutkan. Klik Lanjut untuk melanjutkan, atau Batal untuk keluar dari Installasi. Pilih "Lanjut"

lanjut instal dapodik 2021b

10. Kemudian pilih "Saya Setuju" --- "Lanjut" 

setuju instal dapodik 2021b

11. Klik "Pasang" untuk melanjutkan...

pasang dapodik 2021b

12. Tunggu beberapa saat, hingga selesai. Saya memerlukan waktu sekitar 50 detik untuk mengupdate dapodik versi 2021b. 

selesai dapodik 2021b

13. Jika sudah silahkan buka Aplikasi Dapodiknya, dan tekan tombol CTRL + F5 untuk merefresh agar tampil versi terbaru.

dapodik versi 2021b

14. Aplikasi Dapodik Tahun Pelajaran 2020/2021 Ganjil (versi 2021.b) siap digunakan. 


Menu Sinkron Dapodik Versi 2021.b

Ketika Anda baru saja berhasil mengupdate versi 2021.b dan hendak melakukan sinkronisasi, namun ternyata menu sinkron tidak muncul, padahal sudah menggunakan akun kepala sekolah. Bagaimana ini.....? Mengapa menu sinkron tidak ada dan menghilang setelah diupdate 2021.b? santai... jangan panik. 

Menu Sinkron Dapodik 2021b tidak ada


Sebagaimana yang telah disebutkan tadi diawal bahwa ada perbaikan perubahan proses bisnis ketika akan melakukan sinkronisasi (harus memiliki hak akses sebagai kepala sekolah). Ada beberapa langkah pengaturan agar akun Kepala Sekolah dapat melakukan sinkronisasi, sebagai berikut


1. Silahkan Anda login sebagai akun operator, kemudian pilih menu "Pengaturan" --- "Manajemen Pengguna" --- masukan Kode Registrasi Sekolah --- "OK"

manajemen pengguna dapodik 2021b

2. Anda akan ditampilkan info grafis alur penentuan role pengguna dan peran. (GTK merangkap Operator Sekolah). Klik "Tutup" 

3. Selanjtunya pilih Nama Kepala Sekolah --- pada kolom sebelahnya, Hak Akses --- klik icon "Tambah" 

tambah hak akses

Keterangan: Apabila menu "Hak Akses" tidak muncul, silahkan lakukan clear history chace browser

4. Kemudian isi peran sebagai Kepala Sekolah, lanjut "Simpan"

hak akses peran kepala sekolah

5. Setelah itu coba Anda login sebagai kepala sekolah, bisa menggunakan tukar pengguna ataupun login langsung. Apakah menu sinkron sudah kembali dan muncul lagi?

6. Setelah login Anda akan diberi pilihan role pengguna, apakah ingin login sebagai peran Kepala Sekolah atau PTK. Jika mau sinkron silahkan pilih peran Kepala Sekolah.

role peran kepala sekolah

7. Menu "Sinkronisasi" Kepala Sekolah sudah muncul. 

menu sinkronisasi kepala sekolah

Demikian lah tentang Panduan lengkap cara update dapodik versi 2020b dari cara download, instal, dan memunculkan tombol sinkron kepala sekolah. Jika Ada yang belum jelas atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Menerima koreksi kritik dan saran...

Lihat juga:  8 CARA OPERATOR SEKOLAH AGAR LAPTOP TIDAK LEMOT

Terima kasih, tetap semangat teman-teman operator dapodik... sehat selalu..

1 komentar untuk " PANDUAN LENGKAP UPDATE DAPODIK VERSI 2021.b"

  1. Mengapa di Menu Pengguna Nama Kepala Sekolah Tidak Muncul, apa penyebabnya

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.