CARA MEMASUKAN NOMOR KIP ( KARTU INDONESIA PINTAR) DI DAPODIK

Saat ini Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) telah distribusikan oleh Kemdikbud dan banyak yang sudah diterima oleh penerimanya. Meskipun masih banyak ditemuka data-data yang kurang tepat, seperti penulisan nama dan yang laiinya. Data KIP itu memang tidak dari dapodik, tetapi merupakan Basis Data Terpadu dengan data yang dimiliki Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan  (TNP2K). Namun terlepas dari itu semua sebagai Operator Sekolah saya ditugasi untuk mengisikan nomor KIP ke dalam aplikasi dapodik, pun di aplikasi dapodik 2015/2016 belum ada kolom khusus. Baiklah langsung saja, saya tuliskan sebagai berikut:
cara entri kip di dapodik
form isian KIP


1. Buka aplikasi  bisa melalui shortcut pada dekstop atau menegetikan local host  http://localhost/ pada webbrowser. Sama saja.. :)

2. Login dapodikdas, untuk login cepat kita bisa menggunakan remember password pada webbrowser, namun ini dilakukan jika hanya benar-benar anda yang menggunakan komputer atau laptop tersebut.

3.  Selanjutnya kita ke tab menu Peserta didik, kemudia cari siswa, kita bisa menggunakan fasilitas Cari Siswa. Tuliskan Nama Siswa kemudian tekan enter
Tab menu Peserta didik Dapodik

4. Setelah memilih siswa kita klik menu Ubah
Menu Ubah Data Dapodik

5. Kemudian pada data siswa ada form isian mengenai KIP sebagai berikut:
Penerima KPS / KKS / PKH / KIP pilih Ya
Nomor KPS / KKS / PKH / KIP masukan nomor KIP (Kartu Indonesia Pintar). Ingat hanya entrykan KIP saja, jika sebelumnya kita entrykan Nomor KPS, hapus dan ganti. Jangan keliru nomor KIP terletak di pojok kanan.
Kewarganegaraan: Indonesia
Alasan layak PIP dipilih Pemengang PKH / KPS / KIP

Setelah itu simpan.
Form isian nomor KIP


6. Lanjutkan untuk mengisi nomor KIP yang lain. Harap lebih teliti, karena font yang digunakan untuk nomor KIP ini tidak menggunakan font yang jelas untuk membedakan antara O dan 0 (nol). Hehe ini si menurut saya... tapi yang jelas O itu bulat dan 0(nol) lebih lonjong.
nomor kartu indonesia pintar
letak nomor KIP

Akan lebih baik jika sekolah menscan kartunya, sehingga sekolah mempunyai data softfilenya. Sehingga ketika suatu saat diperlukan kita sudah siap.

Itulah cara mengentrykan nomor KIP pada aplikasi Dapodikdas. ( baca juga: daftar link yang sering dikunjungi Operator Sekolah ).  Semoga kedepanya data KIP lebih valid lagi dan tepat sasaran. Sehingga dapat benar-benar bermanfaat dan Program Indonesia Pintar sukses terlaksana.

Update...
Nomor KIP terisi Otomatis saat Sinkronisasi Dapodik
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel