Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

YANG DILAKUKAN OPS AWAL TAHUN PELAJARAN

Alhamdulillah, kita diberikan nikmat sehat.
Pada kesempatan ini akan coba saya tuliskan apa yang harus saya lakukan ataupun tentang pekerjaan yang dikerjakann saat tahun ajaran baru sebagai OPS atau Operator Sekolah. Operator sekolah dalam hal ini kita bisa samakan dengan tenaga administrasi sekolah. Namun sebelumnya saya mohon maaf jika dalam penyampaian melalui tulisan ini masih jauh akan kualitasnya.

Tahun ajaran baru adalah tahun dimana sekolah memulai kegiatan berdasar program-program yang telah disusun sebelumnya. Tahun ajaran baru adalah moment dimana anak mulai masuk sekolah baru ataupun naik kelas. Kegiatan pada awal tahun ajaran baru dari tugas saya sebagai operator sekolah adalah untuk membantu kegiatan PPDB yang selanjutnya diikuti dengan pendataan dan updating data DAPODIK untuk dikirim sekaligus sinkronisasi data ke server Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemdikbud).
form s1 siswa baru
s1 - formulir pendaftaran

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang disingkat PPDB ada juga yang menyebut dengan Penerimaan Siswa Baru atau yang disingkat PSB. Namun kita akan menggunakan istilah PPDB saja. Hal-hal pokok yang harus dilakukan OPS saat kegiatan PPDB sudah dapat kita ketahui pada buku pedoman administrasi kesiswaan. Postingan sebelumnya pada blog ini sudah diposting tentang pedoman administrasi kesiswaan.
Dapat diketahui bahwa kita harus membuat format formulir peserta didik baru, dan kemudian rekapnya.

Kegiatan PPDB, pekerjaan yang bisa dilakukan adalah kita mencari juknis PPDB terbaru, akan tanggal pelaksanaan, syarat, dan cara pelaksanaan. Setelah itu kita membuat pengumuman tentang penerimaan peserta didik baru.

Formulir Peneerimaan Peserta Didik Baru merupakan hal yang penting. Format ini adalah format S-1. Sekarang ini banyak tersedia aplikasi-aplikasi PPDB format excel yang datanya lengkap sesuai dengan data dapodik. Namun saya rasa untuk formulir untuk keperluan peserta didik baru belumlah melihat data secara lengkap. Untuk pendataan lengkap bisa dilakukan setelah siswa benar-benar diterima. Yang harus diperhatikan saat membuat formulir supaya dibuat dengan rapi dan jelas, agar yang mengisi formulir juga jelas. Biasanya untuk mengisi formulir menggunakan huruf balok atau kapital

Selanjtnya kita membuat atau mengisi format S-2 yaitu daftar calon peserta didik baru. Semua pendaftar dimasukan ke format ini untuk selanjutkan dilakukan analisis dan penyusunan peringkat. Penyusunan peringkat sangat berguna ketika pendaftar melebihi kuota. Untuk penyusunan peringkat di tempat saya bekerja, tepatnya di sekolah dasar penyusunan peringkat disusun berdasar usia, jarak tempat tinggal, dan nomor pendaftar. Usia peserta didik yang diterima minimal 6 tahun dan yang berumur 7 tahun wajib diterima. Jarak tempat tinggal juga sangat berpengaruh pada penyusunan peringkat, instilah di tempat kami adalah bina lingkungan. Selain penyusunan peringkat nomor pendaftaran juga diperhitungkan karena pendaftar pertama tentunya dari awal sangat ingin bersekolah di satuan pendidikan tersebut. Selain kriteria tersebut yang tak kalah penting adalah berkas persyaratan, kalau sekarang rata-rata sudah melaui TK. Untuk itu berkas persyaratan harus mengumpulkan Ijazah TK asli. Hal ini untuk mengantisipasi adanya peserta didik yang mendaftar ditempat lain. Bisa dibayangkan jika calon pesrta didik itu mendaftar di Sekolah yang lebih favorit jika diterima pasti akan memilih sekolah tersebut. Kalau pengumuman penerimaan berbarengan maka kita merasa dirugikan.

Setelah menentukan mana-mana siswa yang diterima, data tersebut kita lanjutkan untuk diisikan ke format siswa baru (format-S3) Format-format ini akan kita laporak ke UPT ataupun Dinas.

Pendataan dan Update Data Dapodik

Setelah kegiatan penerimaan peserta didik baru selesai. Maka selanjutnya Operator Sekolah akan disibukan dengan pendataan dan updating data dapodik. Agar bisa tepat waktu dalam pendataan dapodik kita bisa menyiapkan beberapa hal. Kita persiapakn aplikasi dan formulir dapodik. Formulir dapodik tentunya bisa dikatakan masih sama dengan tahun sebelumnya namun mungkin ada sedikit tambahan, untuk itu kita bisa menunggu dahulu setelah dapodik baru dipublikasikan. Karena tahun ajaran baru biasanya juga diikuti dengan peningkatan versi dapodik dengan peningkatan performa berikut fiturnya.

Kita bisa memantau tentang dapodik pada website resmi dapodik yaitu http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ atau bergabung di grup-grup media sosial, ataupun tentunya kelompok kerja Operator Sekolah jika ada. Dan mengikuti instruksi atasan kita.

Kemungkinan untuk tahun ajaran 2016 / 2017 akan ada form untuk mengisikan nomor Kartu Indonesia Pintar. Saat tulisan ini ditulis masih banyk membahasa tentang kartu indonesi pintar (KIP), tentang kenapa datanya ada kesalah penulisan, dan tentang cara memaskan data KIP di dapodik. Karena di aplikasi dapodik form untuk mengisi KPS/KIP. Dan  saya mengisikan nomor KIP pada form ini, karena sudah ada jawaban dari Admin dapodik.

Berikut ini adalah contoh formulir dapodik yang dibuat menggunakan microsoft excel. Terdiri dari formulir Peserta Didik (F-PD) dan Formulir Pendidik Tenaga Kependidikan (F-PTK). Untuk formulir peserta didik kami susun untuk SD sehingga kurang lengkap. Silahkan bagi yang membutuhkanya download form dapodikdas pd dan ptk. Dan berikut ini gambarnya:
formulir dapodik siswa ptk


Untuk pengisian dapodik ini kita tidak perlu tergesa-gesa, kita perlu lebih teliti karena data awal peserta didik berawal dari sini untuk penerbitan NISN. Bukan hanya mengisi data yang tidak perlu tergesa-gesa termasuk untuk menginstal aplikasi dapodik, kita baiknya mebaca buku petunjuknya dahulu dan membaca paska launching dapodik dimedia sosial, mungkin saja ditemukan beberapa erorr dan cara mengatasinya,

Kiranya itu yang bisa saya tulis, terima kasih telah berkenan utuk membacanya. Semoga pekerjaan kita dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

Posting Komentar untuk "YANG DILAKUKAN OPS AWAL TAHUN PELAJARAN"