Cara Daftar Kelas Digital Rumah Belajar Lengkap

Salahsatu fitur yang ada di rumah belajar kemdikbud https://belajar.kemdikbud.go.id/ adalah Kelas Digital / Kelas Maya. Merupakan Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar dan penilaian yang dapat diakses secara online. Lalu bagaimanaca cara mendaftar dan memanfaatkan fitur kelas maya ini?
Cara daftar kelas digital / maya rumah belajar kemdikbud
tampilan web kelas digital rumah belajar

[Daftar isi]


Secara umum ada 3 jenis akun yaitu akun Penyelenggara/Sekolah, Akun Guru, dan Akun Siswa. Ketiga akun ini saling terkait. Baiklah saya akan coba jelaskan bagaimana cara mendaftar akun tersebut.

A. Cara daftar Sebagai Penyelenggara Akun Sekolah Kelas Maya

Penyelenggara ini yang dimaksud adalah akun untuk sekolah, nantinya pada akun ini bisa melihat rekap akun siswa dan akun guru. Cara mendaftarnya cukup mudah.

  1. Masuk ke halaman https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/User/DaftarPenyelenggara
  2. Isikan ID User dengan yang ringkas dan mudah diingat, misalnya sdn002. Ini karena untuk keperluan login. Jika sampai lupa maka akan sulit untuk bisa login rumah belajar.
  3. Isikan data sekolah Anda pada formulir yang tersedia. Gunakan data asli sekolah, dengan menggunakan alamat email yang aktif. Jika Anda mendaftarkan untuk akun sekolah pilih pada Nama Tingkat Wilayah diisi Daerah Tingkat II.
  4. Terakhir masukan kode Captha, dan klik "Daftar"

Jika sudah berhasil silahkan login menggunakan ID User dan password yang telah dibuat tadi. Tampilanya akan seperti ini
akun sekolah / penyelenggara rumah belajar

B. Cara daftar Sebagai Guru Kelas Maya Rumah Belajar

Untuk bisa melakukan pembelajaran secara online, setelah membuat akun penyelenggara/sekolah. Selanjutnya masing-masing guru harus membuat akun guru secara mandiri. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Buka halaman https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/User/DaftarInstruktur
  2. Isikan ID User Guru dengan yang ringkas dan mudah diingat, misalnya nama panggilan. Ini karena digunakan untuk login.
  3. Isi formulir yang telah disediakan secara lengkap.
  4. Pilih Sekolah Penyelenggara, jika tidak tampil isikan Nama Tingkat Wilayah: Daerah Tingkat II. Kemudian wilayah diisi Kabupaten mana.
  5. Jika sudah lengkap, lanjut isi kode Captha dan klik "Daftar".


Setelah berhasil, silahkan login menggunakan ID User Guru dan password yang telah didaftarkan tadi. Tampilan login guru akan seperti ini:
akun guru kelas maya rumah belajar


C. Cara Daftar Sebagai Siswa Kelas Maya Rumah Belajar

Setelah akun Sekolah dan Guru dibuat, selanjutnya membuat akun siswa. Saat tutorial ini dibuat belum ada fasilitas buat akun siswa secara kolektif. Untuk itu siswa juga harus membuat akun sendiri-sendiri. Cara buat akun siswa kelas digital rumah belajar sebagai berikut:


  1. Buka alamat: https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/User/Daftar
  2. Isikan ID User Siswa dengan yang ringkas dan mudah diingat, misalnya nama panggilan. Nantinya ID ini digunakan untuk login siswa.
  3. Isi formulir yang telah disediakan secara lengkap.
  4. Pilih Sekolah Penyelenggara, jika tidak tampil isikan Nama Tingkat Wilayah: Daerah Tingkat II. Kemudian wilayah diisi Kabupaten. Untuk menampilkan data terkadang butuh beberapa saat / agak lemot. Ketik kata kunci nama SD untuk mempercepat pencarian.
  5. Jika sudah lengkap, lanjut isi kode Captha dan klik "Daftar".
  6. Selanjutnya Anda akan diarakah untuk mengupload foto profil, Jika sudah silahkan disimpan.
  7. Klik menu dashboard untuk melihat halaman menu utama. Jika masih pertama maka akan ada keterangan Belum ada kelas yang sedang anda ikuti
  8. Silahkan klik tombol "Cari Kelas" untuk mulai belajar online. Tunggu beberapa saat sampai halaman terload semua. 
  9. Kita akan mencari sekolah asli dimana kita belajar, ketikan nama sekolah pada kolom Pilih Sekolah.
  10. Klik "Pencarian lebih lanjut", cari nama guru. ketikan nama guru kemudian spasi.
  11. Selanjutnya akan tampil kelas yang telah dibuat oleh guru. kemudian klik pada ikon kelas. Pada proses pencarian harap agak bersabar, jika tergesa-gesa Hasil pencarian kelas tidak dapat ditemukan. Setelah kelas ditemukan klik pada nama kelas tersebut lalu pilih "Daftar" 
    daftar ke kelas maya rumah belajar
  12. Setelah berhasil maka akan tampil daftar kelas diikuti seperti ini 



Selain sesuai kelasnya sendiri, siswa dapat mengikuti kelas lainya yang telah dibuat oleh guru se Indonesia, jadi kamu bisa belajar dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.
belajar dengan siapa saja rumah belajar

Lihat juga: Membuat Media Pembelajaran berbasis TIK Moodle

LANJUT CARA MEMBUAT KELAS
PENUTUP
Demikianlah yang bisa saya share, bagaimana cara mendaftar di kelas maya / digital yang disediakan Kemdikbud melalui portal rumah belajar. Semoga kedapan dapat kami posting tutorial lebih rinci tentang penggunakan aplikasi ini. Jangan lupa bagikan ke orang lain supaya tahu bahwa Kemdikbud menyedikan layanan bimbel online gratis. Terima kasih
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

1 komentar untuk "Cara Daftar Kelas Digital Rumah Belajar Lengkap"

  1. kelas maya saya sdh beberapa bulan tdk dipake, mengapa sekarang tdk dpt berfungsi lagi ? mohon infonya.trims

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK