Aplikasi Piagam Juara Kelas Format Excel

Assalmualaikum Wr Wb.

Pada kesempatan ini akan kami share aplikasi piagam penghargaan juara kelas berformat excel. Sebelumnya telah diposting tentang beberapa aplikasi berbasis excel. Kali ini adalah aplikasi piagam penghargaan. 

Aplikasi piagam juara kelas ini digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan piagam dengan jumlah yang banyak. Piagam juara kelas bisa dibuatkan sekolah untuk diberikan kepada siswa yang memperoleh juara kelas ataupun peringkat, sehingga dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Dengan memberikan piagam penghargaan ini bisa menjadkan bentuk reward kepada peserta didik, dan menambah motivasi semangat peserta didik

Dengan menggunakan aplikasi piagam selain mempermudah untuk mencetak/membuat piagam, Anda mempunyai data siswa yang berprestasi dari tahun-tahun yang bisa dijadikan dasar analisis untuk lebih meningkatkan prestasi peserta didik. Dalam hal ini juga bisa mencari bibit peserta didik berprestasi untuk dijadikan peserta dalam mengikuti perlombaan antar sekolah.

Aplikasi ini kami susun terinspirasi dari aplikasi yang sebelumnya telah ada, Anda bisa mencarinya melalui google, telah banyak blog yang mensharenya. Dari itu kami mencoba menyusun dengan gaya tersendiri namun sebenarnya kata-kata nya masih sama dari aplikasi tersebut. Mungkin nanti ada saran dari Anda agar kata-kata dalam piagam menjadi lebih baik, atau bisa Anda ganti sendiri sesuai kebutuhan dan selera.

Aplikasi cetak piagam juara kelas yang telah selesai kami susun menggunakan program microsoft excel 2007 terdiri dari beberapa sheet. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007 aplikasi ini dapat dibuka menggunakan microsoft excel 2010. Adapun sheet yang terdapat dalam aplikasi secara umum adalah sebagai berikut

Sheet Menu Utama Piagam Format Excel

Pada sheet menu utama kita mengisikan data utama yaitu data kop surat, data kepala sekolah, dan data tahun pelajaran. Pada sheet ini jerdapat tombol link menjutu sheet lain.
aplikasi piagam penghargaan berbasis excel

Sheet Wali Kelas
Di sheet wali kelas kita isikan data wali kelas, karena piagam ini akan ditanda tangani oleh kepala sekolah dan wali kelas. Pada sheet ini juga harus mengisi data kelas karena data ini menjadi sumber data pada sheet berikutnya yaitu data siswa yang memperoleh penghargaan.
data sheet piagam

Sheet Data Siswa
Pada sheet data siswa ini kita isikan data siswa yang memperoleh juara kelas, tersedia peringkat pertama, kedua, dan ketiga, serta nilai rata-rata siswa..
sheet data siswa untuk piagam

Sheet piagam
Pada sheet piagam adalah sheet untuk menampilkan piagam yang akan kita cetak. Disini telah dibuatkan 7 template variasi yang kesemuanya itu tidak diberi password sehingga Anda bisa mengeditnya sesuai selera atau sesuai kebutuhan. Dan berikut ini tampilan sederhana template piagam penghargaan untuk siswa juara kelas.

Template Piagam 1 (dasar)
template piagam exel 1


Template Piagam 2 (Hijau)


template piagam exel 2

Template Piagam 3 (Orange)
template piagam exel 3

Template Piagam 4 (Batik)

template piagam exel 4

Template Piagam 5 (colour full )
template piagam exel 5

Template Piagam 6 (gold)
template piagam exel 6

Template Piagam 7 (water)
template piagam exel 7



Untuk mencetaknya menggunakan kertas ukuran A4 dengan orientasi landscape.

Rumus yang digunakan dalam aplikasi.
Aplikasi ini menggunakan fungsi rumus vlookup. Selain itu ada sedikit fungsi macro yang ditambahkan untuk mempermudah pencetakan tombol print. Tombol Anak panah atau spin button, menu, dan print tidak akan ikut tercetak. 

Ditambahkan juga macro untuk otomatis menyimpan data ketika di close, sehingga kita tidak perlu mengklik tombol simpan, namun tentu saja sebelum menggunakan aplikasi terlebih daulu kita mengkatifkan/ mengenable macronya.
template piagam exel 7



Untuk lebih jelasnya bisa melihat video yang telah kami upluad melalui link yotube ini.


Kritik dan saran
Aplikasi ini masih sederhana dan masih banyak kekurangan, terutama dari sisi desain yang masih sangat simple. Kritik dan saran dari Anda kami harapkan agar aplikasi ini menjadi lebih baik dan bisa digunakan untuk mencetak piagam penghargaan.

Download aplikasi
Anda bisa langsung mendownload aplikasi tanpa ribet melalui link berikut
aplikasipiagam  pswd

link drive google https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

File size aplikasi cukup besar karena didalamnya terdapat beberapa gambar border.

Tambahan:
Selain menggunakan vlookup pada microsoft excel, aplikasi sertifikat piagam dapat dibuat menggunakan menu mailings yang ada pada microsoft word. Berikut adalah: Tutorial Cara Cepat Membuat Sertifikat Piagam pada Microsoft Word

Aplikasi ini berbasis excel, namun mengapa extensinya .exe ini karena telah dibuat seperti installer menggunakan winrar.

Sekian, yang bisa kami share, semoga bermanfaat. Anda bisa memberi dukungan dengan melihat link video berikut ini dan memberikan likenya https://youtu.be/YYktObtXmvs

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

13 komentar untuk "Aplikasi Piagam Juara Kelas Format Excel"

  1. Assalamu'alaikum,. Link nya tdk bs terbuka mas, mohon petunjuknya.. Thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Waalaikumsalam
      gunakan link ini https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
    3. Waalaikumsalam
      gunakan link ini https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
  2. link aplikasi untuk piagam error, yg link drive bukan untuk piagam tapi aplikasi raport K13 Min, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya, berikut link download aplikasi https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
  3. Kenapa tidak bisa di buka linknya

    BalasHapus
  4. Untuk semuanya sudah bagus. Tetapi mengapa nama kepala sekolah tidak bisa diedit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk nama sekolah bisa langsung diedit pada sheet cetak, namun sebelumnya unprotect dulu. Cara untprotect sheet: klik kanan nama sheet --- pilih unprotect

      Hapus
  5. aplikasi nya sangat membantu,. tp nama kepala sekolah tidak bia diganti.. minta tolong bagaimana caranya merubah nama kepseknya pa,.. tq be4

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK