Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NISN LEBIH CEPAT TERBIT DI APLIKASI DAPODIK 2021?

Teman-teman operator dapodik, kali ini saya akan sedikit sharing tentang penerbitan NISN. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) lebih cepat terbit pada aplikasi dapodik versi 2021. Hal ini cukup membuat saya merasa senang dan tidak biasanya. Tapi apakah benar nomor NISN lebih cepat terbit di aplikasi dapodik versi 2021?


Hal ini menarik, karena sebelumnya NISN akan terbit pada bulan September untuk jenjang SD, dan bulan Oktober untuk jenjang TK/PAUD. Aturan ini bukan tanpa dasar, tapi sesuai dengan surat yang bersumber dari Sekretariat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan nomor 31966/A/LL/2016 Kebijakan Pengelolaan Data Peserta Didik.

Langsung paginya saya berangkat pagi-pagi untuk mencoba menurunkan data nomor NISN. Kenapa saya gak dirumah aja WFH, karena kalau disekolahan pakai Wifi, hehe


Buka Web Manajemen Sekolah sp.datadik

Pertama saya buka manajemen sekolah, https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Hmm agak susah juga terbuknya, biasa lah pasti temen-temen operator sudah paham. Muter-muter doang, hehe..

Setelah bisa terbuka, saya ke "menu Siswa" - Saya urutkan ke "rombel kelas 1", ternyata NISN belum muncul masih bertuliskan None

NISN sp datadik kosong


Buka Web Verval PD

Kemudian saya coba buka verval PD, oh iya, untuk login ke website Verval PD https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ , username dan password berbeda dengan akun dapodik. Banyak teman-teman operator menginstilahkan dengan login akun sdm. Karena membuatnya melui web https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru


Kemudian saya ke "menu Data" - "Peserta Didik" - Saya urutkan "tingkat kelas 1", dan ternyata NISN sudah terbit dan terisi, ini screenshotnya

NISN Kelas 1 sudah muncul di verval pd
  


Hore... NISN Kelas 1 baru sudah terbit,


Sinkron Dapodik

Tadi di verval PD, NISN kelas 1 sudah muncul atau sudah digenerate oleh sistem. Untuk bisa masuk pada aplikasi dapodik localhost tentunya harus melakukan sinkronisasi. Oke mari kita lanjut sinkron dapodik.

Sinkron dapodik menggunakan akun Kepala Sekolah (KS), sesuai proserdur lakukan "validasi" dahulu - "Lembar konfirmasi" - dan tekan tombol "sinkron". 


Setelah 2 menit 13 detik, sinkronisasi selesai dilakukan. Saya lihat di tabel perubahan data yang masuk ke lokal tidak tertera NISN, hmm kemungkian ya NISN belum masuk. 

data perbubahan yang masuk kelokal


Untuk memastikan saya login sebagai operator, Masuk ke menu "Peserta didik", pilih "rombel Kelas I". 

nisn dapodik masih kosong


NISNnya ternyata masih kosong dan belum masuk di aplikasi dapodik, dan NISN yang ada di gambar dibawah ini adalah siswa yang sudah punya NISN dari TK. Kebetulan kebanyakan siswa di SD ini dari TK tidak mengisikan dapodik, karena TK dibawah naungan Kemenag.

Cara Menambahan Siswa Baru di Dapodik 2021 ( lihat di sini )

Cara Lihat Daftar Siswa TK/PAUD ( di sini )


Penutup

Mau ditutup apaan ya, soalnya NISN belum masuk pada aplikasi dapodik padahal di verval PD sudah ada. Mungkin nanti jika sudah masuk ke aplikasi dapodik lokal akan saya update di postingan ini.

Jika teman-teman operator punya pengalaman tentang proses penerbitan NISN, atau ada yang NISNnya sudah masuk pada aplikasi Dapodik 2021? bisa diceritakan di kotak komentar.

Sekian, dan semoga berguna, 


Posting Komentar untuk " NISN LEBIH CEPAT TERBIT DI APLIKASI DAPODIK 2021?"