Cara Praktis Screenshot Laptop

Screenshot atau juga disebut Screen Capture adalah mengambil tampilan layar pada laptop / komputer untuk disimpan dalam bentuk format gambar. Screenshot sering digunakan untuk membuat tutorial penggunaan aplikasi-aplikasi yang ada di komputer atau membuat panduan bagaimana cara mengoperasikan sebuat software aplikasi. Yang sering menggunakan screenshot biasanya guru TIK, blogger, atau yang aktif di forum-forum online yang membahas tentang komputer dan internet.
Cara praktis dan mudah sreenshot laptop

Saya sebagai tenaga administrasi atau operator sekolah yang tidak jauh dari laptop dalam bekerja juga sering menggunakan screenshot yang digunakan untuk memperjelas pertanyaan maupun jawaban jika berdiskusi secara online.

Ada banyak cara screenshot, namun pada postingan ini saya akan share yang menurut saya paling praktis dan mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan yang otomatis ada disetiap laptop yang menggunakan sistem operasi windows 10 yaitu "Snip & Sketch".

Snip & Sketch adalah aplikasi bawaan dari microsoft dan dipasang pada windows 10 yang bisa digunakan untuk screenshot laptop atau mengambil tampilan layar laptop. Yang saya suka dari aplikasi ini adalah setelah kita screenshot kita bisa langsung mengedit gambar seperti memberi tanda, memberi stabilo, dan bisa langsung di copy paste ataupun disimpan dalam fomat .png maupun .jpg. Dan yang terpenting aplikasi ini ringan, sudah ada di windows 10 sehingga tidak perlu instal aplikasi lain yang bisa memberatkan laptop jika speknya pas-pasan.

Cara praktis screen shoot laptop menggunakan aplikasi snip sketch.


  1. Klik menu "Windows" --- pilih "Snip & Sketch" menggunakan snip & sketch
  2. Kemudian "New" untuk membuat screenshoot baru. 
  3. Klik tahan geser pada area yang akan diambil gambarnya.
  4. Kita bisa langsung mengedit gambar dan menambahkan tanda seperti coretan dan stabilo cara screenshot menggunakan snip & sketch
  5. Setelah itu kita bisa langsung copy paste ataupun di simpan dalam format .png atau .jpg


Bagaimana praktis dan mudah bukan?
Sebagai alternatif bisa juga pakai tombol pada keyboard "prt sc" (lihat videonya disini)
---
Lihat juga:
---

Demikian lah tentang cara praktis dan mudah screen shoot pada layar laptop dan komputer, semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk teman-taman semua.

Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Screenshot Laptop"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel