PANDUAN LENGKAP MENGONLINEKAN ERAPOR GRATIS MENGGUNAKAN NGROK

Daftar Isi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK semuanya, salam sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi panduan lengkap bagaimana cara mengonlinekan erapor secara gratis menggunakan layanan ngrok.

cara mengonlinekan erapor ngrok
Cara mengonlinekan erapor menggunakan ngrok

E-Rapor merupakan sebuah sebutan aplikasi untuk membantu membuat/mencetak raport berbasis web. Karena sifatnya yang berbasis web maka aplikasi erapor dapat dionlinekan. Dengan dionlinekan maka pengerjaan e-raport bisa melaui rumah masing-masing guru atau dimanapun tempat asal terkoneksi dengan internet.

Ngrok adalah alat yang memungkinkan sahabat GTK untuk mengonlinekan aplikasi web yang berjalan di komputer lokal dengan cepat dan aman. 

Jika sahabat GTK menggunakan aplikasi e-Rapor berbasis web yang ingin diakses oleh guru-guru atau orang tua dari rumah, Ngrok bisa membantu dengan membuat terowongan aman dari komputer lokal Anda ke internet. Ini berarti Anda bisa mengakses aplikasi e-Rapor melalui URL publik yang diberikan oleh Ngrok, tanpa perlu konfigurasi server yang rumit atau biaya tambahan untuk hosting.

Dan berikut ini langkah-langkah untuk bisa mengonlinekan e-raport secara gratis menggunakan ngrok.

1. Silahkan buat akun dulu di Ngrok: https://dashboard.ngrok.com/signup Agar lebih cepat bisa gunakan akun google.

buat akun ngrok

2. Jika sudah berhasil mendaftar dan login, kemudian pergi ke menu "Getting Started" --- "Setup & Installation" --- "Windows".
install ngrok windows

3. Pilih menu "Download" silahkan di download file ngrok sesuai versi windows biasanya banyak yang menggunakan 64 bit.
download ngrok

4. Buka/jalankan file ngrok klik kanan run as administrator
install ngrok run as admin



6. Ketikan perintah dan kode token sesuai yang ada pada pada akun masing-masing.
token ngrok

7. Kemudian ketikan perintah ngrok tcp 7759 atau sesuaikan sesuai port eraport yang digunakan.

ngrok tcp erapor

8. Setelah itu akan muncul link untuk bisa membuka erapor secara online disini misalnya 0.tcp.ap.ngrok.io:10397

link erapor ngrok

9. Link erapor online juga bisa di lihat di menu "Endpoints" dan link ini bersifat tidak bersifat permanen (berubah-ubah), 

link permanen ngrok

11. Sampai ini Anda sudah berhasil mengonlinekan erapor menggunakan Ngrok. Yang perlu diperhatikan bahwa erapor ini menggunakan TCP dan ngrok itu suport TCP.

berhasil mengonliekan erapor tcp

Sedikit tentang apa itu perbedaan TCP dengan HTTP. TCP dan HTTP adalah dua jenis aturan yang digunakan komputer untuk berkomunikasi melalui internet. TCP adalah seperti tukang pos yang memastikan semua paket data yang dikirim dari satu komputer sampai ke komputer tujuan dengan aman dan lengkap. Sementara itu, HTTP adalah seperti bahasa yang digunakan oleh browser web dan server web untuk bertukar informasi, seperti saat Anda membuka halaman web. HTTP bergantung pada TCP untuk memastikan data web yang dikirim dan diterima berjalan dengan lancar dan aman. Jadi, TCP adalah tentang bagaimana data dikirim, dan HTTP adalah tentang apa yang dikirim.

Mungkin agak sedikit membingungkan tentang TCP dan HTTP, namun yang paling penting Anda bisa mengonlinekan erapor secara gratin menggunakan Ngrok.

Demikian tutorial kali ini, jik ada yang belum jelas silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar