Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Rumah Belajar Offline ( Tanpa Internet )

Postingan ini akan membagikan link download aplikasi rumah belajar offline sehingga bisa digunakan oleh sekolah tanpa koneksi internet untuk localhost lingkup sekolah. Aplikasi ini sangat cocok untuk sekolah yang kesulitan akses internet namun memiliki perangkat komputer yang baik.
download aplikasi rumah belajar offline tanpa internet
file aplikasi rumah belajar offline

Rumah Belajar merupakan sistem yang dibangun oleh Kemdikbud RI untuk pembelajaran berbasis online. Telah tersedia portal web rumah belajar, aplikasi versi android, dan aplikasi offline rumah belajar yang akan kami bagikan filenya sekaligus kami bahas cara penggunaanya.

Kementrian nampaknya tidak tanggung-tanggung dalam mengembangkan proyek rumah belajar. Rumah belajar dikembangkan dari tahun 2008 dan secara resmi diluncurkan 3 tahun setelahnya. Setiap tahun rumah belajar kemdikbud juga membentuk, menyeleksi guru-guru di Indonesia untuk menjadi duta rumah belajar. Selain itu diadakan pula lomba-lomba untuk lebih memperkenalkan rumah belajar, sekaligus mengisi content rumah belajar itu sendiri.

Pada tahun 2019, pemerintah mengalokasikan dan menyalurkan Dana BOS Afirmasi yang nampaknya juga bagian dari keseriusan dalam mengembangkan rumah belajar. BOS afirmasi merupakan dana yang diberikan untuk membantu meningkatkan mutu sekolahah di daerah tertinggal terdepan dan terluar. Ada juga BOS kinerja untuk meningkatkan pembelajaran pada sekolah sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan. Jumlah anggaran bos afirmasi mencapai Rp 4,35 Triliun.

BOS Afirmasi dan Kinerja harus untuk membeli perangkat komputer  yaitu Komputer PC server, Laptop, harddisk, router, Proyektor LCD, speaker, dan bisa juga untuk membeli tablet.

Karena perangkat komputer dari bos afirmasi cukup lengkap dan sudah bisa untuk membuat sistem elearning di sekolah. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi offline rumah belajar kemdikbud.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi rumah belajar offline.


1. Download file aplikasi offline rumah belajar kemdikbud.
Karena file ini besar sekitar 7 Giga Byte (GB) maka baiknya download di koneksi internet yang kencang dan stabil, disarkankan menggunakan software aplikasi downloader seperti IDM. Sehingga apabila koneksi internet terputus, proses download masih bisa dilanjutkan.
Link Download Aplikasi Rumah Belajar Offline




2. Setelah file terdownload, ekstrak file "RumbelPortable-semua.rar" dengan cara klik kanan --- ekstrak here.

3. Selanjutnya akan terlihat beberapa file dan follder, buka file yang bernama "RumbelPortable-semua" - Klik kanan - run as administrator
file rumah belajar offline portable


4. Setelah terbuka akan muncul tambilan UniServer Zero IX, Klik "Server Console". Selanjutnya nyalakan Apache dan MySQL hingga muncul warna hijau.
uni server zero rumah belajar portable


5. Jika berhasil maka akan langsung terbuka rumah belajar offline, dengan alamat: http://localhost:50080/index.php.  atau memakai port: 50080


Karena aplikasi berbasis web localhost maka link ini dapat dibuka pada banyak laptop, tablet, ataupun smartphone yang terhubung dalam satu jaringan. Caranya dengan melihat alamat IP pada laptop yang terinstall aplikasi rumah belajar offline / rumah belajar portabel.

Adapun cara seting agar bisa dibuka banyak laptop, caranya hampir sama dengan share aplikasi dapodik / eraport / pmp ( lihat di sini )

Lihat juga: Cara Mebuat Kelas Digital / Maya Rumah Belajar

Demikianlah yang bisa kami share tentang postingan yang berjudul Aplikasi Rumah Belajar Offline ( Tanpa Internet ), semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan.

Sumber Referensi:
https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/17/17004031/mengenal-bimbel-daring-gratis-rumah-belajar-dari-wahana-angkasa-hingga
https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/15/10284081/kemendikbud-siapkan-dana-rp-435-triliun-untuk-bos-afirmasi-dan-kinerja
https://oketiksmp.blogspot.com/2019/09/rumah-belajar-kemdikbud-offline.htmlhttps://oketiksmp.blogspot.com/2019/09/cara-sharing-rumah-belajar-offline.html

2 komentar untuk "Aplikasi Rumah Belajar Offline ( Tanpa Internet )"

  1. mohon info password akun admin nya donk...???

    BalasHapus
  2. mohon info password login akun adminnya donk...???

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.