CARA PRINT BOLAK BALIK DOKUMEN

Terima kasih, sudah menyempatkan waktu untuk mengunjugi blog tasADMIN dengan judul postingan  Cara Print Bolak Balik Dokumen. Terkadang karena suatu maksud kita inginkan agar kita mencetak atau print dokumen dengan cara bolak balik. Alasan paling utama sepertinya untuk menghemat kertas hehe.. dengan alasan lain untuk save word. Save word atau go green, ini juga penting. Kertas yang kita gunakan berasal dari tumbuhan kayu. Dan saya pernah baca untuk satu lembar kertas itu dibutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu kita juga harus berhemat kertas.

Baiklah langsung saja kita sharing bagaimana cara ngeprint bolak - balik. Untuk artikel tentang kertas save word go grean bisa Anda buka sendiri melalui mesin pencari google.

Cara mencetak atau print bolak balik menggunakan printer canon, dan tipe printernya adalah  Canon MP250 series.


1. Siapkan atau buka dokumen yang akan dicetak (pasti dong.. hehe). Tekan tombol CTRL + P untuk menampilkan kotak dialog print. Kita pilih Propertis
CTRL P kotak dialog print.
tampilan kotak dialog print

2. Setalah itu masuk ke tab menu Quick Setup --- additoonal feature pilih Duplex Printing --- kemudian OK
Duplex Printing untuk print bolak balik

3. Setelah itu printer akan mencetak dokumen secara bolak balik. Yang perlu diketahui proses pintnya yaitu misal: Kita akan mencetak sepuluh lembar halaman, atau mencetak bolak balik dari halaman 1 sampai dengan 10. Printer akan mencetak 5 lembar (halaman 1, 3, 5, 7, dan 9) dahulu kemudian berhenti, pada saat itu kita ambil dan masukan lagi ke input kertas pada printer secara terbalik. Lalu berapa lama printer akan berhenti pada cetakan halaman 5 tersebut? Pada saat lima lembar halaman  selesai tercetak akan ada pemberitahuan dari printer, sebelum kita pilih atau jawab OK maka belum akan melanjutkan mencetak. Setelah di pilih OK maka printer akan melanjutkan mencetak halaman selanjutnya (halaman 2, 4, 6, 8, dan 10).

Itulah mudahnya mencetak atau print halaman bolak balik pada microsoft word menggunakan printer canon. Bila belum jelas dengan cara saya mencampaikan bagaimana printer mencetak langsung saja praktekan,
intinya kita pilih dahulu duplex printing.

Lihat Juga: Cara Menambah Ukuran Kertas F4 

Next: 👉   CARA CEPAT EDIT RPP MS. WORD MENGGUNAKAN FITUR REPLACE

Sekian, ada kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat khususnya untuk operator sekolah, tenaga kependidikan, tenaga pendidik, dan pada umumnya untuk pembaca. Terima kasih atas perhatiannya.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

28 komentar untuk "CARA PRINT BOLAK BALIK DOKUMEN"

  1. Sangat membantu sekali...thanks

    BalasHapus
  2. Mantap,ilmunya terima jasih tmn.

    BalasHapus
  3. Kalau mau print buku berjumlah 200 lembar bolak balik menggunakan mesin fotocopy apa sama juga langkahnya? Terus membalik kertasnya gimana ya biar tidak kebalik saat diprint? Perlukah kita menandai juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda langkahnya,ganti nama printernya dlu stlh itu ke properties cari gambar kertas di bawah bagian kiri pilih gambar kertas yg kya kelipat sedikit bagian bawah.a itu tandanya bolak balik klo lewat mesin ftocopy,,semoga bsa membantu

      Hapus
    2. Klo pke mesin ftocopy scra otomatis udh bolak blik sndri. Artinya tdk prlu mmbalik krtas scara mnual. Tinggal atur aja, one side. Pada menu print.

      Hapus
  4. Kalau printnya Epson g mana

    BalasHapus
  5. Terima kasih ilmunya teman, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Kalo print hp laset zet bagimana

    BalasHapus
  7. Sy punya print merk canon yg bisa foto copy.. Prnah sy print tugas Sebanyak 10 hal saya mau print semua tpi yg terprint cuma hal 1 terus tdk bisa terganti itu terus hal 1 bolak balik gmn carax supaya bisa terprin semua hal mohon solusinya!!

    BalasHapus
  8. Terima kasih utk pelajaran yg bagus ini dpt menambah pengetahuan

    BalasHapus
  9. Ilmu yg bermanfaat, kl print Epson L565 gimana caranya?

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah terima kasih bisa sangat membantu.

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Ya untuk pemula lebih gampang cetak halaman ganjil genap atau genap ganjil sama saja.

      Hapus
    2. tapi lama gan, kalau pakai cara itu, he

      Hapus
  12. terima kasih infonya mas,

    jangan lupa kunjungi juga https://kaddupena.blogspot.com

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK