Safe Exam Browser (SEB) Aplikasi Ujian Anti Nyontek

Daftar Isi

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sehat dan bahagia sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Pada kesempatan ini saya akan posring tentang penggunaan aplikasi Safe Exam Browser (SEB) untuk keperluan Tes / Ujian / Asesmen yang menggunakan aplikasi berbasis komputer.

Intinya dengan penggunaan Safe Exam Browser ini maka ujian akan terselenggara tanpa kecurangan dari peserta.

Safe Exam Browser untuk Ujian
Aplikasi Safe Exam Browser untuk Ujian

Saya posting ini karena memang saya sedang belajar tentang LMS Moodle, ternyata aplikasi safe exam broser ini digunakan untuk seleksi / tes ujian Pendidikan Profesi Guru PPG

Lihat postingan:  Instal Aplikasi SEB untuk Ikut Seleksi Akademik PPG

Dan baru-baru ini saya juga sedang mempelajari Panduan Praktis Pengaturan Garuda CBT untuk Alat Asesmen Sumatif

A. Aplikasi Safe Exam Browser

Safe Exam Browser adalah lingkungan browser web untuk melakukan penilaian elektronik dengan aman. Perangkat lunak ini mengubah komputer mana pun untuk sementara menjadi stasiun kerja yang aman. Ini mengontrol akses ke sumber daya seperti fungsi sistem, situs web dan aplikasi lain dan mencegah sumber daya yang tidak sah digunakan selama ujian.

SEB berjalan di komputer lokal dan terhubung melalui internet ke sistem manajemen pembelajaran (LMS) atau sistem penilaian elektronik. Umumnya SEB bekerja dengan LMS berbasis web dan jenis lain dari sistem ujian berbasis web.

Beberapa sistem manajemen pembelajaran (LMS) seperti misalnya Moodle, ILIAS, OpenOLAT dan solusi ujian seperti Inspera Assessment menawarkan mode kuis yang secara khusus kompatibel dengan SEB.

B. Menggunakan Safe Exam Browser Untuk Tes / Penilaian / Ujian / Asesmen

Ujian yang dimaksud disini adalah seperti Tes / Penilian/ Ujian / Asesmen yang seselenggarakan oleh sekolah atau universitas.

Untuk menggunakannya tentunya cukup mudah.

1. Panduan Untuk Panitia Ujian

1. Download dulu aplikasi Safe Exam Browser di https://safeexambrowser.org/download_en.html pilih sesuai sistem operasi yang Anda Gunakan. 
download safe exam browser windows

2. Silahkan instal di semua laptop/laptop. Pastikan semua laptop/komputer yang akan digunakan untuk Ujian menggunakan versi SEB yang sama.
instal safe exambrowser

3. Kemudian buka file "SEBConfigTool" cari di folder C:\Program Files\SafeExamBrowser\Configuration
SEB Config tool

4. Masukan link URL Ujian di kolom Star URL. Biar lebih aman Anda juga bisa memasukan password. 
masukan link ujian SEB


5. Jika sudah klik menu "File" ---- "Save as" simpan dengan nama konfigurasi untuk nanti cukup dicopykan ke komputer/laptop peserta ujian.  Misal saya beri nama "SebClientSettingsKelas4"
simpan file config seb

6. Kita bisa coba membuka file configurasi SEB, nanti siswa peserta ujian juga cukup membuka ini. Untuk Mempermudah bisa copykan file Configurasi SEB ke layar Dekstop
buka file konfigurasi SEB

7. Agar lebih keren kita juga bisa menafaatkan fitur-fitur lainya yang ada didalam SEB ini. Menu User Interface untuk mengatur tampilan. 
mengatur tampilan seb

8. Bila Anda menggunakan Moodle untuk ujian berbasis komputer, juga bisa diseting Quiz hanya bisa dikerjakan menggunakan Safe Exam Browser. 
safe exambrowser moodle

2. Panduan Untuk Siswa Peserta Ujian

Untuk siswa sebenarnya tidak ada panduan khusus, asal pada saat memulai aplikasi SEB sudah dalam posisi terbuka. Sehingga peserta ujian hanya fokus untuk menjawab soal.
Tampilan Siswa Mengerjaan SEB

Atau mungkin panitia ujian memberikan atau mengatur password untuk masuk ke aplikasi SEB maka perlu diberitahu passwordnya.


Safe Exam Browser (SEB) Aplikasi Ujian Anti Nyontek

Mencontek saat ujian adalah tindakan yang tidak etis dan melanggar aturan akademik. Tindakan ini merugikan siswa yang belajar dengan sungguh-sungguh serta menciptakan ketidakadilan dalam proses evaluasi. 

Pengawas ujian memiliki peran penting dalam mencegah siswa melakukan kecurangan, termasuk mencontek, dengan mengawasi aktivitas siswa selama ujian, memeriksa identitas, menyusun penyebaran tempat duduk yang meminimalkan komunikasi antarsiswa, membatasi barang pribadi yang dibawa siswa, memastikan pemberian materi ujian yang tepat, dan menegakkan aturan dengan memberikan sanksi kepada pelanggar. 

Safe Exam Browser (SEB) dapat menjadi aplikasi yang efektif dalam menjaga kejujuran dan integritas perserta melaksanakan ujian/penilaian/asesmen berbasis komputer.

Agar lebih efektif tentu juga masih memerlukan peran dari Pengawas Ujian / Asesmen / Penilaian.

Demikian postingan kali ini, semoga menginspirasi
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar