Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERJAAN PMP LEBIH CEPAT MENGGUNAKAN APLIKASI "INSTRUMEN EDS" ANDROID

Halo teman opoerator, semoga selalu dalam curahan kasih sayang Tuhan yang Maha Kuasa... dan selalu semangat dalam berkerja yang  barengi dengan niyatan ibadah.

Paada tanggal 24 November 2020 pengembang PMP merilis "Aplikasi Android INSTRUMEN EDS, Alat Bantu Pengumpulan Data EDS Tahun 2020" Hal ini tentunya menunjukan bahwa ada terobosan baru setelah sebelumnya instrumen EDS pengisianya dilakukan menggunakan aplikasi Offline Surveys yang dalam penerapannya ternyata masih banyak ditemukan kendala terutama dalam melakukan unduh isntrumen yang sering error dan gagal.

Instrumen EDS PMP Android
Tampilan Instrumen EDS PMP

Jika Anda belum tahu apa itu "Offline Surveys PMP" silahkan baca postingan saya sebelumnya:  Cara Gampang Isi Kuesioner PMP EDS 2020 Offline dari HP.

Oke kita lanjut pembahasan ke Aplikasi Instrumen EDS Android Kemdikbud versi Android . 

Inti dari Instrumen EDS Kemdikbud ini adalah solusi bagi sekolah yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan pertemuan tatap muka di sekolah karena melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), untuk itu responden diharap melakukan pengisian Instrumen EDS PMP 2020 melaui HP masing-masing. 

Lalu bagaimana cara mendownload dan menggunakan Aplikasi Instrumen EDS Kemdikbud ini? caranya cukup mudah silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Silahkan buka Google Playstore di HP Andoid Anda, dan cari dengan kata kunci: "Instrumen EDS" , kemudian pilih sesuai jenjang SD / SMP / SMA. Cari yang pengembangnya atau ditawarkan oleh  "Kemdikbud" karena ada yang "Etalase PMP". Silahkan Anda pilih yang Kemdikbud yang resmi.

Instrumen EDS Kemdikbud

Atau bisa juga langsung mengklik tautan dibawah ini:


2. Saat proses instal akan muncul konfirmasi perlu akses ke Foto/Media/File silahkan pilih "Terima"

Instrumen EDS Android


2. Menggunakan "Aplikasi Instrumen EDS Kemdikbud" ini Anda tidak perlu lagi melakukan proses unduh instrumen karena sudah tersedia langsung didalam aplikasi.

3. Setelah diisntal silahkan buka aplikasinya, akan ditampilkan splas screen dengan warna sesui jenjang. SD berwarna merah, SMP berwarna Biru, dan SMA Berwarna Abu-Abu

Instrumen EDS SD Android

5. Klik pada tombol "strip tiga" untuk memunculkan keterangan cara mengisi menggunakan skala linkert. Ada pilihan skala 1 s.d. 7.

skala instrumen eds

6. Untuk memulai mengisi kuesioner Instumen EDS Kemdikbud silahkan klik "tombol anak panah berwarna hijau" Fungsinya untuk menuju ke halaman atau  keusioner selanjutnya. 

tombol eds android

7. Disediakan "Tombol Kembali" untuk membuka kuesioner sebelumnya. Dan tombol "Disket/Save"  untuk menyimpan isian kuesioner, silahkan lakukan save secara berkala agar pengisian tidak sia-sia jika aplikasi tidak sengaja tertutup.

save eds android

8. Perlu diperhatikan dalam pengisian Identitas responden jangan sampai keliru, karena akan menyebabkan file tidak dapat di upload atau di import pada aplikasi PMP yang ada di laptop. Untuk kuesioner Kepala Sekolah menggunakan akun Operator  Dapodik.


9. Silahkan isi pertanyaan kuesioner sesuai kondisi sebenarnya, dan semua pertanyaan harus diisi jika tidak maka tidak bisa lanjut ke pertanyaan berikutnya muncul blok warna merah. 

pengisian pmp android


10. Karena aplikasi Instumen EDS Android  tidak bisa menyimpan secara otomatis, maka perlu klik tombol "Save" secara berkala, dan proses simpan seperti gambar dibawah ini.

simpan eds android


11. Dalam melakukan pengisian Anda tidak harus selesai dalam satu waktu, dapat dilanjutkan nanti. Namun seperti yang telah disebutkan pada nomor 10, lakukan save secara berkala. Klik tombol Berwarna hijau seperti tampilan dibawah ini untuk menutu ke pengisian terakhir. 

lanjut isi eds android


12. Setelah Anda selesai mengisi kuesioner PMP melalui Intrumen EDS Android ini langkah terakhir adalah mengirimkan hasilnya ke Operator Sekolah. Nantinya Operator Sekolah akan melakukan import data di aplikasi PMP untuk diolah datanya hingga dapat diketahui rapor mutu sekolah. 

tombol kirim eds android


13. Sebelum melakkan krim, akan muncul konfirmasi Apakah Anda inin mengirim jawaban, silahkan pilih "Ya"

konfirmasi kirim eds android


14. Selanjutnya silahkan pilih Aplikasi untuk mengirimkan jawaban dalam bentuk DBResult.csv bisa dikirim menggunakan email, WA, ataupun telegram. Kami sarankan untung menggunakan email.

kirim eds via email

15. Selesai.


Demikianlah informasi sekaligus tutorial yang bisa kami bagikan tenang pengerjaan PMP Tahun 2020 lebih cepat menggunakan Aplikasi Instrumen EDS versi Android yang ditawarkan Kemdikbud.  Kenapa lebih cepat, karena tidak perlu melakukan unduh kusioner lagi, dan tentunya apabila semua guru mengisi sendiri melalui HP masing-masing otomatis pengumpulan data untuk pemetaan mutu pendidikan  melaui sistem PMP di sekolah cepat selesai.

Sekian, dan terima kasih

Update Info Operator Dapodik:   PANDUAN LENGKAP UPDATE DAPODIK VERSI 2021.b

Sumber referensi: http://pmp.kemdikbud.go.id/berita/berita-detail/Aplikasi-Android-INSTRUMEN-EDS-Alat-Bantu-Pengumpulan-Data-EDS-Tahun-2020


Posting Komentar untuk " PENGERJAAN PMP LEBIH CEPAT MENGGUNAKAN APLIKASI "INSTRUMEN EDS" ANDROID"