Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NOMOR KIP TERISI OTOMATIS SAAT SINKRONISASI DAPODIK

Waktu-waktu ini saat ini ditulis memang lagi banyak yang membahas tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) salahsatunya tentang penulisan data dan kevalidannya. Postingan sebelumnya telah diposting bagaimana cara memasukan nomor KIP pada aplikasi dapodik. Namun ternyata Nomor KIP bisa otomatis masuk dan terisi ketika kita melakukan sinkronisasi ini, informasi ini bisa didapatkan di beberapa grup facebook dan ada Operator Sekolah yang mengatakannya. Untuk itu saya coba untuk mensinkronkan dapodik agar nomor KIP bisa masuk ke aplikasi dapodik lokal. Dan berikut ini screan shoot hasil sincronisasi dapodik yang dialkukan pada waktu pagi, hari Kamis, tanggal 9 bulan Juni tahun 2016.

1.Kita buka aplikasi dapodikdas, dan login bisa langsung mengetikan localhost pada browser yang sedang kita gunakan. Dan baiknya kita pastikan dahulu koneksi internetnya lancar.

2. Sebelum melakukan sinkronisadi prosedurnya harus kita validasi dahulu untuk melihat data apakah sudah valid. Setelah itu lakukan sincronisasi.

3. Ini merupakan tampilan awal ketika saya hendak melakukan sincronisasi.Di sini terlihat terakhir melakukan sinkronisasi 3 Juni 2016 saat itu  saya melakukan update Keaktifkan PTK untuk bulan Juni dan belum ada data KIP yang masuk ke lokal. Dan sekarang Tabel Data yang Mengalami Perubahan juga tidak ada, karena saya tidak melakukan perubahan data. Setelah itu lakukan SINKRONSIASI
sinkronisasi dapodikdas

4. Setelah menunggu beberapa saat sinkronisasi selesai dilakukan, dan saya tampilkan gambarnya dibawah. Disini terlihat pada tabel adat Perubahan Data Yang Masuk Ke Lokal Dapodik sebayak 10 (sepuluh) siswa sukses. Apakah data ini nomor KIP yang masuk otomatis? Untuk kita selanjutnya kita cek.
ketika berhasil sinkron data kip akan masuk ke dapodik
5. Kita cek data nomor KIP yang masuk dengan cara unduh data peserta didik, dan ternyata benar... nomor KIP telah masuk yang tadinya diisi nomor KPS telah berubah menjadi KIP. Jumlahnya juga ada 10 sesuai keterangan tabel sinkronisasi
Di dapodik KPS diganti KIP
KIP otomatis terisi di dapodik
Itulah cara mudah mengisi KIP di dapodik. Dan sebelum tulisan ini selesai di tulis di media sosial telah banyak info tentang sinkron KIP ini. Saya coba untuk merangkumnya dengan membuka wall facebook admin-admin dapodik dan senior-senior operator sekolah.
 Dari wall facebook Pak Yusuf Rohmat dapat di peroleh informasi sebagai berikut:
  1. Data penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) otomatis dimasukan ke aplikasi Dapodik. Data ini merupakan hasil matching (pencocokan) dari berbagai sumber yaitu Dapodik, TPN2K, dan Kemensos). Hasil dari macthing ini menjadi data SK (Surat Keputusan) yang memuat data ID Peserta Didik dan Nomor KIP. Nomor KIP akan masuk ke Dapodik Lokal secara otomatis menggantikan Nomor KPS.
  2. Dari 17,9 Juta Nomor KIP telah dimacthing (pencocokan) sudah berhasil 4.9 Juta Nomor KIP. Data ini akan di push / masukan ke Dapodik (Dapodikdas dan Dapodikmen), sisanya mengunggu.
  3. Bagi Peserta Didik yang sudah mendapatkan KIP dan ternyata belum masuk otomatis di dapodik, silahkan di masukan manual ke Alpikasi Dapodik. Jika terdapat kesalahan nama di kartu, tetap dimasukan. (baca postingan sebelumnya: cara memasukan KIP ke dapodik)
  4. Untuk SK SMK sudah dipublikasikan di web resmi ditpsmk http://pipsmk.ditpsmk.net/
  5. Untuk SK SMA bisa berkoordinasi dengan dinas kab/kota 
 Demikianlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat.