Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi Raport MI Berbasis Excel

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada tanggal 27 November 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI melayangkan surat bernomor B-2803/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/11/2020 perihal penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provisnsi Se Indonesia.

Download Aplikasi Raport MI Berbasis Excel
Tampilan cetak raport MI Excel

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa untuk penyusunan laporan hasil belajar atau rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, diminta seluruh madrasah (RA, MI, MTs, dan MA) tidak menggunakan aplikasi ARD sampai terselesaikannya sistem penilaian rapor digital yang sedang diselaraskan. 

Sementara waktu penyusunan rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 agar dilakukan secara manual.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sebuah aplikasi raport berbasis excel  untuk MI yang semoga dapat menjadikan solusi untuk Madrasah yang tidak bisa menggunakan ARD.

Aplikasi yang saya bagikan ini sebetulnya sudah saya buat dari bulan Januari Tahun 2019. Walaupun begitu aplikasi ini tentunya masih bisa digunakan karena dibuat berdasarkan juknis penilaian SD. Tepatnya adalah Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar jenjang Madrasah Ibtidaiyah, 

Aplikasi ini dibuat menggunakan excel 2007 dan dinamai "apMI" yang merupakan singkatan dari Aplikasi Penilian Madrasah Ibtidaiyah. Apalikasi ini bukan sekedar aplikaci cetak raport namun juga berfungsi sebagai aplikasi penilaian secara menyeluruh.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Aplikasi Raport MI berbasis excel gratis sekaligus kami jelaskan fitur-fiturnya yang cukup lengkap, 

1. Download dulu aplikasinya 

2. Karena diupload dalam bentuk rar silahkan ekstrak dulu file aplikasinya dengan cara "klik kanan" --- "ekstrak here"

ekstrak raport apMI

3. Buka file aplikasi, akan ditampilkan "menu utama" aplikasi berupa tombol-tombol untuk menuju sheet entri nilai dan cetak raport.

menu rapor apmi

4. Karena apikasi ini berbasis excel macro jangan lupa mengaktifkan macronya dahulu, caranya klik "Options" --- "Enable Macro" --- "Yes" Untuk excel 2010, 2019 caranya agak sedikit berbeda, intinya "Enable Macro". Kalau laptop / komputer Anda terinstal antivirus smadav, silahkan seting izinkan vba macro.

enable macro raport mi


5. Isi data sekolah, data peserta didik, seperti Anda mengoperasikan aplikasi raport lainya.

6. Isi KKM. Pengisian KKM sangat penting dilakukan di awal karena kaitanya akan berhubungan dengan rentang predikat pada raport. Pada aplikasi ini disediakan pilihan penentuan KKM Satuan Pendidikan Berdasarkan Rata-rata KKM Mupel, Nilai Terendah KKM Mupel, Nilai paling banyak muncuk KKM Mupel, dan Rata-rata nilai terendah dan tertinggi KKM Muepel. Pilihan ini sesuai juknis. 


7. Dalam mengisi jurnal sikap, silahkan isikan berdasarkan tanggal kejadian. Cukup catat yang Sangat Baik (SB), atau Yang Perlu Bimbingan (PB).

jurnal sikap aplikasi raport

8. Deskripsi sikap akan muncul setelah di klik tombol "Munculkan Genereate Deskripsi/Refresh" Bagi siswa yang tidak ada catatan jurnal maka akan dianggap Baik.

deskirpsi nilai sikap rapor mi

9. Isikan nilai Per KD, seperti yang kita ketahui bahwa untuk Kurikulum 2013 kita harus menilai per KD. Cukup kosongkan jika tidak ada nilai pada KD tercsebut.

masukan nilai kd raport mi

10. Ubah daftar KD, aplikasi ini dapat diubah daftar KD sesuai keperluan. ada 2 kolom KD sesuai permen dan ringkasan KD agar nantinya deskripsi Raport Tidak Panjang. 

ubah KD aplikiasi rapor MI

11. Cetak Leger Nilai. Pada aplikasi ini disediakan cetak leger/ rekap nilai rapor.

leger nilai raport mi

12. Jika semua nilai sudah selesai dimasukan, maka langkah selanjutnya adalah cetak raport. Anda hanya perlu mengisikan nomor urut, maka rapor akan bisa dicetak secara otomatis berdasarkan nomor urut. Tampilan cetak ini juga kami sesuaikan dengan hasil cetakan ARD.

cetak rapor mi

Download Aplikasi Raport MI Berbasis Excel

Silahkan untuk mendownload dan pakai secara gratis melaui tautan dibawah ini

1. File Aplikasi Raport MI apMI ( unduh )

2. Juknis Panduan Penilian MI ( unduh )

3. Surat Tentang Penggunaan Raport Manual Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 ( unduh )



Karena aplikasi rapor ini berbasis microsoft excel, 

Lihat juga:   10 MENU DAN RUMUS EXCEL PERMUDAH KERJA OPERATOR SEKOLAH

Demikianlah yang bisa kami bagikan tentang Download Aplikasi Raport MI Berbasis Excel Gratis. Silahkan di share jika dirasa bermanfaat. 


Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 komentar untuk " Download Aplikasi Raport MI Berbasis Excel"

  1. Tahun pelajaran gak bisa diedit pak

    BalasHapus
  2. Untuk tahun pelajaran, coba langsung ubah di sheet cetak raport. Jika diprotect silahkan klik kanan sheet --- pilih unprotect --- ubah tahun pelajaran. Setelah diganti harap untuk memproteck kembali agar rumus tidak berubah secara disengaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta kontak WA nya bang, kita mau pesan aplikasinya, kontak yg tertera di aplikasi udh satu bulan gak aktif.

      Hapus
  3. muloknya mohon ditambah pak, sekolah saya 5 mapel

    BalasHapus
  4. Mhon no kontaknya bang, no kontak yg tertera di allikasi WA nya udh lama gak aktif. kita mau pesan aplikasi apmi nya.

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.