Download Aplikasi PKG Revisi Terbaru

PKG adalah singkatan dari Penilaian Kinerja Guru yang harus dilaksanakan seorang kepala sekolah di akhir tahun. Akhir tahun merupakan keadaan yang sibuk di sebuah sekolah, selain harus melakukan penilaian akhir semester, laporan keuangan, laporan barang, dan tentunya PKG. PKG ini erat kaitanya juga dengan Penilaian Kinerja PNS (dulu namanya DP3).
Download aplikasi PKG revisi terbaru
tampilan menu utama aplikasi PKG

PKG penting dilakukan untuk jenjang karir Guru PNS kedepan bahasa mudahnya untuk kenaikan pangkat. Untuk guru kelas atau guru mapel, ada 14 Kompetensi yang dinilai pada PKG dan dikompokan menjadi 4 yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan, yaitu proses penilaian berdasar bukti yang dilakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung.

A. PKG (PENILAIAN KINERJA GURU)

1. Apakah dasar hukum pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru?

Pedoman pelaksanaan, petunjuk teknis (juknis) PKG ada pada peraturan / dasar hukum berikut ini:

  • a) Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  • b) Permendiknas No 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  • c) Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru tahun 2010;, dan
  • d) Pedoman Suplemen Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru tahun 2016.


2. Komponen apa saja yang dinilai dalam PK guru?

Jawab:
Komponen yang dinilai dalam PK Guru difokuskan pada penguasaan 4 (empat) kompetensi guru, yaitu: Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional yang dikaitkan dengan pelaksanaan tugas utama guru. Tugas utama guru mata pelajaran/kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran, sedangkan tugas utama guru BK/ konselor mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaporan serta tindak lanjut pembimbingan.

3. Kapankah durasi pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru?

Jawab:
Pelaksanaan penilaian kinerja guru dilaksanakan berdasarkan tahun kalender yaitu Januari ke Desember tahun yang berjalan.

4. Siapakah yang melaksanakan Penilaian Kinerja Guru?

Jawab:
Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah. Dalam hal jumlah guru banyak dalam satu sekolah, sekolah dapat membentuk tim penilai kinerja guru dengan ratio 5 sd 10 orang guru dinilai oleh 1 orang penilai.

5. Apa saja persyaratan bagi Penilai Penilaian Kinerja Guru?

Jawab:
Persyaratan minimal yang harus dipenuhi untuk menjadi penilai PK Guru adalah sebagai berikut.

  • a) Memiliki sertifikat pendidik.
  • b) Memiliki pangkat, golongan, dan jabatan minimal sama dengan guru yang dinilai.
  • c) Memiliki hasil PK Guru dengan nilai sebutan ‘Baik’ atau ‘Amat Baik’.
  • d) Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai atau serumpun atau menguasai bidang kajian guru/kepala sekolah yang akan dinilai.
  • e) Diutamakan telah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai penilai PK Guru yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi yang berwenang dengan berkoordinasi dengan Kemdikbud atau PPPPTK terkait atau LPMP setempat.
  • f) Diutamakan memiliki kemampuan melakukan pengamatan dan penilaian secara objektif, adil dan transparan atas kinerja teman sejawat.

6. Langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pelaksanaan PK Guru?

Jawab:
Pelaksanaan PK Guru dilakukan melalui 6 langkah, yaitu: wawancara sebelum pengamatan/pemantauan, pengamatan & pemantauan, pembandingan data hasil pengamatan/pemantauan dengan kriteria dan pemberian skor, pertemuan persetujuan hasil penilaian, mediasi (jika diperlukan), dan konversi angka kredit.

Agar pelaksanaan PK Guru dapat dipantau dan dikendalikan, maka semua kegiatan selama proses penilaian (misal:pengamatan, pemantauan, pengendalian internal) harus segera dicatat dalam format yang disediakan. Agar jalannya pelaksanaan PK Guru mudah ditelusuri dan diperiksa oleh tim pengendalian eksternal maka tanggal dan waktu setiap kegiatan juga harus dicatat.

7. Apabila ada ketidaksepakatan terkait dengan hasil penilaian antara yang dinilai dengan penilai, prosedur apa yang harus dilakukan?

Jawab:
Apabila terjadi ketidaksepakatan terkait dengan hasil penilaian, maka dapat dipanggil moderator (dalam hal ini bisa pengawas sekolah yang ditunjuk) untuk melakukan penilaian ulang terkait dengan hal-hal yang tidak disepakati. Hasil moderator bersifat final.

B. Download Aplikasi PKG Terbaru

Aplikasi PKG diperlukan guna mempermudah dalam pelaksanaan PKG baik itu dalam membuat dokumen dan untuk menhitung nilai PKG. Dengan adanya aplikasi kita dapat lebih cepat dan mudah dalam menghitung Angka Kredit dari PKG.

Ada banyak aplikasi berbasis excel yang beredar baik yang gratis maupun berbayar, namun kiranya kita harus bisa memilih aplikasi yang sesuai juknis PKG Revisi Terbaru yaitu berdasarkan Pedoman Suplemen Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru Tahun 2016.

Silahkan Gartis: Dowload Aplikasi PKG Revisi Terbaru 


Download juga: Buku Tanya Jawab Seputar Pembinaan Guru

C. Apa yang ada di PKG Revisi Terbaru 2016

Saya sendiri masih bingung, ada beberapa tambahan, pada Penilian Kinerja Guru (PKG) Terbaru ini untuk menjamin objeknifitas hasil PK Guru mengikutsertakan respoden yang terdiri dari:
1. Responden Peserta Didik
2. Responden Orang Tua Peserta Didik
3. Responden Instansi atau Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)
4. Responden Guru ( Teman Sejawat )

Pada revisi ini juga untuk mecakup tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru TIK.

Lebih lengkap silahkan baca: Buku 2 Pembinaan dan Pegembangan Profesi Guru, Pedoman PKG Tahun 2016

Demikianlah tentang PKG Penilian Kinerja Guru dan Aplikasinya. Semoga bisa mempermudah mendownload aplikasi PKG kemudian melaksanakanya di sekolah masing-masing. Apabila ada masukan dan koreksi silahkan melalui kotak komentar dibawah. Terima kasih

Sumber: Buku Tanya Jawab Pembinaan Guru & Buku 2 Pedoman PKG Tahun 2016

3 Komentar untuk "Download Aplikasi PKG Revisi Terbaru"

  1. sdh sy download tetapi ketika sy install terjadi error. apa solusinya ya?

    BalasHapus
  2. sdh sy download tetapi ketika sy install terjadi error. apa solusinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas laporan erronya, akan kami usahakan untuk memperbaharui link downloadnya.

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel