Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UJIAN SEKOLAH, UN DAN UKK DITIADAKAN BISA ONLINE PAKAI MOODLE

Kemdikbud telah membuat surat edaran yang berisi UN, Ujian Sekolah dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ditiadakan untuk tahun 2020 ini karena dampak dari virus covid-19. Pada edaran ini juga diinfokan sekolah tidak mengadakan ujian atau ulangan kenaikan yang mengumpulkan siswa sehingga boleh dilakukan online. Pada postingan ini saya akan coba bagaimana moodle bisa dipakai untuk ujian ataupun ulangan kenaikan kelas secara online.
Ujian Sekolah, UN, UKK Ditiadakan bisa online pakai moodle


Sebelum melanjutkankan, terlebih dahulu berikut beberapa point yang ada pada surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19)


  1. Ujian Nasional (UN) Dibatalkan
  2. Ujian Sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulksan siswa tidak boleh dilakukan.
  3. Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring,dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya
  4. Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;
  5. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas atau lebih dikenal dengan UKK dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Surat Edaran ini.
  6. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya;
  7. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.
  8. Dana BOS dapat digunakan untuk membiayai keperluan dalam pencegahan pandemi Covid-19 seperti penyediaanalat kebersihan, handsanitizer, disinfectant, dan maskerbagi warga sekolah serta untuk membiayai pembelajaran daring/jarak jauh.


Masih ada beberapa hal lainnya di surat edaran tersebut, baik dari bagaimana kirteria kelulusan dan kenaikan kelas, namun hanya saya kutip sesuai dengan bahasan postingan ini. Download surat edaran Mendikbud ( di sini )

Pemilihan moodle sebagai alat untuk pembelajaran jarak jauh atau untuk tes tertulis secara online, menurut saya adalah pilihan yang tepat dengan alasan sebagai berikut:


  1. Moodle adalah Learning Manajemen System (LMS) yang dirancang khusus untuk elearning berdasarkan konstruksi pegagodi
  2. Besifat Open Source alias Gratis
  3. Teknologi Moodle cukup mumpuni baik dari segi database komplit dan tampilan.
  4. Teknlogi database yang komplit dan rapi kita bisa mengetahui log atifitas detail siswa.
  5. Teknologi tampilan yang User Experience (UX) dapat dibuka pada semua jenis Laptop dan HP, tidak ambyar dan ringan.

Mungkin Anda masih pertama ini mengetahui ada aplikasi bernama moodle, jika ingin belajar beberapa postingan lama blog ini ada tentang moodle. Bisa belajar dengan menggunakan moodle gratis dari layanan moodlecloud, namun jumlah user dibatasi 50 user. Meskipun dibatasi cukup untuk satu kelas. ( selengkapnya )

Lalu bagaimana cara menggunakan moodle untuk Tes Tertulis atau Ujian Online? Pada moodle kita bisa membuat kuis online dengan fitur yang cukup lengkap seperti bentuk soal pilihan ganda, jawaban singkat, uraian, pertanyaan benar salah, mencocokan kata, mencocokan gambar dll. Kita juga bisa mengatur tanggal dan jam kapan tes ini bisa dikerjakan. Selanjutnya kita bisa seting agar hanya bisa dikerjakan satu kali saja. Selengkapnya silahkan baca pada postingan   ( di sini )

Akan lebih bagus jika moodle ini diinstal pada server yang dimiliki oleh sekolah, misalnya server UNBK kemudian di share lwat IP Public, Port Fowarnding, maupun VPS. Bisa juga kita instal moodle di hosting, istilahnya kita menyewa server, bisa hubungi (admin di sini). Lalu bagaimana terkait anggaran? seperti yang telah saya tulis di atas bahwa Dana BOS 2020 boleh digunakan untuk membiayai pembelajaran online.

Jika ingin belajar lebih tentang moodle silahkan gabung di pelatihan belajar bareng membuat elearning menggunakan moodle dengan kode kunci gabung: gurupenggerak ( daftar )

Lihat juga: Kiat Home Learning Yang Efektif

Demikianlah tentang Ujian Sekolah, UN, dan UKK untuk tahun 2020 ditiadakan karena covid 19 bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi moodle. Mohon koreksinya jika ada kekeluruan, terima kasih.


Sumber Referensi:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/un-2020-dibatalkan-ini-syarat-kelulusan-siswa
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Posting Komentar untuk "UJIAN SEKOLAH, UN DAN UKK DITIADAKAN BISA ONLINE PAKAI MOODLE"