Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Residu VervalPD NIK Dipakai Lebih Dari Satu Siswa

Data residu pada VervalPD perlu diatasi supaya data siswa pada sistem Dapodik valid dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Hal ini dikarenakan data Dapodik bersifat berkelanjutan dari jenjang TK - SD - SMP - SMA.

Postingan kali ini saya akan membahas cara mengatasi residu vervalPD yang bermasalah bermasalah karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda dalam artian dipakai lebih dari satu orang / sama dengan data siswa lain.

Disamping itu NIK yang kosong atau belum diisi juga akan masuk pada data residu VervalPD

Cara Mengatasi Residu VervalPD NIK


Sedikit cerita, ini bermula info dari Admin Dinas pendidikan yang telah menyelesaikan permohonan perbaikan salah rombel dapodik pada siswa mutasi. Pada info tersebut juga dibarengi agar operator sekolah memeriksa data residu di VervalPD.


"Info: Yang mengajukan update rombel & mutasi sudah di proses semua, monggo sync ulang & mohon cek residu yang ada di https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/"


Dari info tersebut saya langsung membuka VervalPD, benar saja di Sekolah tempat saya berkerja ada 9 siswa yang masuk data residu karena NIK. Bagimana nih?


Dan inilah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi residu Verval PD karena NIK


1. Cek data yang masuk residu Verval PD.

Cara cek data yang masuk residu vervalPD, Anda tinggal login ke vebsite "VervalPD New"  https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/

Masukan username dan password akun sdm.data, bukan akun sso operator dapodik, walupun bisa terjadi username akun dibuat sama.

Setelah berhasil login, silahkan Anda masuk ke menu "Residu" --- lihat yang diberi tanda silang merah.

NIK dipakai lebih 1 orang
Tampilan Residu VervalPD New

2. Siapkan Dokumen Bukti Fisik NIK

Setelah Anda mengetahui daftar nama siswa yang yang masuk residu karena NIK Ganda / dipakai oleh lebih dari 1 orang / NIK Kosong, lanjutkan dengan menyiapkan atau mencari dokumen bukti fisik Kartu Keluarga. 


Kenapa Kartu Keluarga (KK)? karena didalamnya terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK). 


Bagi Anda yang bekerja di sekolah jenjang SMA mungkin langsung bisa ditanya KTP siswa, namun untuk jenjang SD dan SMP lebih baik menggunakan KK.

Selain pada KK, Nomor Induk Kependudukan juga terdapat pada Akta Kelahiran.

Apabila di tempat Anda bekerja sekololah  menata arsip dengan baik, tentu akan mudah menemukan KK dan Akte  siswa pada berkas pendaftaran. Namun apabila tidak memungkinkan bisa langsung menhubungi siswa yang bersangkuatan.


3. Perbaiki NIK dengan yang ada di vervalPD

Setelah Anda mengetahui dan memastikan Nomor NIK yang betul dengan melihat pada KTP, KK, ataupun Akta Kelahiran silahkan cocokan dengan data yang ada pada vervalPD, jika berbeda silahkan langsung diganti.


Cara mengubahnya silahkan anda masuk ke menu "Edit Identitas", kemudian pilih nama siswa cukup ketikan nama siswa.

Setelah itu masukan nomor NIK yang betul pada kolom data "Baru" seperti gambar dibawah ini. 

Edit NIK Verval PD
Tampilan edit identitas Verval PD

Klik tombol "Validasi" untuk memunculkan menu update data.


4. Cek NIK di Web Dukcapil Setempat.

Beberapa dukcapil daerah menyediakan layanan online untuk melakukan pengecekan nomor NIK, Anda bisa memanfaatkan itu.

Daerah saya Dukcapil Kab. Purworejo, menyedikan layanan pengecekan NIK dengan alamat link https://layanan-disdukcapil.purworejokab.go.id/

Disini saya hanya perlu memasukan nomor NIK, selanjutnya mengetikan caphta, lalu "Cek Data" akan ditampilkan apakah NIK tersebut terdaftar.

cek nik online dukcapil purworejo
Tampila cek NIK Online

Ini cukup membantu saya, bagaimana dengan dukcapil daerah Anda?


5. NIK Verval PD sudah betul tapi masuk residu.  

Apabila NIK yang ada di KTP/KK sudah sama dengan yang ada pada VervalPD maka cukup Anda diamkan saja. Tunggu operator sekolah yang melakukan kesalahan untuk membetulkan datanya.

Memang untuk saat ini pada aplikasi Verval PD, Anda tidak bisa mengetahui atau melacak data nama siswa yang NIKnya sama. Semoga pengembang aplikasi Verval PD kedepanya dapat memberikan solusi untuk hal ini.

Karena apa? Jika Operator Sekolah mengetahui asal sekolah siswa yang memakai NIK siswa Anda, dapat segera dihubungi untuk membetulkannya.

Atau bisa juga pengembang Verval PD menambahkan fitur klaim NIK, sehingga masalah NIK dipakai lebih dari satu orang dapat cepat teratasi. 


Penutup

Seperti yang diketahui bahwa saat ini masing-masing lembaga sudah saling menyinkronkan data agar data terjamin kevalidanya. Ini juga berhubungan dengan kebijakan pemerintah tentang isu "satu data", yang mana nantinya cukup satu ID data bisa digunakan untuk banyak hal.

VevalPD ini merupakan sebuah aplikasi yang sudah menampilkan integrasi dengan data NIK, lebih jelas silahkan baca postingan sebelumnya: Verval PD NEW untuk Perbaikan Data Siswa

Selain aplikasi VervalPD ini juga ada aplikasi pelengkap yang bisa diakses melalui link http://pd.data.kemdikbud.go.id/. Melaui website ini Anda bisa melihat kecocokan data aplikasi "Dapodik" dengan "SIAK" milik kemendagri. Selengkapnya: Penyepadanan Data NISN dengan NIK

Dibeberapa kasus memang kesalahan entri data merupakan hal yang bisa dimaklumi terlebih NIK memiliki digit angka yang cukup panjang. Untuk itu Anda tak perlu khawatir jika mengalami data residu karena NIK.  Aplikasi VervalPD ini yang memang diperuntukan untuk perbaikan data siswa.

Demikianlah yang bisa saya ulas untuk Anda bagaimana cara mengatasi data siswa yang masuk residu VervalPD karena NIK ganda atau dipakai lebih dari satu orang siswa. 

Ada pertanyaan/koreksi/tambahan silahkan melaui kotak komentar yang tersedia. Tetap semangat, salam satu data.

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Residu VervalPD NIK Dipakai Lebih Dari Satu Siswa"