Elearning Kabupaten Purworejo

Daftar Isi
Elearning merupakan istilah pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK). Dengan Elearning memungkinkan siswa dan guru melakukan pembelajaran jarak jauh secara online. Di zaman yang serba online siswa bisa belajar kapan saja dimana saja menggunakan sistem Elearning asal terkoneksi dalam jaringan.

Kabupaten Purworejo berada di Provinsi Jawa Tengah dekat dengan kota Magelang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam mendukung pelaksanaan e-goverment dan smart city, elearning merupakan salah satu komponen pendukung. Melalui Perangkat Daerah  (PD) yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikpora) Kabupaten Purworejo elearning dilaksanakan dengan memberikan pelatihan-pelatihan secara intens dan berkelanjutan kepada guru.
elearning SMP N 3 Purworejo
tampilan elearning SMP 3 Purworejo

Menurut informasi yang kami dapatkan dari website Bapeda Purworejo, Tahun 2019 ini Dindikpora Kabupaten Purworejo mengimplementasikan program e-learning di 26 sekolah dasar, yang diantaranya merupakan SDN Kliwonan dan SDN Pangengudang di Kecamatan Purworejo, SDN Pekutan dan SDN Grantung di Kecamatan Bayan, SDN Loano di Kecamatan Loano, serta SDN Kaliboto dan SDN Kamijoro di Kecamatan Bener.

Adapun berdasarkan pencarian google sudah banyak SMP yang mengonlinekan elearning menggunakan alamat websitenya / domain sekolah, diantaranya:
1. SMP Mutiara Bangsa: http://www.mutiarabangsa.id
2. SMP Negeri 3 Purworejo:
3. SMP Negeri 21 Purworejo: https://smpn21purworejo.sch.id

Di Tahun 2019 ini pemerintah pusat juga mengalokasikan dana BOS Afirmasi untuk mendukung pembelajaran digital untuk sekolah yang mempunyai kinerja bagus dan sekolah dalam tanda kutip pinggiran. Ada sekitar 150 sekolah yang menerima bantuan ini. BOS Afirmasi ini digunakan untuk pembelian perangkat komputer dan tablet untuk bisa mengakses elearning yang dikembangkan oleh Kementerian yakni rumah belajar kemdidikbud yang beralamatkan di https://belajar.kemdikbud.go.id

Lihat juga: Cara membuat akun kelas digital rumah belajar.

Menurut kami tentu ini juga mendukung kegiatan elearning yang dilakukan/dilaksanakan Dinas Pendidikan.

Elearning Kabupaten Purworejo dibangun menggunakan LMS Moodle yang telah dimodifikasi oleh tim. Dengan menggunakan elearning siswa tidak hanya bisa membuka materi namun juga melakukan latihan soal. Guru dapat menggunakannya untuk melakukan penilaian. Setiap guru dan siswa memiliki akun username dan password sendiri sendiri. Pada postingan sebelumnya kami juga posting tentang beberapa tutorial tentang moodle silahkan cek klik sini.

Kami juga menyediakan layanan pembuatan domain sekolah resmi sch.id barang kali ada bapak Ibu Guru yang membaca tulisan ini dan berkeinginan untuk mengonlinekan elearningnya. Domain sch.id adalah alamat yang digunakan khusus untuk sekolah. Info lebih lanjut dengan harga terjangkau langsung kontak disini.

Demikian sedikit informasi tentang elearning yang ada di Kabupaten Purworejo, semoga dengan adanya elearning dapat meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih.

Referensi:
https://dindikpora.purworejokab.go.id/beberapa-satuan-pendidikan-di-kabupaten-purworejo-mendapatkan-bos-afirmasi-dan-kinerja-tahun-2019
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar