Cara Terbaru Cetak Rapor PMP 2019 Laman rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id

Daftar Isi

Aplisi PMP atau Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2019 telah berakhir. Meskipun hasilnya masih bisa diperdebatkan namun itulah adanya. Pengembang aplikasi tetap membuatkan rapor PMP dan masing-masing operator bisa mencetaknya secara mandiri.

cetak raport mutu pmp 2019
Cetak Rapor PMP


Jika sebelumnya untuk mencetak rapor PMP 2019 menggunakan login akun pengawas, maka cara terbaru cetak raport PMP menggunakan bisa login sekolah masing-masing melalui laman rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id . Adapun cara lengkap cetak raport PMP 2019 yaitu sebagai berikut.


  1. Buka alamat link cetak raport PMP 2019 https://rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id/
  2. Jika sudah terbuka maka akan muncul tampilan login seperti dibawah ini. 
    login rapor pmp 2019

  3. Masukan Username / Nama dengan nomor NPSN Sekolah masing-masing.
  4. Password login raport PMP adalah kode registrasi (koreg) aplikasi dapodik.
  5. Klik saya bukan robot, jika muncul pertanyaan untuk memilih gambar yang ditentukan silahkan ikuti sesuai instruksi, misalkan disuruh memilih gambar jalan, kendaraan, jembatan, atau yang lainya
  6. Pilih tombol "Login"
  7. Jika berhasil akan terlihat dasboard rapor mutu PMP tahun 2019, dan disandingnya grafik capaian SNP tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019.  
    dashboard raport mutu 2019

  8. Raport PMP 2019 dapat didownload atau diunduh dengan cara klik tombol "Unduh Excel" 
    download raport mutu pmp 2019

  9. Hasil unduhan raport PMP dapat kita print/cetak jika suatu saat diperlukan atau ada permintaan dari pengawas sekolah. 
    cetak raport mutu pmp 2019

Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk mencetak raport PMP 2019? semoga bagi sekolah-sekolah yang benar-benar mengisi isian PMP apa adanya dapat dijadikan evaluasi diri  sekolah (EDS) dan bisa dijadikan dasar untuk membuat program perbaikan dimasa mendatang yand tertuang dalam Rencana Kerja Sekolah.

Gabung di grup WA PMP (di sini)

Dan harapan saya, semoga untuk PMP tahun atau versi berikutnya dapat lebih mempermudah dan tidak error, sehingga kegiatan pemetaan benar-benar bisa tercapai. Mohon juga untuk pihak LPMP supaya bisa mengetahui kondisi sebenarnya dilapangan, karena tupoksi LPMP hanya memikirkan teknis dan pemecahan masalah sesuai data di kantor. 

Semoga postingan  Cara Terbaru Cetak Rapor PMP 2019 Laman rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id dapat berguna untuk yang mengerjakan PMP yang juga biasa megerjakan dapodik. Terima kasih. Salam pendidikan... 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
23 September 2020 pukul 09.37 Hapus
bagaimana jika rapor mutu kita tidak juga terbit pak/bu.. "beri tahu saya" apa yang terjadii..
Comment Author Avatar
23 September 2020 pukul 10.38 Hapus
maksudnya tidak muncul bagaimana bisa dijelaskan lebih detail?

Apakah sudah mengirim PMP silahkan cek di progres pengiriman PMP - http://manajemen.pmp.kemdikbud.go.id/progres-pengiriman