Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jadwal Simulasi UBKD Asesmen Nasional

Dalam rangka memperlancar pelaksanaan UBKD Asesmen Nasional tahun 2021 mendatang maka jadwalkan kegiatan simulasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sampai mana sistem aplikasi UBKD baik dari sisi infrastruktur maupun dari sisi perangkat lunak. Selain itu juga dapat memberikan gambaran atau latihan bagi sasaran atau peserta Asesmen Nasional (AN).

Jadwal Simulasi UBKD Asesmen Nasional


Simulasi Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) ini dilakukan dalam skala kecil maupun simulasi skala besar (SSB) yang melibatkan siswa. 

Tujuan Simulasi UBKD Asesmen Nasional

  • Memperkenalkan kepada Sekolah (Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa) dan Dinas tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) & Survei Karakter (SK) khususnya Materi dan Model/tipe Soal
  • Membiasakan kepada siswa akan adanya tes AKM&SK termasuk metode penilian berupa Computerized MultiStage Adaptive Testing (MSAT) atupun CBT
  • Menginformasikan sekolah bahwa Spesifikasi Minimum yang digunakan untuk Tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) & Survei Karakter (SK) 
  • Mengukur Behavior (Kelakuan) akan Peserta Tes
  • Mengukur Experience (Pengalaman) terhadap Aplikasi
  • Mengukur Kemampuan terhadap aplikasi Sistem
  • Mengukur Kemampuan terhadap infrastruktur sistem

Sebelum dilakukan Simulasi Berskala Besar (SSB) Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengadakan simulasi bersekala kecil yang sudah dimulai dari Bulan September 2020.

Kegiatan Pelatihan  Teknis UBKD KKG SD/MI 2020 juga dilakukan dengan jumlah peserta HD Provinsi (68 peserta) HD Kab/Kota (514 peserta) KKG SD (10,000 peserta) secara 2 tahap . Tahap 1 (satu) pada hari Selasa, 10 November 2020 dan tahap 2 (dua)  hari Jumat 13 November 2020, pukul :   09.00  s.d.  15.00  WIB secara virtual melaui zoom meeting. Peserta sebanyak 15  orang perwakilan KKG  SD disetiap Kabupaten/Kota 


Jadwal Simulasi Skala Besar (SSB) UBKD 2020

Dan berikut ini kami informasikan Jadwal Simulasi UBKD Asesmen Nasional Simulasi Skala Besar (SSB):

  1. Tanggal 16-19 November 2020: SSB Siswa SMA/SMK/MA/MAK (kelas 11) sebanyak SMA (10.280 peserta) dan SMK (10.280 peserta)
  2. Tanggal 23-26 November 2020: SSB Siswa SMP/Mts (kelas 8) sebanyak 10.280 peserta
  3. Tanggal 30 November – 3 Desember 2020 : SSB Siswa SD/MI (Kelas 4)  sebanyak (200,000 peserta)


Revisi Jadwal SSB UBKD

Sebelumnya telah di informasikan jadwal SSB UBKD, namun setelah itu ada bebera revisi. Karena ada yang membingungkan terkait mengapa untuk jenjang SD peserta simulasi kelas 4 (empat), padahal Asesmen Nasional untuk kelas 5 (lima). Selain itu juga ada perubhan tanggal jadwal serta simulasi hanya dilakukan 1 hari saja. Nah berikut ini jadwal terbaru revisi SSB UBKD.

Pengumuman Persiapan SSB (Simulasi Skala Besar) UBKD 2020 untuk siswa.

Bapak/Ibu Tim Teknis mohon menginformasikan  kegiatan SSB kepada sekolah di wilayah masing-masing, yang akan melibatkan siswa dengan rincian sebagai berikut:

1. Rencana jadwal pelaksanaan kegiatan SSB siswa:

  • a. Jenjang SMK/MAK pada tanggal 17 Nopember 2020 untuk siswa kelas 11.
  • b. Jenjang SMA/MA pada tanggal 24 Nopember 2020 untuk siswa kelas 11.
  • c. Jenjang SMP/Mts pada tanggal 1 Desember 2020 untuk siswa kelas 8.
  • d. Jenjang SD/MI pada tanggal 8 Desember 2020 untuk siswa kelas 4.

Keterangan:  SSB jenjang SD dilakukan untuk siswa kelas 4 yang di bulan november 2020 adalah angkatan yang akan menjadi target sampel AKM kelas 5 di bulan Agustus 2021


Sekolah Peserta SSB UBKD

Sekolah peserta SSB UBKD adalah:

  • a. Seluruh satuan pendidikan jenjang SMA/SMK/MA/MAK dan SMP/Mts.
  • b. Sekolah jenjang SD/MI yang telah ditentukan oleh pusat yaitu sekolah yang gurunya mengikuti PELATIHAN TEKNIS KKG SD/MI.

Setiap sekolah peserta diminta untuk mempersiapkan maksimal 5 siswa dan 1 proktor untuk mengikuti SSB siswa. Pelaksanaan Simulasi dapat dilakukan di sekolah (bagi sekolah yang sudah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka), atau bisa dilakukan di rumah masing-masing siswa (bagi sekolah yang masih menyelenggarakan pembelajaran daring).


Tips Pelaksanaan Simulasi UBKD

Berikut ini ada beberapa tips agar pelaksanaan Simulasi UBKD dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi feed back kepada pihak pusat untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem UBKD Asesmen Nasional.


1. Lakukan pendaftaran minimal satu hari sebelum pelaksanaan simulas, link pendaftaran serta mekanisme pendaftarannya akan diumumkan lebih lanjut dalam web ini: https://ubk.kemdikbud.go.id/ubkd/user/home
2. Mempersiapkan Komputer / Laptop yang tidak mudah error dan sesuai spesifikasi minimal
3. Jaringan Internet yang stabil
4. Download dan install aplikasi examBrowser UBKD terbaru.
5. Saat pelaksaan SSB UBKD ikuti intruksi dari Proktor dengan baik.
6. Tidak perlu tergesa-gesa dan mudah panik, beberapa tombol atau fitur aplikasi UBKD akan aktif setelah menunggu beberapa menit.
7. Jika ada masalah error beritau proktor atau tim teknis dengan menceritakan kronologinya disertai foto.


Akhir Kata

Demikianlah yang bisa kami informasikan terkait Jadwal Simulasi Skala Besar (SSB) UBKD Asesmen Nasional yang akan diikuti oleh siswa. Semoga dapat berguna bagi Anda Proktor maupun Siswa atau peserta simulasi, dan juga dapat berguna bagi Siswa-Siswi yang akan melaksanakan Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2021 nanti.

Jika ada pertanyaan kritik dan saran, silahkan jangan sungkan untuk ditambahkan melalui kotak komentar dibawah ini. Terima kasih...

1 komentar untuk "Inilah Jadwal Simulasi UBKD Asesmen Nasional"

  1. Fatal error: Call to a member function result() on array in C:\www\verval_s1\application\views\home\index.php on line 153
    A PHP Error was encountered
    Severity: Error

    Message: Call to a member function result() on array

    Filename: home/index.php

    Line Number: 153

    Backtrace:

    tolong bantuannya

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.