Cara Instal Aplikasi Extraordinary CBT di Hosting

Daftar Isi
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial cara instal aplikasi Extraordinary (Exo) CBT di Hosting.

Extraordinary CBT  adalah aplikasi untuk Ujian Berbasis Komputer yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini juga mendukung tipe soal AKM.

Instal Exo CBT di Hosting
Cara Instal Exo CBT di Hosting



Teknologi semakin berkembang begitupun dengan teknologi CBT.

Tanpa ingin berpanjang lebar kita langsung saja praktikan instal Exo CBT di hosting. Versi Exo CBT Ristretto 3.x.x adalah Versi yang cocok untuk diinstall di shared hosting, berbasis PHP.

Oiya namun sebelum lanjut disini saya menggunakan hosting yang menggunakan panel Plesk. Secara umum langkahnya sama bila Anda menggunakan CPanel, AAPanel ataupun yang lain. Biasaya hosting yang menggunakan panel Plesk biayanya lebih murah, untuk itu pada postingan ini saya mempraktikan instal aplikasi extraordinary CBT di hosting yang menggunakan Plesk Panel.

Lho instal CBT kok di Hosting? harusnya kan di VPS!.

Iya benar si, namun jika kita berhasil menginstal di Hosting nanti tak jauh beda dengan di VPS. Selain itu bagi Anda yang belum pernah menggunakan Exo CBT bisa mempelajari dulu isi aplikasi menggunakan hosting karena biar lebih hemat.

Instal  Extraordinary CBT di Hosting Panel Plesk


1. Unduh dulu source code Exo CBT di https://ekstraordinary.com/download di sini saya menggunakan versi yang bisa untuk hosting adalah versi 3. Yang terbaru saat tutorial ini dibuat yaitu: Extraordinary CBT 3.17.6 - build.1
Exo CBT Versi Hosting

2. Login ke Plesk yang ada di hosting untuk lanjut buat subdomainya terlebih dahulu pergi ke menu "Websites & Domains" --- "Add Domain"
add subdomain exo cbt

3. Ketik atau buat subdomain yang diinginkan, dan ada tahap yang penting di sini yaitu jangan lupa untuk menambahkan public pada Document root. Seperti scrensot di bawah ini. 
subdomain public exo cbt

4. Agar lebih bagus install SSL agar link menjadi lebih aman bisa dibuka menggunakan https. Pilih menu Security, "SSL/TS Certificates"
instal ssl https subdomain

5. Langkah selanjutnya upload source code Exo CBT melaui menu "File" 
upload file exo cbt

6. Lanjut untuk melajutkan ekstrak file exo cbt.ZIP
ekstrak file exo cbt

7. Selanjutnya pindahkan semua isi file yang ada di folder "the-exo-cbt" ke folder paling luar subdomain, gunakan menu "Move"
pindah isi file folder exo cbt

8. Jika sudah selesai memindahkan isi folder ke luar di folder utama subdomain, lanjut buka subdomain untuk cek apakah berhasil atau tidak. Jika muncul warna merah seperti gambar dibawah ini tanda sudah sudah berhasil namun perlu untukmengubah versi PHP yang digunakan ke versi 7.4

9. Ubah versi PHP melaui menu "Websites & Domains" --- "Dev Tools" --- "PHP"
ubah php versi 7 4 exo cbt

10. Coba cek lagi buka subdomain, jika sudah muncul tampilan login Extraordinary CBT berarti proses upload dan ekstrak sudah benar. Namun belum sampai di sini, kita perlu membuat dan seting databasenya.
berhasil ekstrak exo cbt


11. Lanjut buat databasenya, pergi ke menu "Databases" --- "Add Database"
add database

12. Untuk mempermudah biasa saya buat  sama antara nama database, username, dan passwordnya.
nama database exo cbt

13. Lanjut buka phpMyAdmin untuk melakukan impor database Exo CBT. Pergi ke menu "Impor" cari dan upload nama file "dump-mysql" yang ada di dalam folder sourcode 
  
impor dump-mysql exo cbt

14. Kemudian atur konfigurasi database melaui file .env
file env exo cbt

15. Sesuaikan DB_DATABASE, DB_USERNAME, DB_PASSWORD sesuai yang dibuat pada langkah sebelumnya. Kemudian karena hosting saya menggunakan database MariaDB maka perlu meubah DB_CONNECTION=mysql DB_PORT=3306
mysql exo cbt

16. Saatnya mencoba login admin Exo CBT https://exo-cbt.gbb.my.id/admin-systemuser: admin@shellrean.com password: criticalpassword
password admin exo cbt

17. Berhasil instal  Aplikasi Extraordinary CBT di Hosting.
berhasil install exocbt

Itulah tutorial tentang bagaimana cara instal aplikasi Extraordinary CBT  atau yang sering disebut Exo XBT di Hosting.

Bila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan saja melaui kotak komentar, akan kami balas sebisa saya. Jika ingin info lebih lanjut atau dibantu instalkan bisa 

Terima kasih
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar