Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INFO GTK 2020 Sulit Diakses untuk Cek BSU

Halo teman teman Operator, Bapak/Ibu Guru, dan para Pembaca sekalian...

Semoga selalu dalam curahan nikmat dan kasih sayang dari yang Maha Kuasa

Pada saat tulisan ini dibuat, INFO GTK sangat sulit untuk diakses atau dibuka. Penyebabnya adalah karena banyaknya orang yang ingin membukanya. INFO GTK mulai sulit di akses sesaat setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia meluncurkan program Bantuan Subsidi Upah  (BSU) untuk Guru dan Tenaga Kependidikan yang masih berstatus honorer. 

INFO GTK 2020 Sulit di Akses untuk Cek BSU
Info GTK Sulit di Akses



Peluncuran program BSU ini disiarkan secara langsung pada hari Selasa, 17 November 2020 pukul 13.30 WIB melalui youtube, dengan judul Bantuan Subsidi Upah bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS di Lingkungan Kemendikbud 2020. Saat ini 407.989 kali ditonton.

Jika pada hari-hari biasa operator sekolah yang sering membuka INFO GTK, saat ini banyak pihak yang ikut membuka link INFO GTK, terutama Bapak / Ibu Guru yang belum PNS. Ini juga berbarengan dengan Verval Ijazah S1 INFO GTK untuk Guru Non-PNS

Membludaknya akses ke laman INFO GTK juga diperparah dengan link info GTK yang dishare diberbagai media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan yang lainnya. Tentu hal inilah yang membuat server INFO GTK menjadi error atau down.

INFO GTK menjadi penting untuk dibuka karena untuk melihat atau cek apakah sebagai nominasi penerima atau tidak. Selain itu agar BSU dapat dicairkan yang mana persyaratannya harus diunduh / didownload melalui login INFO GTK masing-masing. 

Tidak dipungkiri bantuan apresiasi dari Kemendikbud sebesar Rp 1.800.000,00 (Satu Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah) akan sangat membantu teman-teman Guru dan tenaga Kependidikan yang masih honorer. Semoga saya juga berharap masuk kedalam nomonasi bantuan BSU

Yang perlu di unduh pada INFO GTK yaitu printout lembar INFO GTK itu sendiri, kemudian Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM), serta Surat Keterangan Aktif Bertugas  (SKAB). Baca postingan sebelumnya:  Cara Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah Guru dan Operator

Beberapa masalah error atau sulit membuka INFO GTK yaitu proses loading yang lama, 502 Bad Gateway, serta tidak muncul captha saat akan login seperti gambar dibawah ini.
info gtk loading lama
Tampilan info gtk loading lama

info gtk 502 bad gateway
Tampilan info gtk 502 bad gateway



captha info gtk tidak muncul
Tampilan captha info gtk tidak muncul



Ada juga yang mengalami error INFO GTK
A Database Error Occurred
Error Number: 08S01/10054
[Microsoft][SQL Server Native Client 11.0]TCP Provider: An existing connection was forcibly closed by the remote host.
SELECT CASE WHEN (@@OPTIONS | 256) = @@OPTIONS THEN 1 ELSE 0 END AS qi
Filename: C:/Projects/localhost/application/modules/auth/controllers/Auth.php
Line Number: 8


info gtk database error
info gtk database error



Berbagai upaya dilakukan agar bisa membuka info GTK. Ada yang rela begadang telah malam membuka INFO GTK saat tidak banyak yang online. Ada juga yang menggunakan trik DNS 1.1.1.1 dilakukan oleh teman operator yang sudah terbiasa di bidang IT. Ada juga yang membuka info GTK melalui login ptk.datadik karena di dalamnya ada menu link yang dapat digunakan untuk membuka INFO GTK secara langsung. Lihat: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD

Jika info dari beberapa Admini INFO GTK seperti Gwakepo, bahwa server baik-baik saja. Jika dianalogikan seperti jalan tol yang penuh. 

Walaupun INFO GTK 2020 Sulit di Akses, menurut saya yang bekerja sebagai operator sekolah ada hal positif yang bisa diambil. Operator Sekolah memberikan akun password username masing-masing PTK. Jika tadinya hanya operator yang membuka INFO GTK sekarang banyak guru yang membuka sendiri, dan ikut merasakan bahwa perlu perjuangan untuk cek data hehehe.. hmmm bukan itu... Dengan begini INFO GTK lebih familiar dan dapat digunakan para Guru dan Tenaga Kepentingan untuk peduli dengan datanya sendiri.

Perlu digaris bawahi lagi bahwa INFO GTK ini digunakan untuk banyak keperluan, seperti Tunjangan Profesi Guru  (TPG), Bantuan Dana Pendidikan, dan mungkin kedepan ada program dari pemerintah lainnya.

Yang pasti mulai dari sekarang jangan anggap remeh data yang kita masukkan ke dalam sistem, karena sudah "eranya" integrasi data. 

Nah itulah yang bisa saya tulis tentang INFO GTK 2020 Sulit Diakses untuk cek BSU, terima kasih telah menyempatkan membaca celotehan saya. Bagaimana mana dengan pengalaman  Anda membuka INFO GTK? sampaikan di kotak komentar ya. ..

Salam Satu Data... semangat. ...


Posting Komentar untuk "INFO GTK 2020 Sulit Diakses untuk Cek BSU"