Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019

Aplikasi PMP versi 2019 telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada 9 September 2019. Pada postingan ini akan kami akan share tentang cara pengerjaannya. Aplikasi PMP sebaiknya dikerjakan masing-masing guru karena isinya berbentuk kuesioner dan telah disediakan versi PMP online dan Android.
aplikasi pmp 2019 online
tampilan login aplikasi pmp


Adapun langkah-langkah pengerjaan aplikasi PMP 2019 menurut versi tasADMIN.id sebagai berikut.


[Daftar Isi]



A. Lengkapi dan Sinkron Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

Kenapa harus sinkron dapodik versi terbaru untuk mengerjakan aplikasi PMP? Karena sumber data responden dari dapodik. PMP versi 2019 sudah daring atau online jadi datanya bersumber dari dapodik yang sudah dikirim atau sinkron. Hal ini berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya disediakan versi offline. Perbedaan PMP versi 2018 dengan 2019 dapat dibaca pada postingan sebelumnya klik disini.

B. Download Aplikasi PMP 2019

Download dan install aplikasi PMP Dikdasmen terbaru. Disediakan beberapa jenis aplikasi pmp yaitu:
Aplikasi PMP Online: Disebut juga aplikasi daring (dalam jaringan), untuk aplikasi versi ini tidak perlu mengistall pada laptop. Cukup buka browser favorit Bapak/Ibu Guru dan ketikan alamat: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/
Aplikasi PMP Android: Dapat di install pada handphone atau smarphone android masing-masing responden dalam hal ini bisa Guru, Siswa, maupun Komite.
Aplikasi PMP iOS: Seperti halnya Android namun sistem operasi iOS
Aplikasi PMP Offline: Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan versi online karena belum tersedia sarana prasarana internet yang bagus bisa menggunakan versi offline. Install dan isi kuesioner setelah itu kirimkan data saat tersedia akses internet. Aplikasi versi offline juga dapat dikerjakan secara bersamaan menggunakan beberapa laptop dan smartphone (pelajari selengkapnya)

C. Isi Kuesioner PMP dengan Jujur

Inti dari aplikasi PMP adalah kuesioner yang hasil jawabannya digunakan untuk data Pemetaan Mutu Pendidikan. Apabila pengisian kuesioner tidak diisi dengan sebenarnya bahkan asal isi maka tujuan pemetaan mutu tidak berhasil. Beberapa pihak mempertanyakan kevalidan data pengisian PMP yang tidak bisa dijadikan potret mutu pendidikan di Indonesia. Terindikasi  bahwa yang mengisi PMP hanya operator sekolah, ada juga sebuah alat yang digunakan operator untuk menyalin isi kuesioner. Jika ada kepala sekolah yang memberikan tugas pengisian PMP kepada hanya diserhakan pengisiannya ke operator sekolah, apakah sudah tidak peduli dengan pendidikan di Indonesia?

Kuisioner PMP merupakan kuesioner instrumen untuk kegiatan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Sehingga jika diisi dengan sebenarnya maka dapat dijadikan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan sekolah. Yang pada akhirnya sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan atau paling tidak sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan  (SNP)


D. Jumlah Minimal Responden PMP

Berapa banyak responden minimal yang harus mengisi PMP?
Responden PMP untuk SD:
Pengawas Sekolah: tidak mengisi kuesioner SD
Kepala Sekolah: 1 Orang  (Menggunakan akun operator)
Guru Kelas: 6 Orang
Guru Mapel: 2 Orang
Siswa SD Kelas IV, V, V : 15 Orang
Ketua Komite Sekolah: 1 Orang
Orang Tua Siswa: 2 Orang


E. Cara Pengisian Kuesioner PMP

Untuk bisa login aplikasi PMP harus menggunakan akun username dan password masing-masing PTK yang telah dibuat dapodik. Adapun cara mengisi PMP online adalah sebagai berikut:

1. Login Aplikasi PMP

Untuk bisa login aplikasi PMP harus dilakukan menggunakan akun operator sekolah / akun operator dapodik. Saat saya mencoba login pada tanggal 15 Oktober 2019, passwordnya menggunakan yang lama.

2. Membuat akun login PMP Guru 

Setelah berhasil login menggunakan akun operator langkah selanjutnya adalah menentukan guru yang akan mengisi responden. Caranya

  1. Masuk ke Menu Pengaturan --- Manajemen Pengguna 
    manajemen pengguna aplikasi pmp 2019
  2. Klik pada menu/icon gambar strip/garis tiga yang letaknya ada pada bagian samping, kemudian pilih kandidat responden 
    kandidat responden pmp 2019
  3. Sesudah dipilih menjadi responden maka guru tersebut dapat melakukan pengisian kuesioner PMP


Untuk akun login mandiri, pada saat saya mencobanya menggunakan akun username dan password yang telah dibuat pada dapodik.

3. Mengisi kuesioner EDS

Silahkan isian kuesioner dengan kondisi yang sebenarnya. Pengisian kuesioner tidak harus langsung selesai, bisa dilanjutkan lain hari. Akan tampil progress pengisian PMP. Namun jika ingin melanjutkan pengisian nanti, maka disarankan untuk log out terlebih dahulu karena durasi pengisian PMP dihitung dengan lamanya durasi login.

Cara mengisi kuesioner EDS, masuk pada menu Kuesioner --- Isi Kuesioner. Ada 5 bagian yang harus diisi yaitu: Hasil Belajar, Isi Pendidikan, Proeses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, dan Pengolaan Pendidikan.
pengisian kuesioner pmp 2019 online

Untuk memulai mengisi kuesioner, klik rincian --- tanda >

Saat mengisi, setiap dapat beberapa nomor silahkan di simpan.

4) Dapatkan Penghargaan Badge

Responden akan menerima penghargaan / badge unik jika menyelesaikan suatu tahapan. Ini mungkin dibuat pengembang agar responden tidak merasa bosan dan bersemangat dalam pengisian kuesioner pmp.



F. Berguru PMP dengan Sekolah Model SPMI

Jika ada kesulitan dalam penggunaan aplikasi PMP kita bisa berguru dengan sekolah model SPMI. Program Sekolah Model SPMI adalah sebuah program LPMP dalam membangun "budaya mutu" sekolah melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Program ini melibatkan beberapa sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Model dan beberapa Sekolah Imbas.

Sekolah yang menjadi sekolah model mendapatkan pelatihan langsung dari LPMP setempat. Setelah itu mengadakan kegiatan bersama sekolah imbasnya. Materi kegiatan sekolah model SPMI tentang budaya mutu yang diantaranya  terkait kurikulum dan perbaikan mutu sekolah menggunakan instrumen evaluasi diri sekolah (EDS). Dalam melakukan evaluasi diri sekolah digunakan raport mutu dari aplikasi PMP.


Baca Juga:
1. Cara Mengubah Username dan Password Dapodik
2. Perbedaan PMP 2018 dengan PMP 2019
3. Cara Membuka Dapodik / PMP Offline Menggunakan Wifi

UPDATE APLIKASI PMP VERSI OFFLINE

Selengkapnya: https://www.tasadmin.id/2019/11/pmp-offline-2019-cara-installnya.html

Demikianlah yang dapat tasADMIN sharing bagaimana cara jitu mengerjakan aplikasi PMP 2019, ada kekurangan dan ketidak jelasan kalimat pada tutorial ini mohon koreksi dan sarannya. Terima kasih.


Referensi:
1. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/program-sekolah-model-spmi-menuju-sekolah-berbudaya-mutu-secara-mandiri-tahap-i/
2. http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

16 Komentar untuk "Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019"

  1. Sampai saat ini pengisian Kosioner PMP Tidak sesuai dengan apa yang diharapkan web terlalu lambat selalau gagal di akses gimana cara mengisinya buka pengisian kosioner saja menunggu sampai berjam-jam begitu keluar diisi mau nyimpan eh mala tambak lambat lagi yang pada akhirnya gagal menyimpan sia sia waktu. Mohon untuk dibenahi servernya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nampaknya untuk aplikasi PMP blm siap online... mudah yang versi offline. Kalau operator yang mengisi kan dari hasil pengisian responden dari cetak kertas maka sia sia aplikasi kuesioner online ini malah boros anggaran

      Hapus
    2. Harapannya kepada TIM ADMIN PMP segera menambah kapasitas kecepatan servernya biar kami yg di bawah lebih mudah mengngisi Kosionernya.
      sedangkan Kami juga selalu di tegur oleh Pengawas dikiranya kami tidak mau kerja beliau kurang paham dgn lambatnya server PMP Beliau hanya mudah Memerintah karena tututan dari atas.
      kami OPERATOR selalu jadi sasaran sedangkan HONOR yang diterima tidak sesuai dengan entrian data yang begitu lambatnya. Mohon saran dan masukannya biar bisa menjawab kepada Kepala Sekolah dan Pengawas Binaan Terimakasih

      Hapus
    3. Wah ternyata dimana mana sama ya, pengawas ingin sekolah segera menyelesaikan PMP. Padahal hanya untuk membuka satu kuesioner saja butuh waktu lama. Sebaiknya pihak LPMP juga menginformasikan keadaan aplikasi PMP yang sebenarnya kepada Pengawas sekolah. Sehingga kita kerja sama-sama enak

      Hapus
  2. Kalau boleh offline PMP segera di fungsikan, supaya kami operator tidak tunggu lama untuk kirim jawaban,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... menurut info dari w.a. kabarnya PMP versi offline akan rilis setelah patch dapodik rilis. Saat ini updater / patch dapodik 2020a patch 1 sudah rilis

      Hapus
  3. op selalu sama, sama2 ditanyain melulu tiap hari meski setiap klik quesioner udah saya screen shot ke kasek n pengawas tapi saat proses simpan................hasilnya masih 0%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kebanyakan para pengawas tidak tau bahwa aplikasi pmp online ini sulit dibuka. Sebaiknya sebelum pengawas tanya operator bisa melaporkan dulu ke pengawas, barang kali pengawas akan meneruskannya ke pihak yang lebih tinggi yaitu LPMP

      Hapus
  4. PMP ini kan tugas masing2 guru, bisa diakses lewat smartphone diunduh aplikasinya di Playstore. Di daerah kami, OPS malah dilarang mengisi PMP krn ditakutkan diisi asal2an tdk sesuai kondisi guru, pembelajaran, kelas, dll. Jadi aneh, jika jadi beban OPS lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus sekali ini, namun belum semua daerah seperti ini. Namun kalau diperhatikan saat ini aplikasi pmp online ini sulit dibuka ketika pertama mbuka sudah loading trus udah keburu males he

      Hapus
  5. Bagaimana solusinya. yang terbaca di apliasi kuesioner 11 point trus kita buka diaplikasi pmp yang ada memng 11 point tapi tidak ada kolom untuk menjawab. jadi terbaca di kemajuan itu tdk sampai 100 % gara2 si nomor 11 ini. solusinya utk memunculkan jawabnya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, itu salah satu bugs pada aplikasi PMP 2019.11 ditunggu saja, tentunya akan diperbaiki

      Hapus
  6. Bagaimana cara mengatasi PMP Offline Kuisioner Bagian B Nomor 12 Sub Nomor 11 tidak muncul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengatasi maslah tersebut sikahkan lakukan sinkronisasi, lwat menu sinkronisasi. selengkapnya silahkan di postingan ini: https://www.tasadmin.id/2019/11/daftar-error-aplikasi-pmp-dan-solusi.html

      Hapus
  7. Kenapa pada pengisian online selalu gagal menyimpan

    BalasHapus
  8. apa di sini ada yang bisa 100 % pengisianya ? padahal saya mengisi 100 % kuesioner2nya

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel