Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Bimtek Dapodik LPMP Jateng Oktober 2020

Pada postingan kali ini saya akan rangkumkan Bimtek Dapodik yang diadakan oleh LPMP Provinsi Jawa Tengah Bulan Oktober 2020. 

Saya sangat mengapresiasi Bimtek Dapodik yang diadakan oleh LPMP Jateng ini menggunakan zoom meeting. Peserta dari Dinas Pendidikan dan masing-masing Operator kecamatan. Jadi pesertanya sangat banyak, dilakukan beberapa Angkatan Bimtek.

Bimtek Dapodik LPMP Jateng Oktober 2020


Berikut ini beberapa hal yang bisa saya tangkap menurut pemahaman saya. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Operator Sekolah merupakan garda terdepan dari pendataan dapodik. Baiklah langsung saja berikut ini adalah informasi penting tentang dapodik yang menurut saya juga perlu diketahui oleh Anda operator sekolah.

Adapun narasumber dari pusat yaitu Pak M Ihsan Setiadi, dari Ditjen Paudikdasmen. 

Dapodik sekarang ini sudah bukan lagi menjaring data, tapi bagaimana caranya menjaga dan memastikan kualitas datanya. 


Dasar Hukum Dapodik

Dasar hukum Dapodik adalah Permendikbud nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan, Permendikbud No 45 Tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pepres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Prinsip Satu Data Indonesia adalah kebijakan pemerintah untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, terbuka, dan interoperable atau mudah dibagikan antar pengguna data.


Target Pengumpulan Dapodik

Sasaran program pengumpulan data dapodik ialah terwujudnya pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan dan akuntable pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, serta Pendidikan Dasar dan Menengah.

Indikatornya adalah persentase data Dapodik yang akurat, terbarukan dan berkelanjuatan. 

Data akurat adalah data yang diisi oleh sekolah merupakan data yang benar, wajar, sesuai kondisi riil dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Data terbarukan adalah data yang diisi oleh sekolah merupakan data paling baru (mutakhir) sesuai dengan kondisi riil di sekolah. 

Data berkelanjutan adalah data yang diisi oleh sekolah memiliki sifat berkelanjutan dan diperbaharui rutin setiap semester. 

Tantangan Dapodik untuk saat ini yaitu Cut Off BOS 31 Agustus 2020, Cut Off BOP 30 September 2020, Penambahan Kapasitas Penyimpanan Server, dan Peningkatan kualitas data Sarpras dan akun SSO Dapodik.


Dapodik Sebagai Layanan

Platform dapodik seagai layanan, bahkan ada 13 Kementrian lain yang berkerja sama dengan Kemdikbud, menggunakan data Dapodik.

Ada gak sekolah yang menanfaatkan dapodik untuk keperluan manajerial sekolanya? 

...ada, biasanya dari teman-teman operator SMK yang rajin "oprek". Oprek di sini adalah hal yang baik. Karena banyak juga aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk mempermudah pengisian data, tapi gak tau dampak yang akan ditimbulkanya, lebih baik Anda tidak menggunakanya. 

Kadang operator bingung, beda gak sih SSO Verval dengan SSO Dapodik? jawabanya ...beda  


Pembaharuan Aplikasi Dapodik

Ada alur pengumpulan data, data dari sekolah dikirimkan melalui sinkronisasi dua arah, masuk di server. Ada replikasi database. Sebenarnya muara data Dapodik ada di Pusat Data dan Informasi (Pusdatin). 

Sekolah mengirim data Dapodik tidak melalui dinas. ... Ya, Masing-masing sekolah mengirimkannya langsung melalui sikronisasi.

Info GTK sebenarnya sumbernya datanya ada dua, dari Dapodik dan Pusdatin. 

Kapan kita bisa melakukan pengecekan data dapodik? untuk pengecekan bisa dilakukan 1 x 24 jam. Namun yang dari Dinas dalam hal ini Admin Dinas, bisa di cek data secara real time. 

Basis data Paud, Dikdas, Dikmen sudah digabung jadi satu. 

Satu aplikasi bisa digunakan untuk beberapa sekolah. Operator bisa mengerjakan Dapodik lebih dari satu sekolah bahkan bisa mencapai 15 sekolah dalam satu laptop. Namun kekuranganya jika uninstal, otomatis semua data hilang.

Aplikasi dapodik juga bisa diinstal di server, karena berbasis web. Dibeberapa sekolah yang canggih menginstall Dapodik di server sekolah, siswa dan guru bisa mengupdate datanya secara mandiri. Ada juga operator sekolah yang meminta bantuan siswa untuk melakukan update data di lab komputer. Ini namanya kerja cerdas, hehehe 

Lihat:  CARA MENGONLINEKAN ERAPOR DAPODIK PMP ARD MENGGUNAKAN NGROK

Perubahan preses bisnis pengisian tingkat bangunan dan ruang, hal ini karena terkait untuk DAK Fisik, dengan aplikasi Dapodik versi 2021.a sudah bisa menghitung tingkat kerusakan, tinggal isikan datanya saja.

Perubahan proses bisnis perekaman GTK baru dikelola olah Pusdatin, pemindahan kewenangan perekaman data GTK baru oleh sitem data GTK dari Pusdatin. 

Guru Negeri diinput melalui operator Dinas, untuk swasta diinput dari operator yayasan. 

Adanya fitur tarik data pada menu sinkronisasi dapodik,

Tidak ada lagi backup restore, cukup sinkronisasi saja. 


Sesi Tanya Jawab Bimtek Dapodik LPMP Jawa Tengah

Dalam Bimtek ini juga ada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang muncul terkait dapodik paling banyak mengenai verifikasi akun PTK.

Beberapa point yang bisa dicatat dari sesi tanya jawab.

1. Akan ada cleansing lagi pada akhir bulan Oktober 2020, kalau sudah verfikasi aman. Tapi kalau belum akan ada kesempatan untuk melakukan verfikasi. 

2. Untuk saat ini untuk memperoleh kode token veritikasi pastikan tunggu dahulu 30 menit, baru setelah itu jika belum dirikimkan kodenya lakukan permintaan kode lagi.

Lihat juga: Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

3. Terkait akun ganda, tidak dipungkiri memang bugs Dapodik 2021, solusinya minta bantuan Admin dinas untuk hapus salah satu.

4. Untuk menarik info GTK memerlukan waktu sampai tiga sampai empat hari. Jika data dapodik sudah update, ada tips dengan cara pancing, maksudnya update data lainya pada PTK tersebut, kan ada banyak data yang bisa diupdate,  kemudian lakukan sinkronisasi 


Akhir Kata

Demikianlah yang bisa saya tuliskan mengenai rangkuman Bimtek LPMP Jawa Tengah versi saya, jika kebetulan Anda juga mengikuti bimtek ini mohon koreksinya. 

Anda juga bisa menyaksikan Bimtek Dapodik LPMP Jateng Oktober 2020 yang juga share melalui youtube.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih

Posting Komentar untuk " Rangkuman Bimtek Dapodik LPMP Jateng Oktober 2020"