PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK

Daftar Isi
Satu data merupakan hal yang perlu dikembangkan dan mendapat perhatian negara. Dengan satu nomor ID bisa digunakan untuk banyak hal. Mungkin inilah yang coba dimulai menggunakan data siswa di aplikasi dapodik yang dikembangkan kemdikbud dan data kependudukan aplikasi SIAK yang dikembangkan kemendagri.

Nomor Induk Siswa Nasional  yang selanjutnya disebut NISN adalah nomor unik yang diberikan kepada siswa melalui sistem aplikasi Dapodik. NISN terdiri dari 10 digit nomor.

Nomor Induk Kependudukan yang selanjutnya disebut NIK adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. NIK berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK terdiri dari 16 digit nomor. Saat ini NIK ada pada sistem aplikasi SIAK.

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem informasi yang ditumbuh-kembangkan berdasarkan prosedur-prosedur pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi guna menata sistem administrasi kependudukan di Indonesia. SIAK melayani pendaftaran penduduk dan pencacatan sipil berdasarkan peristiwa kependudukan (population events) dan peristiwa penting (vital events) yang dialami oleh penduduk sejak lahir hingga meninggal dunia. Data kependudukan yang tersimpan dalam basis data yang keluarannya antara lain: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Nikah, dan sebagainya.

Pada awal tahun 2019 telah bergulir wacana dari mentri pendidikan dan kebudayaan tentang NISN akan diganti dengan NIK.
“Untuk tahun ini kami juga sudah sepakati tidak ada lagi Nomor Induk Siswa Nasonal (NISN) tetapi adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK). (Caranya) mudah tinggal merubah saja. Secara teknis tidak ada kesulitan, perlu penyepadanan data,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy saat menjamu Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Banyak kalangan operator sekolah yang menanggapi dengan pro dan kontra. Tapi pada postingan kali ini kita tak kan membahas hal itu. Kita akan coba tampilkan bagikaman penyepadanan data NIK dan NISN melalui aplikasi yang beralamatkan di: http://pd.data.kemdikbud.go.id/

[Daftar Isi]


A. CARA LOGIN APLIKASI PD.DATA.KEMDIKBUD.

Untuk bisa login aplikasi ini silahkan:

  1. Kunjungi alamat: http://pd.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan username dan password sso sdm.data.kemdikbud atau yang biasa operator sekolah gunakan untuk verval PD.
  3. Setelah berhasil login akan ditampilkan dasborad pengeloaan data peserta didik. Rangkuman informsi peserta didik diantaranya, total peserta didik yang sudah ber NISN, belum ber NISN. Ditampilkan juga tabel data Residu berdasarkan Tingkat. 
    login aplikasi pd data kemdikbud
    tampilan menu pd.data.kemdikbud

B. MENU PESERTA DIDIK

Pada menu ini ditampilkan tabel data peserta didik yaitu Nomor Urut, NIK, NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tingkat, Jenis Pendaftaran. Nomor NISN akan berwarna biru yang bisa di klik untuk menuju link referensi data kemdikbud.
menu peserta didik terlihat NISN

C. MENU RESIDU

Melalui menu residu ini ditampilkan cek list data peserta didik diantaranya PIPD, NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu, Jenis Kelamin, dan NIK.
NISN bertanda silang x merah berarti NISN masing kosong, ataupun NISN Ganda.
Tempat lahir bertanda silang x merah berarti tempat lahir mengandung karakter atau angka.
NIK bertanda silang merah berarti NIK ganda.
Keterangan tanda ini akan muncul ketika di klik, silahkan klik pada tanda silang X merah.
menu residu data nisn nik

D. TAB MENU UTAMA DUCKAPIL

Ada tab menu utama "DUKCAPIL" letaknya dibagian kanan atas. Pada menu ini dibagi lagi kedalam sub menu Beranda, Integrasi, dan Residu Dapodik.

1. Menu Dukcapil - Beranda

Pada halamn ini ditambilkan tabel data yang meyandingkan sajian data dari dua sumber yaitu dapodik dan SIAK. Data itu adalah NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Ibu Kandung dan Jenis Kelamin. Jika ada data yang berbeda maka kolom akan berwarna merah muda.

2. Menu Dukcapil - Integrasi

Data dapodik yang teridentifikasi secara sistem yang terkait dengan data peserta didik yang tercatat di dapodik berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil.


  1. Jika ada data nomor NIK yang berbeda maka akan berwarna merah muda. Silahkan di klik pada NIK tersebut, selanjutkan akan ditampilkan jendela Perbandingan Data PD dapodik dan dukcapil.
  2. Proses ini hanya memperbaiki NIK hasil inputan dapodik dengan data NIK berdasarkan Dukcapil.
  3. Perbaikan atribut Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Ibu Kandung melalui VervalPD.
  4. Untuk berbaikan atribut lain dengan mekanisme yang sudah ada.
  5. Sebelum anda melakukan atau klik tombol Proses, sebaiknya dicek ulang nomor yang tertera di KK, atau akte kelahiran.

perbandingan data nisn nik siak

3. Menu Residu Dapodik

Pada menu ini ditampilkan data dapodik yang belum berkoresponden dengan data kependudukan di duccapil. Menurut pengamatan kami data yang berlum berkoresponden diantaranya adalah belum memiliki NISN, atau ada kesalahan entry data NIK.


Baca juga:
Anda operator baru? inilah yang harus dikerjakan operator.


PENUTUP
Demikianlah yang bisa saya posting terkait penyepadanan data NISN Dapodik dengan Data NIK Dukcapil melalui aplikasi pd.kemdikbud.  Tambah khasanah referensi Anda dengan mengunjungi link sumber yang kami sematkan pada akhir tulisan. Semoga bermanfaat, tetap semangat, jaga kesehatan... salam satu data

NB: Istilah penyepadanan data yang dimaksud pada postingan ini bukan berarti mengarah ke penggantian NISN menjadi NIK. Hanya sebatas berbagi iformasi dan pengalaman tentang pekerjaan saya sebagai operator sekolah.

Source:
https://www.bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/286-siak-solusi-sistem-pendataan-penduduk-nasional
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_administrasi_kependudukan
https://data.go.id/
https://deuniv.blogspot.com/2019/01/tahun-2019-nisn-diganti-nik.html
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar